Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbasis Lingkungan Terhadap Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah pada Siswa Kelas XI MAN 3 Bone

  • Rukman Rukman Universitas Negeri Makassar
  • Mahmuda Mahmuda Universitas Negeri Makassar
  • Azis Azis Universitas Negeri Makassar
Keywords: Project Based Learning, hasil belajar, menulis laporan ilmiah.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap pembelajaran menulis laporan ilmiah di Madrasah Aliyah Negeri 3 Bone kelas XI. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PjBL dan pembelajaran konvensional, sedangkan variabel  terikatnya adalah hasil belajar pada materi menulis laporan ilmiah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Bone Kabupaten Bone sebanyak 10 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada  materi menulis laporan ilmiah berupa pretest dan post tes. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji Pengujian normalitas data hasil belajar menggunakan aplikasi SPSS. Data hasil belajar dari populasi akan berdistribusi normal apabila sig > α dengan taraf nyata α = 0,05t. Hasil penelitian yang berupa data mentah diolah dengan menggunakan teknik persentase. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa H_o ditolak dan H_1 diterima yang menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dianggap efektif untuk diterapkan pada pembelajaran menulis laporan ilmiah kelas XI MAN 3 Bone. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL berpengaruh terhadap hasil belajar menulis laporan siswa kelas XI MAN 3  Bone

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Pekanbaru:Yrama

Anggraini, Dewi .2021. Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9.

Ariyani, B., & Kristin, F. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Asrul, Dkk.2015.Evaluasi Pembelajaran. Medan:Perdana Surya Mulia

Ayu, Riski, dan Tri, Agung. 2019. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning.” Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project Based Learning 13(2): 2437–46.

Baidowoi, Arif & Sumarni. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-geografi/article/view/5011. 2023

Dalman. 2018. Keterampilan Menulis. Depok: Raja Grafindo Persada

Engkos Kosasih.2018.Cerdas Berbahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMA/M Kelas XI Kelompok Wajib. Jakarta:Erlangga

Engkos Kosasih & Endang Kurniawan.2021. 22 Jenis Teks dan Strategi Pembelajarannya di SMA-MA/SMK. Bandung:Yrama Widya

Keraf, G. 2001. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende: Nusa Indah

Leli, Halimah & Marwati, Iis. 2022. Project Based Learning untuk Pembelajaran Abad 21.Bandung.:Refika

Mahsun. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Depok: Rajawali Pers

Marwati & Halimah. 2022. Project Based Learning untuk Pembelajaran Abad 21. Bandung: Refika Aditama

pblworks.org. (2022,23 Juli). why-project-based-learning.diakses pada tanggal 23 Juli 2023 dari https://www.pblworks.org/why-project-based-learning

Pratomo,Agus dan Widodo, Andi.2018.Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Sidoarjo:Nizamia Learning Centre

Pranoto, B. E., & Suprayogi. (2020). Incorporating 9GAG Memes to Develop EFL Learners’ Speaking Ability and Willingness toCommunicate. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 7(2), 130-144. Fiktoyana, et al., (2018). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar dan Pengukuran Listrik Siswa Kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 SINGARAJA, 7(3).

Rusman. 2021. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Depok:Rajagrafindo Persada

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Soraya Mei, L. and Purnomo, A. (2019) ‘Membangun empati siswa melalui bermain peran pada materi konflik sosial kelas VIII C SMP Lab UM’, Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS. State University of Malang (UM), 4(1), pp. 7–14. doi: 10.17977/um022v4i12019p007.

Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan RD. Bandung: Alfabeta

Suyitno, Imam.2017. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Panduan, Teori, Pelatihan, dan Contoh. Bandung: Refika Aditama

Wiratno Tri. 2018. Pengantar Ringkas Linguistik Sistemik Fungsional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Indah Wukir Setiarini.2017. Bahasa Indonesia. Jakarta Timur: Yudhistira

Zulmiyetri, Dkk.2019.Penulisan Karya Ilmiah.Jakarta:Prenadamedia Group

Published
20-04-2024
How to Cite
Rukman, R., Mahmuda, M., & Azis, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) Berbasis Lingkungan Terhadap Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah pada Siswa Kelas XI MAN 3 Bone. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1580-1592. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3485
Section
Articles