Analisis Gender dalam Novel Geni Jora dan Kartini Karya Abidah El Khalieqy: Kajian Kritik Sastra Feminisme

  • Rusna Windasari Universitas Negeri Makassar
  • Anshari Universitas Negeri Makassar
  • Kembong Daeng Universitas Negeri Makassar
Keywords: Peran perempuan, Diskriminasi gender, Novel, Feminisme

Abstract

Analisis Gender dalam Novel Geni Jora dan Kartini Karya Abidah El Khalieqy: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran tokoh perempuan dan bentuk-bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan dalam novel Geni Jora dan Kartini karya Abidah El Khalieqy. Fokus penelitian ini yaitu peran tokoh perempuan dalam sektor domestik, peran tokoh perempuan dalam sektor publik, bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan yaitu marginalisasi, subordinasi, stereotipe, kekerasan, dan beban kerja dengan data berupa kutipan kalimat, ungkapan, dialog maupun perilaku dan perbuatan tokoh serta apa yang dialami oleh tokoh perempuan. Sumber data dari penelitian ini ialah novel Geni Jora dan novel Kartini karya Abidah El Khalieqy. Data penelitian ini diperoleh dengan teknik baca, teknik catat, dan kartu data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran tokoh perempuan dalam novel Geni Jora dan Kartini yaitu peran tokoh perempuan dalam sektor domestik dan perempuan tokoh perempuan dalam sektor publik; bentuk-bentuk diskriminasi gender dalam novel Geni Jora dan Kartini yaitu marginalisasi, subordinasi, stereotipe, dan kekerasan.

Kata kunci: Peran Perempuan, Diskriminasi Gender, Novel, Feminisme.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emzir dan Saifur Rahman. 2017. Teori dan Pengajaran Sastra. Depok: Rajawali Pers.

Lubis, Fheti Wulandari. 2018. Analisis Diskriminasi pada Novel Amelia Karya Tere Liye. Journal of Science and Sosial Research, 1 (1), 53-59.

Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Setyorini, Ririn (2017). Diskriminasi Gender dalam Novel Entrok Karya Okky Madasari: Kajian Feminisme. Jurnal Desain, 4 (3), 291-297.

Suparman, S. (2022). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Walters, Margaret dan Devi Santi Ariani. 2021. Feminisme Sebuah Pengantar Singkat. Yogyakarta: Ircisod.

Published
22-07-2023
How to Cite
Windasari, R., Anshari, & Kembong Daeng. (2023). Analisis Gender dalam Novel Geni Jora dan Kartini Karya Abidah El Khalieqy: Kajian Kritik Sastra Feminisme. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 795-807. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2687
Section
Articles