Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Cerita Pendek Pahlawan dalam Kegelapan Karya Rahmawati

  • Ramadhan Attalarik Iskandar Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rudi Adi Nugroho Universitas Penidikan Indonesia
  • Halimah Halimah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumiyadi Sumiyadi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: cerita pendek, model psikoanalisis, psikologis tokoh

Abstract

Penelitian ini dimunculkan atas dasar permasalahan terkait psikologis tokoh pada cerita pendek “Pahlawan dalam Kegelapan” karya Rahmawati. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan model psikoanalisis. Hasil dalam penelitian ini mencakup sembilan temuan data terkait psikologis tokoh pada cerita pendek, yaitu: kondisi jiwa yang ingin menyendiri; dirinya bisu; malu karena bersikap tidak peduli; minder karena membandingkan dirinya dengan tetangganya yang sudah sukses; iba terhadap anak tetangganya yang dicaci oleh Ibu kandungnya; memikirkan kasih sayang Ibunya yang penuh cinta; memohon ampunan Tuhan atas segala perlakuannya terhadap Ibu kandungnya; sadar akan segala kebaikan dari Ibu kandungnya; dan memohon maaf secara berulang kepada Ibu kandungnya dengan penuh perasaan sedih. Simpulan dalam penelitian ini menyatakan bahwa model psikoanalisis mampu menguak psikologis tokoh pada cerita pendek “Pahlawan dalam Kegelapan” karya Rahmawati secara mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, L. (2021). Bahagia Itu Indah. CV. Antero Literasi Indonesia.

Adam, A. (2015). Karakter Tokoh dalam Novel Kau, Aku dan Sepucuk Angpau Merah Karya Tere Liye. Jurnal Humanika, 3(15), 1–18.

Ahmadi, A., Darni, dan Yulianto, B. (2021). Sastra dan Sastrawan Jawa Timur di Era Pandemi: Tinjauan Respons Pembaca. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 77–85.

Ahyar, J. (2019). Apa itu Sastra; Jenis-jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Deepublish Publisher (Grup Penerbitan CV Budi Utama).

Andrilla, P., dan Nursaid. (2022). Karakteristik Struktur Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 32–39.

Ardiansyah, Sarinah, Susilawati, dan Juanda. (2022). Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Jurnal Kependidikan, 7(1), 25–31.

Ayuparaswati, I., dan Amalia, N. (2023). Kajian Psikologis Tokoh Utama dalam Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Asas: Jurnal Sastra, 12(1), 27–38.

Azizah, N. A., Waluyo, H. J., dan Ulya, C. (2019). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Rantau 1 Muara Karya Ahmad Fuadi serta Relevansinya sebagai Materi Ajar Apresiasi Sastra di SMA. Basastra: Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 176–185.

Chairani, S. (2021). Analisis Tokoh Utama dalam Cerpen Atsim Al-Hawa’ Karya Ibrahim Al-Syamlan Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud. Alfaz (Arabic Literature for Academic Zealots), 9(2), 115–129.

Haslinda. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal Makassar. CV. Berkah Utami.

Izzudin, Z. W., RM, L. A., dan Umam, K. (2023). Nilai Perjuangan Tokoh Utama dalam Cerpen Kabut di Teras Senja Karya Sutini. Wicara, 2(1), 1–7.

Khoirunnisa, A. S., dan Nugroho, R. A. (2023). Mekanisme Pertahanan Diri dan Coping Stress Tokoh Utama dalam Antologi Cerpen “Malam Terakhir” Karya Leila S. Chudori: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Sastra Indonesia, 12(3), 197–205.

LBS, N., Muchtar, M., dan Ridha, Z. (2023). Psikoanalisis Sigmund Freud dalam Penerapan Pembinaan Akhlak Siswa di Kelas VII MTsN 1 Langkat. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 4(1), 206–217.

Minderop, A. (2018). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yayasan Pustaka Obor.

Pidrawan, I. G. A. (2022). Nilai Kepahlawanan dalam Kumpulan Cerpen Surat Cinta di Pagi Hari Karya Luh De Kencana Wati. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 87–96.

Pusat Bahasa Kemdikbud. (2023). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keenam (KBBI VI). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Rahayu, E., Muhtarom, I., dan Mujtaba, S. (2021). Nilai Toleransi dalam Cerpen-cerpen Terbitan Koran Republika Daring dan Relevansinya sebagai Materi Ajar Sastra di SMA. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1), 24–44.

Mus, M., & Suparman, S. (2018). Analisis Feminisme Radikal Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 3(1).

Saleh, A. A. (2018). Pengantar Psikologi. Penerbit Aksara Timur.

Septriani, H., dan Mulyasih, E. (2022). Analisis Tokoh dalam Cerpen Tamu Karya Budi Darma: Kajian Psikologi Sastra. Media Bahasa, Sastra, dan Budaya Wahana, 28(2), 717–724.

Tarsinih, E. (2018). Kajian terhadap Nilai-nilai Sosial dalam Kumpulan Cerpen “Rumah Malam di Mata Ibu” Karya Alex R. Nainggolan sebagai Alternatif Bahan Ajar. Bahtera Indonesia: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 70–81.

Turmudzi, M. I. (2018). Kajian Psikoanalisis Cerpen “Aku Kesepian Sayang. Datanglah, Menjelang Kematian” Karya Seno Gumira Ajidarma. Alayasastra, 14(1), 15–27.

Zaenuri, A. (2005). Estetika Ketidaksadaran: Konsep Seni menurut Psikoanalisis Sigmund Freud (1856-1939). Harmonia: Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 6(3), 1–15.

Published
04-04-2024
How to Cite
Ramadhan Attalarik Iskandar, Rudi Adi Nugroho, Halimah, H., & Sumiyadi, S. (2024). Analisis Psikologi Tokoh Utama dalam Cerita Pendek Pahlawan dalam Kegelapan Karya Rahmawati. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1517-1530. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3481
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)