Kalimat Transformasi Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan bahasa ibu atau bahasa pertama pada siswa SMP BSS. Hal tersebut, menyebabkan keterampilan berbahasa secara tulis setiap siswa kelas VII dan VIII SMP BSS berbeda-beda. Kemampuan keterampilan berbahasa secara tulis siswa SMP BSS terlihat kurang mampu produksi tulisan dengan minimal tepat penggunaan tanda baca dan kurang mampu memproduksi kalimat transformasi dengan tepat sehingga bahasa tulis siswa SMP BSS kelas VII dan VIII masih tercampur dengan bahasa lisan yang ditemukan dalam karangan siswa. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pola kalimat transformasi yang telah dan belum dikuasai anak pada kelas VII & VIII SMP BSS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII dan VIII SMP BSS. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah crosssectional. Hasil karangan siswa-siswi kemudian dianalisis dengan mengklasifikasikan kalimat transformasi secara umum. Kemudian, dikategorikan menjadi kalimat transformasi sematan. Hasil menunjukan bahwa terdapat empat jenis kalimat transformasi sematan, yakni klausa relatif, pelengkap frasa nomina, pelengkap frasa adjektiva, dan pelengkap frasa verba. Karakteristik kalimat transformasi semataan yang sering dijumpai dalam karangan siswa kelas VII dan VII SMP BSS meliputi S+yang, P (FV Intrans/Trans wajib pelengkap + untuk), S+sangat, dan P (FV) + b. berdasarkan penelitian ini, peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi refrensi bagi peneliti dengan topik sejenis dan hasil penelitian ini dapat dikembangkan menjadi bahan ajar dan dikembangkan dalam media pembelejaran bagi guru bahasa Indonesia.
Downloads
References
Brown, R., & Fraser, C. 1975. The Acquisition of Syntax. Chicago. Chicago: The University of Chicago Press.
Chaer, A. 2002. Psikolinguistik, Kajian Teoreti. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Chaer, A., & Agustina, L. 2014. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.
Dardjowidjojo, S. 2000. Psikolingustik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka
Obor Indonesia.
Mintowati, M., Yulianto, B., & Rohmah, Z. 2019. Pemerolehan Kalaimat Tanya Bahasa Indonesia Anak Prasekolah Usia 5-6 tahun. Jurnal Belajar Bahasa. Doi: http://dx.doi.org/10.32528/bb.v4i2.2122.
Panccarani, B. 2018. Kompleksitas Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas IV-VI Sekolah Dasar. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Rafiyanti, F. 2020. Pemerolehan Morfologi dan Sintaksis Pada Anak Usia 2-4 Tahun (Kajian Psikolingustik). Jurnal Konfiks, Vol. 7, No.2.
Sasmayunita. 2021. Meningkatkan Keterampilan Menulis Resmi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 07, No.2, ISSN 2443-3667.
Samsuri. 1979. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa Secara Ilmiah. Jakarta:
Erlangga.
Samsuri. 1985. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Jakarta: Sastra Hudaya.
Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Lingustik Abad XX. Jakarta: Depdikbud.
Sumarlam., & Pulungan, H. 2016. Fenomena Kalimat Transformasi Tunggal Bahasa Angkola (Kajian Teori Pendeskripsian Sintaksis). Jurnal Lingustik, ISSN: 2541-3775.
Tarigan, H., G. 1988. Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Taylor, I. 1990. Psycholinguistics: Learning and Using Language. New Jersey:
Prentice-Hall, Inc.
Copyright (c) 2024 Nurul Laili Rohmatin , Nurchasanah Nurchasanah, Roekhan Roekhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.