Kekerasan Verbal Melabeli Siswa SMP Negeri 4 Tommo Mamuju

  • Hasmiati Hasmiati Universitas Negeri Makassar
  • Kembong Daeng Universitas Negeri Makassar
  • Azis Azis Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kekerasan, Verbal, Melabeli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kekerasan verbal melabeli siswa SMP Negeri 4 Tommo Mamuju. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah terdapat perubahan makna bahasa yang digunakan dalam ruang pendidikan seperti bahasa makian, menghina, mengejek yang dianggap biasa dan dipergunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari. Penelitian dilakukan dengan model deskriptif kualitatif, Data dalam penelitian ini meliputi dua macam, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini berupa penggalan tuturan atau bagian tuturan lisan dari berbagai peristiwa tutur pada siswa di SMP Negeri 4 Tommo Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju. Data sekunder berupa informasi atau keterangan tentang latar belakang sosial budaya dan situasional sebagai hasil pengamatan dan observasi. Data yang diperoleh tersebut kemudian dianalisis dalam kartu data. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah berupa ujaran yang bersumber dari siswa SMP Negeri 4 Tommo. Hasil Penelitian menunjukkan adanya kekerasan verbal berupa kekerasan verbal memberi julukan/melabeli.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antu, M., Zees, R. F., & Nusi, R. (2023). Hubungan Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) Orangtua dengan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Remaja. Jurnal Ners, 7(1), 425– 433.
Arsih, F. Y. (2010). Studi Fenomenologis: Kekerasan kata-kata (Verbal abuse)” pada
Remaja (Doctoral dissertation, Diponegoro University).
Buulolo, B. (2023). Dampak Kekerasan Verbal di Lingkungan Sekolah. CERDAS-Jurnal Pendidikan, 2(1), 9–22.
Chaer.A, Agustina. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Kristi, A. A. (2023). Upaya Mengatasi Bullying di SMP 6 Surakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 242–248.
Nazhifah, N. (2017). Pengaruh Verbal Abuse, Kualitas Komunikasi Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(3), 262-274.
Lestari,T. (2015). Verbal Abuse: Dampak Buruk dan Solusi Penanganannya pada Anak.
Yogyakarta: Psikosain.
Ngalimun.(2022). Sosiolinguistik: Perubahan, Pergeseran dan Pemertahanan Bahasa.
Yogyakarta: Parama Ilmu.
Tower-Crosson; C. 2005. Understanding child abuse and neglect (6thed). Boston: Alyn and Bacon, Pearson Educational Company
Wibowo, F., & Parancika, R. B. (2018). Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) di Era Digital Wibowo, F., & Parancika, R. B. (2018). Kekerasan Verbal (Verbal Abuse) di Era Digital Sebagai Faktor Penghambat Pembentukan Karakter.
Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2).
Published
22-02-2024
How to Cite
Hasmiati, H., Kembong Daeng, & Azis, A. (2024). Kekerasan Verbal Melabeli Siswa SMP Negeri 4 Tommo Mamuju. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1063-1071. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3448
Section
Articles