Analisis Nilai Multikultural dalam Kumpulan Cerpen Jawa Pos

  • Anindya Putri Lesmana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumiyadi Sumiyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rudi Adi Nugroho Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: cerita pendek, nilai multikultural, prosa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai multikultural yang terdapat dalam karya sastra prosa yakni kumpulan cerpen dalam koran Jawa Pos. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan sumber data penelitian ini adalah kumpulan teks cerpen yang dimuat dalam website resmi Jawa Pos. Adapun cerpen yang dianalisis diantaranya 1) Monolog Ken Dedes, 2) Selamat Hari Pahlawan, Mbah!, 3) Rendang, serta cerpen 4) Ama Tobi di Antara Konflik Batas Kampung Serumpun. Penelitian ini melalui tahapan 1) Membaca dengan saksama isi cerpen yang menjadi subjek penelitian, 2) Mencari dan memahami nilai multikultural yang menjadi objek penelitian, 3) Menganalisis indikator nilai multikultural yang terdapat dalam kumpulan cerpen 4) Menyusun data secara sistematis disertai dengan teori-teori yang relevan sesuai dengan topik penelitian. Terdapat empat nilai multikultural dalam kumpulan cerpen tersebut diantaranya nilai toleransi, nilai keadilan dan persamaan, nilai humanistik, serta nilai demokrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, P. (2015). Pembelajaran Sastra Multikultural: Menumbuhkan Empati dan Menemukan Jati Diri Bangsa Melalui PemahamanKeanekaragaman Budaya. Jurnal Sosio Humanika. 8(2).

Awaru, A. O. T. (2016). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural di Sekolah. Seminar Nasional (Universitas NegeriMakassar), 221– 230.

Banks, J. A. (2007). Education Citizens in A Multicultural Society (2nd ed.).

NewYork: Teacher Collage.

Beta, P., Kartika, M. P., & Suparman, S. (2021). Kemampuan Menentukan Ide Pokok dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 65-84.

Grand, C. A. & Sleeter, C. E. (2011). Doing Multicultural Education for Achievement and Equity. New York: Routledge

Jumarudin, A. G. & Siti P. S. (2014). Pengembangan ModelPembelajaran Humanis Religius dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Maemunah.(2006). Nilai-nilai Pendidikan Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam (Telaah Materi dalam Panduan Pengembangan Silabus PAI untuk SMP. Jakarta: Depdiknas RI.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muthoharoh.(2011).Nilai-nilai Pendidikan Pluralisme dalam Fil My Name is Khan (Tinjauan Materi dan Metode dari Prespektif Pendidikan Agama Islam).Skripsi. UIN Sunan Kalijaga-Yogyakarta

Sumiyadi dan Durachman, M. (2014). Sanggar Sastra. Bandung: Afabeta

Suparlan, P. (2001). Keseteraan Warga dan Hak Budaya Komuniti dalamMasyarakat Majemuk Indonesia. Jurnal Antropologi Indonesia. 6(6).

Published
12-07-2024
How to Cite
Anindya Putri Lesmana, Sumiyadi, S., & Rudi Adi Nugroho. (2024). Analisis Nilai Multikultural dalam Kumpulan Cerpen Jawa Pos. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3188-3196. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4103
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)