Asesmen Formatif Pembelajaran Diferensiasi pada Alih Wahana Teks Rekon Kelas X SMA dengan Strategi ATM Inspiratif

  • Nurul Amanah Universitas Negeri Malang
  • Imam Agus Basuki Universitas Negeri Malang
  • Pidekso Adi Universitas Negeri Malang
Keywords: Asesmen Formatif, Diferensiasi, Alih Wahana, Teks Rekon, Strategi ATM Inspiratif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan instrumen asesmen formatif pembelajaran alih wahana teks rekon untuk siswa kelas X SMA dengan strategi ATM Inspiratif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk mendeskripsikan data tentang 1) perencanaan asesmen formatif,  2) strategi pelaksanaan asesmen pembelajaran materi alih wahana teks rekon, 3) penyusunan instrumen asesmen formatif pembelajaran alih wahana teks rekon. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan kajian literatur. Tahapan analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen formatif pembelajaraan diferensiasi materi alih wahana teks rekon dengan strategi ATM inspiratif meliputi instrumen penilaian alih wahana teks rekon menjadi cerpen, alih wahana teks rekon menjadi naskah drama, alih wahana teks rekon menjadi puisi. Instrumen tersebut dapat digunakan oleh guru saat melaksanakan kegiatan pembelajaran alih wahana teks rekon dengan pendekatan diferensiasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuni, F., Purba, A., dan Akhyaruddin, A. (2022). Penerapan Asesmen Autentik Materi Menulis Teks Anekdot Kelas X SMA. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(1), 417–428. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i1.1763

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta : Kemendikbudristek.

Candrahandaya, dkk. 2023. Perencanaan Asesmen Formatif Pembelajaran Numerasi Pada Transisi Paud-Sd Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, ISSN 2356- 3443 eISSN 2356-3451. Vol. 10 No.2 (Juli 2023)

Darwin, David, dkk. (2023). Asesmen Pembelajaran Bahasa Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Sma. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 12 No. 2 Juli 2023

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Huma nika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Nurul, N., & Suparman, S. (2021). Keefektifan Model Show Not Tell pada Pembelajaran Menulis Berita siswa kelas X SMA Negeri 1 Bua Kabupaten Luwu. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 1-20.

Hardiyanto, F. E. (2020). Model Penilaian Produktif Mata Kuliah Menulis Berbasis Nilai Humanis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), Article 1.

Hilman, Irfan. dkk (2023). Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Melalui Assessment Diagnostik Non Kognitif Pada Pembelajaran Diferensiasi di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 8 (1) (2023) 161-167 P-ISSN: 2528-2921 E-ISSN: 2548-8589

Kriswanto, M dan Nanang Bustanul Fauzi. (2023). Inovasi Diferensiasi Produk dengan Metode Alih Wahana pada Materi Teks Laporan Hasil Observasi. Malang : Universitas Brawijaya Malang

Kemendibudristek. 2022. Kemdikbudristek Nomor 262/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta : Kepmendikbudristek

Marista, Delfi, dkk. (2021). Analisis Teks Rekon (Recount) Di Surat Kabar. JURNAL ILMIAH KORPUS Vol. 5, No. 2, 2021 ISSN (online): 2614-6614

Maryam, A.S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Retrieved February 11, 2023, from https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/stategi_pelaksanaan-pembelajaran-berdiferensiasi/

Nurhasanah, E. (2022). Kajian Alih Wahana Cerita “Kedai Kopi Odyssey” Karya Leopold A. Surya Indrawan menjadi Naskah Drama. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 175–194. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i1.355

Riza, Maulida. (2023). Pembelajaran Diferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Artikel : Universitas Negeri Semarang

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249

Simanjuntak, I. A., Akbar, S., & Mudiono, A. (2019). Asesmen Formatif Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 1097. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12686

Senita, Arialis, dkk. (2024). Analisis Kebutuhan Instrumen Asesmen Formatif Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Fase E Pada Konten Aljabar. Prosiding Mahasendika Tahun 2024 ISSN: 2829-7679 Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Mahasaraswati Denpasar

Syahrani, Balqis & Desi Sukanti. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Portofolio Materi Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan P-ISSN 2830-4462 E-ISSN 2830-3741

Purnawanto, A. T. (2022). Perencanaan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 20(1), 75–94. Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borneo_humaniora/article/view/2249

Widiastuti, Yunita, dkk. (2023). Implementasi Dan Asesmen Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Anekdot Untuk Siswa Sma. SEMANTIK. Volume 12, No. 1, February 2023 p–ISSN 2252-4657 DOI 10.22460/semantik.v12i1.p61-74 e–ISSN 2549-6506

Winda Fitrifitanofa. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Formatif Fisika Kelas XI Semester Gasal Program Akselerasi. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA.

Wulandari Kartika, dkk. 2023. Pengembangan Instrumen Penilaian Formatif Materi Usaha Dan Energi Pada Mata Pelajaran Fisika SMA/MA. Journal for Physics Education and Applied Physics

Yani, Dwi, dkk. (2023). Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, Vol. 1, No. 3, Januari, 2023hal. 241-360 , DOI Issue: https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3

Published
07-06-2024
How to Cite
Amanah, N., Imam Agus Basuki, & Pidekso Adi. (2024). Asesmen Formatif Pembelajaran Diferensiasi pada Alih Wahana Teks Rekon Kelas X SMA dengan Strategi ATM Inspiratif. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 2565-2581. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.3852
Section
Articles