Media Digital Storytelling pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SMP di Bandung

  • Mingga Ratih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sumiyadi Sumiyadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rudi Adi Nugroho Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Kata kunci: menulis cerpen, media digital storytelling

Abstract

Media digital storytelling adalah sebuah gabungan berbagai bagian dalam multimedia diantaranya grafik, teks, rekaman, musik dan video melalui seni bercerita untuk menyajikan materi atau poin tertentu dengan durasi waktu tertentu dan dibuat dalam format digital yang menarik. Digital storytelling mampu menyajikan visual materi dan membantu siswa mengidentifikasi suatu obyek yang memerlukan alat peraga. Digital storytelling terbukti memberikan pengaruh yang sangat baik dalam meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, teknik ini juga dapat menciptakan suasana kelas yang baik dan kondusif, siswa aktif bertanya dan siswa mampu memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media digital strorytelling dalam pembelajaran menulis cerpen siswa SMP, dan respon guru terhadap penggunaan media digital storytelling dalam pembelajaran menulis cerpen. Metode yang dipakai adalah observasi dan wawancara. Lokasi penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu SMP Sumatra 40, SMP Pasundan 3, dan MTs Ibrahim Ulul Azmi Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa digital storytelling ini membantu siswa atau pembelajar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa mereka terutama dalam menulis cerita pendek. Hal ini pula berkaitan dengan critical thinking seseorang. Penggunaan penceritaan digital ini memanfaatkan bakat kreatif siswa saat mereka mulai meneliti dan menceritakan kisah dari pengalaman sendiri, belajar menggunakan perpustakaan dan juga internet untuk meneliti konten secara mendalam juga menganalisis berbagai informasi dan pendapat. Selain hal tersebut, siswa yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan cerita digital dapat mengembangkan keterampilan komunikasi yang ditingkatkan dengan belajar menata ide-ide mereka, mengajukan pertanyaan, mengungkapkan pendapat, dan membangun sebuah teks. Sebagai alat instruksional, guru memiliki pilihan untuk menunjukkan cerita digital yang dibuat sebelumnya kepada siswa mereka untuk memperkenalkan konten dan menarik perhatian siswa saat mempresentasikan ide-ide baru. Sebagai seorang guru dalam hal merancang pembelajaran dapat juga menggunakan media digital storytelling sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan menulis dan menggunakan teknologi. Sehingga guru mampu membuat sebuah pembelajaran berbasis media dan untuk memenuhi kebutuhan di era digital seperti saat ini.

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Puspito, D. W. (2015). Implementasi Literasi Digital. 304–399.

Subekti, M. A. (2022). Keterampilan menulis cerita pendek siswa sma. 4(1), 1–6.

Abderrahim, L., & Gutiérrez-Colón Plana, M. (2021). A theoretical journey from social constructivism to digital storytelling. The EuroCALL Review, 29(1), 38. https://doi.org/10.4995/eurocall.2021.12853

Robin, B. R. (2008). Digital storytelling: A powerful technology tool for the 21s century classroom. Theory into Practice, 47(3), 220–228. https://doi.org/10.1080/00405840802153916

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiyono (ed.); 2017th ed.). ALFABETA. www.cvalfabeta.com

Sumiyadi. (2021). Kesusastraan Indonesia (Teori, Pengkajian dan Model Pembelajaran). UPI PRESS.

Sumiyadi, & Durachman, M. (2014). Sanggar Sastra. ALFABETA.

Thesis, B. (2011). MASARYK UNIVERSITY BRNO Using Digital storytelling in the English Language Classroom.

Sudarmaji, I., Mulyana, A., & Karsiyah, K. (2020). Applying Digital Storytelling To Improve Indonesian High School Students� Visual Memory and Writing Skill. English Review: Journal of English Education, 8(2), 91. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i2.2987

Wulan, A. N. (2022). Penerapan Media Digital storytelling untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kemampuan Menulis Berita. 05(1), 81–92. https://doi.org/10.22236/imajeri.v4i2.9330

Heriyana, W., & Maureen, I. yolanita. (2014). Penerapan Metode Digital storytelling pada Keterampilan Menceritakan Tokoh Idola Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Kedamean, Gresik. Jurnal Siswa Teknologi Pendidikan, VOL 2, No, 1–9. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/j mtp/article/view/8471/

Lambert, J. (2010). Digital storytelling Cookbook. Berkeley. In Center for Digital Story Telling, a non-profit arts and education organization. (Issue January).

Published
09-07-2024
How to Cite
Mingga Ratih, Sumiyadi, S., & Rudi Adi Nugroho. (2024). Media Digital Storytelling pada Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa SMP di Bandung. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3119-3126. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4052
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)