Asesmen Formatif Pembelajaran Diferensiasi pada Alih Wahana Teks Rekon Kelas X SMA dengan Strategi ATM Inspiratif
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan instrumen asesmen formatif pembelajaran alih wahana teks rekon untuk siswa kelas X SMA dengan strategi ATM Inspiratif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk mendeskripsikan data tentang 1) perencanaan asesmen formatif, 2) strategi pelaksanaan asesmen pembelajaran materi alih wahana teks rekon, 3) penyusunan instrumen asesmen formatif pembelajaran alih wahana teks rekon. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan kajian literatur. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen formatif pembelajaraan diferensiasi materi alih wahana teks rekon dengan strategi ATM inspiratif meliputi instrumen penilaian alih wahana teks rekon menjadi cerpen, alih wahana teks rekon menjadi naskah drama, alih wahana teks rekon menjadi puisi. Instrumen tersebut dapat digunakan oleh guru saat melaksanakan kegiatan pembelajaran alih wahana teks rekon dengan pendekatan diferensiasi.
Downloads
References
Ayuni, F., Purba, A., dan Akhyaruddin, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 417–428. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta : Kemendikbudristek.
Candrahandaya, dkk. 2023. Perencanaan Asesmen Formatif Pembelajaran Numerasi Pada Transisi Paud-Sd Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, ISSN 2356- 3443 eISSN 2356-3451. Vol. 10 No.2 (Juli 2023)
Darwin, David, dkk. (2023). Asesmen Pembelajaran Bahasa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Sma. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 12 No. 2 Juli 2023
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Huma nika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.
Hardiyanto, F. E. (2020). Model Penilaian Produktif Mata Kuliah Menulis Berbasis Nilai Humanis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), Article 1.
Hilman, Irfan. dkk (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Assessment Diagnostik Non Kognitif Pada Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 8 (1) (2023) 161-167 P-ISSN: 2528-2921 E-ISSN: 2548-8589
Kriswanto, M dan Nanang Bustanul Fauzi. (2023). Inovasi Diferensiasi Produk dengan Metode Alih Wahana pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi. Malang : Universitas Brawijaya Malang
Kemendibudristek. 2022. Kemdikbudristek Nomor 262/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta : Kepmendikbudristek
Marista, Delfi, dkk. (2021). Analisis Teks Rekon (Recount) Di Surat Kabar. JURNAL ILMIAH KORPUS Vol. 5, No. 2, 2021 ISSN (online): 2614-6614
Maryam, A.S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Retrieved February 11, 2023, from https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/stategi_pelaksanaan-pembelajaran-berdiferensiasi/
Nurhasanah, E. (2022). Kajian Alih Wahana Cerita “Kedai Kopi Odyssey” Karya Leopold A. Surya Indrawan menjadi Naskah Drama. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 175–194. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.355
Riza, Maulida. (2023). Pembelajaran Diferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Artikel : Universitas Negeri Semarang
Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249
Simanjuntak, I. A., Akbar, S., & Mudiono, A. (2019). Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 1097. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12686
Senita, Arialis, dkk. (2024). Analisis Kebutuhan Instrumen Asesmen Formatif Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase E Pada Konten Aljabar. Prosiding Mahasendika Tahun 2024 ISSN: 2829-7679 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mahasaraswati Denpasar
Syahrani, Balqis & Desi Sukanti. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Materi Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan P-ISSN 2830-4462 E-ISSN 2830-3741
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94. Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249
Widiastuti, Yunita, dkk. (2023). Implementasi Dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Anekdot Untuk Siswa Sma. SEMANTIK. Volume 12, No. 1, February 2023 p–ISSN 2252-4657 DOI 10.22460/semantik.v12i1.p61-74 e–ISSN 2549-6506
Winda Fitrifitanofa. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Formatif Fisika Kelas XI Semester Gasal Program Akselerasi. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA.
Wulandari Kartika, dkk. 2023. Pengembangan Instrumen Penilaian Formatif Materi Usaha Dan Energi Pada Mata Pelajaran Fisika SMA/MA. Journal for Physics Education and Applied Physics
Yani, Dwi, dkk. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, Vol. 1, No. 3, Januari, 2023hal. 241-360 , DOI Issue: https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3
Copyright (c) 2024 Nurul Amanah, Imam Agus Basuki, Pidekso Adi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.