Kalimat Transformasi Siswa Sekolah Menengah Pertama

  • Nurul Laili Rohmatin Universitas Negeri Malang
  • Nurchasanah Nurchasanah Universitas Negeri Malang
  • Roekhan Roekhan Universitas Negeri Malang
Keywords: Kalimat transformasi sematan, siswa SMP, pembelajaran bahasa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan bahasa ibu atau bahasa pertama pada siswa SMP BSS. Hal tersebut, menyebabkan keterampilan berbahasa secara tulis setiap siswa kelas VII dan VIII SMP BSS berbeda-beda. Kemampuan keterampilan berbahasa secara tulis siswa SMP BSS terlihat kurang mampu produksi tulisan dengan minimal tepat penggunaan tanda baca dan kurang mampu memproduksi kalimat transformasi dengan tepat sehingga bahasa tulis siswa SMP BSS kelas VII dan VIII masih tercampur dengan bahasa lisan yang ditemukan dalam karangan siswa. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pola kalimat transformasi yang telah dan belum dikuasai anak pada kelas VII & VIII SMP BSS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII dan VIII SMP BSS. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah crosssectional. Hasil karangan siswa-siswi kemudian dianalisis dengan mengklasifikasikan kalimat transformasi secara umum. Kemudian, dikategorikan menjadi kalimat transformasi sematan. Hasil menunjukan bahwa terdapat empat jenis kalimat transformasi sematan, yakni klausa relatif, pelengkap frasa nomina, pelengkap frasa adjektiva, dan pelengkap frasa verba. Karakteristik kalimat transformasi semataan yang sering dijumpai dalam karangan  siswa kelas VII dan VII SMP BSS meliputi S+yangP (FV Intrans/Trans wajib pelengkap + untuk), S+sangat, dan P (FV) + b. berdasarkan penelitian ini, peneliti berharap penelitian ini dapat menjadi refrensi bagi peneliti dengan topik sejenis dan hasil penelitian ini dapat dikembangkan menjadi bahan ajar dan dikembangkan dalam media pembelejaran bagi guru bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, R., & Fraser, C. 1975. The Acquisition of Syntax. Chicago. Chicago: The University of Chicago Press.

Chaer, A. 2002. Psikolinguistik, Kajian Teoreti. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Chaer, A., & Agustina, L. 2014. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. 2000. Echa: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: PT Grasindo.

Dardjowidjojo, S. 2000. Psikolingustik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka

Obor Indonesia.

Mintowati, M., Yulianto, B., & Rohmah, Z. 2019. Pemerolehan Kalaimat Tanya Bahasa Indonesia Anak Prasekolah Usia 5-6 tahun. Jurnal Belajar Bahasa. Doi: http://dx.doi.org/10.32528/bb.v4i2.2122.

Panccarani, B. 2018. Kompleksitas Kalimat Bahasa Indonesia dalam Karangan Siswa Kelas IV-VI Sekolah Dasar. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rafiyanti, F. 2020. Pemerolehan Morfologi dan Sintaksis Pada Anak Usia 2-4 Tahun (Kajian Psikolingustik). Jurnal Konfiks, Vol. 7, No.2.

Sasmayunita. 2021. Meningkatkan Keterampilan Menulis Resmi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Tidore Kepulauan. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 07, No.2, ISSN 2443-3667.

Samsuri. 1979. Analisis Bahasa: Memahami Bahasa Secara Ilmiah. Jakarta:

Erlangga.

Samsuri. 1985. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Jakarta: Sastra Hudaya.

Samsuri. 1988. Berbagai Aliran Lingustik Abad XX. Jakarta: Depdikbud.

Sumarlam., & Pulungan, H. 2016. Fenomena Kalimat Transformasi Tunggal Bahasa Angkola (Kajian Teori Pendeskripsian Sintaksis). Jurnal Lingustik, ISSN: 2541-3775.

Tarigan, H., G. 1988. Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Taylor, I. 1990. Psycholinguistics: Learning and Using Language. New Jersey:

Prentice-Hall, Inc.

Published
28-02-2024
How to Cite
Nurul Laili Rohmatin, Nurchasanah, N., & Roekhan, R. (2024). Kalimat Transformasi Siswa Sekolah Menengah Pertama . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1153-1160. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3447
Section
Articles