Media Digital Storytelling pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SMP di Bandung
Abstract
Media digital storytelling adalah sebuah gabungan berbagai bagian dalam multimedia diantaranya grafik, teks, rekaman, musik dan video melalui seni bercerita untuk menyajikan materi atau poin tertentu dengan durasi waktu tertentu dan dibuat dalam format digital yang menarik. Digital storytelling mampu menyajikan visual materi dan membantu siswa mengidentifikasi suatu obyek yang memerlukan alat peraga. Digital storytelling terbukti memberikan pengaruh yang sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, teknik ini juga dapat menciptakan suasana kelas yang baik dan kondusif, siswa aktif bertanya dan siswa mampu memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media digital strorytelling dalam pembelajaran menulis cerpen siswa SMP, dan respon guru terhadap penggunaan media digital storytelling dalam pembelajaran menulis cerpen. Metode yang dipakai adalah observasi dan wawancara. Lokasi penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu SMP Sumatra 40, SMP Pasundan 3, dan MTs Ibrahim Ulul Azmi Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa digital storytelling ini membantu siswa atau pembelajar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa mereka terutama dalam menulis cerita pendek. Hal ini pula berkaitan dengan critical thinking seseorang. Penggunaan penceritaan digital ini memanfaatkan bakat kreatif siswa saat mereka mulai meneliti dan menceritakan kisah dari pengalaman sendiri, belajar menggunakan perpustakaan dan juga internet untuk meneliti konten secara mendalam juga menganalisis berbagai informasi dan pendapat. Selain hal tersebut, siswa yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan cerita digital dapat mengembangkan keterampilan komunikasi yang ditingkatkan dengan belajar menata ide-ide mereka, mengajukan pertanyaan, mengungkapkan pendapat, dan membangun sebuah teks. Sebagai alat instruksional, guru memiliki pilihan untuk menunjukkan cerita digital yang dibuat sebelumnya kepada siswa mereka untuk memperkenalkan konten dan menarik perhatian siswa saat mempresentasikan ide-ide baru. Sebagai seorang guru dalam hal merancang pembelajaran dapat juga menggunakan media digital storytelling sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan menulis dan menggunakan teknologi. Sehingga guru mampu membuat sebuah pembelajaran berbasis media dan untuk memenuhi kebutuhan di era digital seperti saat ini.
Downloads
References
Puspito, D. W. (2015). Implementasi Literasi Digital. 304–399.
Subekti, M. A. (2022). Keterampilan menulis cerita pendek siswa sma. 4(1), 1–6.
Abderrahim, L., & Gutiérrez-Colón Plana, M. (2021). A theoretical journey from social constructivism to digital storytelling. The EuroCALL Review, 29(1), 38. https://doi.org/10.4995/eurocall.2021.12853
Robin, B. R. (2008). Digital storytelling: A powerful technology tool for the 21s century classroom. Theory into Practice, 47(3), 220–228. https://doi.org/10.1080/00405840802153916
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiyono (ed.); 2017th ed.). ALFABETA. www.cvalfabeta.com
Sumiyadi. (2021). Kesusastraan Indonesia (Teori, Pengkajian dan Model Pembelajaran). UPI PRESS.
Sumiyadi, & Durachman, M. (2014). Sanggar Sastra. ALFABETA.
Thesis, B. (2011). MASARYK UNIVERSITY BRNO Using Digital storytelling in the English Language Classroom.
Sudarmaji, I., Mulyana, A., & Karsiyah, K. (2020). Applying Digital Storytelling To Improve Indonesian High School Students� Visual Memory and Writing Skill. English Review: Journal of English Education, 8(2), 91. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i2.2987
Wulan, A. N. (2022). Penerapan Media Digital storytelling untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kemampuan Menulis Berita. 05(1), 81–92. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.9330
Heriyana, W., & Maureen, I. yolanita. (2014). Penerapan Metode Digital storytelling pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik. Jurnal Siswa Teknologi Pendidikan, VOL 2, No, 1–9. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/j mtp/article/view/8471/
Lambert, J. (2010). Digital storytelling Cookbook. Berkeley. In Center for Digital Story Telling, a non-profit arts and education organization. (Issue January).
Copyright (c) 2024 Mingga Ratih, Sumiyadi Sumiyadi, Rudi Adi Nugroho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.