Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbasis Lingkungan Terhadap Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah pada Siswa Kelas XI MAN 3 Bone
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap pembelajaran menulis laporan ilmiah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bone kelas XI. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PjBL dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar pada materi menulis laporan ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Bone Kabupaten Bone sebanyak 10 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi menulis laporan ilmiah berupa pretest dan post tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji Pengujian normalitas data hasil belajar menggunakan aplikasi SPSS. Data hasil belajar dari populasi akan berdistribusi normal apabila sig > α dengan taraf nyata α = 0,05t. Hasil penelitian yang berupa data mentah diolah dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa H_o ditolak dan H_1 diterima yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dianggap efektif untuk diterapkan pada pembelajaran menulis laporan ilmiah kelas XI MAN 3 Bone. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap hasil belajar menulis laporan siswa kelas XI MAN 3 Bone
Downloads
References
Akib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Pekanbaru:Yrama
Anggraini, Dewi .2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9.
Ariyani, B., & Kristin, F. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Asrul, Dkk.2015.Evaluasi Pembelajaran. Medan:Perdana Surya Mulia
Ayu, Riski, dan Tri, Agung. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning.” Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning 13(2): 2437–46.
Baidowoi, Arif & Sumarni. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/article/view/5011. 2023
Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: Raja Grafindo Persada
Engkos Kosasih.2018.Cerdas Berbahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMA/M Kelas XI Kelompok Wajib. Jakarta:Erlangga
Engkos Kosasih & Endang Kurniawan.2021. 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung:Yrama Widya
Keraf, G. 2001. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende: Nusa Indah
Leli, Halimah & Marwati, Iis. 2022. Project Based Learning untuk Pembelajaran Abad 21.Bandung.:Refika
Mahsun. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: Rajawali Pers
Marwati & Halimah. 2022. Project Based Learning untuk Pembelajaran Abad 21. Bandung: Refika Aditama
pblworks.org. (2022,23 Juli). why-project-based-learning.diakses pada tanggal 23 Juli 2023 dari https://www.pblworks.org/why-project-based-learning
Pratomo,Agus dan Widodo, Andi.2018.Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Sidoarjo:Nizamia Learning Centre
Pranoto, B. E., & Suprayogi. (2020). Incorporating 9GAG Memes to Develop EFL Learners’ Speaking Ability and Willingness toCommunicate. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 7(2), 130-144. Fiktoyana, et al., (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 SINGARAJA, 7(3).
Rusman. 2021. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok:Rajagrafindo Persada
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548
Soraya Mei, L. and Purnomo, A. (2019) ‘Membangun empati siswa melalui bermain peran pada materi konflik sosial kelas VIII C SMP Lab UM’, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. State University of Malang (UM), 4(1), pp. 7–14. doi: 10.17977/um022v4i12019p007.
Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan RD. Bandung: Alfabeta
Suyitno, Imam.2017. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Pelatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama
Wiratno Tri. 2018. Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Indah Wukir Setiarini.2017. Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Yudhistira
Zulmiyetri, Dkk.2019.Penulisan Karya Ilmiah.Jakarta:Prenadamedia Group
Copyright (c) 2024 Rukman Rukman, Mahmuda Mahmuda, Azis Azis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.