Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa berbasis Model Pembelajaran SAUD

  • Resky Amalia Tahir Universitas Negeri Makassar
  • Jufri Jufri Universitas Negeri Makassar
  • Syukur Saud Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kata kunci: model pembelajaran SAUD, menulis cerpen siswa.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-posttest control group design yang bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran SAUD pada keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Laniang Makassar. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Laniang Makassar, dan sampel dipilih menggunakan teknik total sampling yaitu siswa kelas IX.U sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX.A sebagai kelas kontrol. Hasil dari analisis data pada perhitungan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung 4,90 > ttabel 2,037 pada taraf signifikan 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga model pembelajaran SAUD ini dinyatakan efektif dalam keterampilan menulis cerpen siswa IX SMP Laniang Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvionicha, F., Jufri, J., & Dalle, A. (2021). Keterampilan Menulis dan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Berbasis Model Pembelajaran SAUD. Universitas Negeri Makassar.

Dalman. 2021. Keterampilan Menulis. PT. Raja Grafindo Persada.

Djiwandono, Soernadi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Edyar RM. 2021. Belajar Menulis Cerpen. Guepedia, The First On- Publisher in Indonesia.

Ginting, S. U. B. (2019). Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media “elegi esok pagi” karya ebid g. Ade siswa kelas xi sma swasta nasional namotrasi tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(2).

Hidayat, Ujang, S. 2016. Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.

Hurit, R. U., Ahmala, M., Tahrim, T. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Ibda, Hamidulloh. 2019. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Untuk Mahasiswa. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Irwansyah. M & Perkasa. M. 2022. Scientific Approach dalam Pembelajaran Abad 21. NEM

Isti’adah, F, N., 2020. Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Edu Publisher.

Kerti. I. W. 2019. Mengenali dan Menuliskan Ide Menjadi Cerpen. Bali: Suryata Dewata.

Komang. I. S. 2020. Kolaborasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik. Bandung: Tata Akbar.

Kurniawati. R. 2019. Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bahasa Indonesia. Jakarta Barat: Graf Literature.

Lesatari, A, T. 2022. Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. NTB: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia.

Mariyaningsih, N., Hidayati, M., 2018. Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Publisher.

Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish

Mustadi. Ali, dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Mustafa, P.S. & Roesdiyanto, R. 2021. Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme

melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga.

Nuraini, O., Suryanto, E., & Mujiyanto, Y. (2013). Penerapan teknik

Transformasi Lagu untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA. BASASTRA, 1(2), 263-279.

Nuryatin, Agus. 2008. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama.

Palimbong, Y. W. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makassar . Doctoral dissertation: Universitas Negeri Makassar.

Puspitasri, N. 2022. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Guepedia The first on publisher in Indonesia.

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. (2017). Efektivitas Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(1).

Rimawan. I., Purba. A. W., Oktaviana. K. 2022. Cara Mudah Menulis Cerpen:

Bahan Ajar untuk Tingkat SMA Pelajaran Bahasa Indonesia. Guepedia The First On-Publisher in Indonesia.

Riyanti. A,. Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Romadhon. S. 2019. Manajerial Keterampilan Menulis: Kiat Sukses Ragam Teks

Fiksi dan Nonfiksi. Duta Media Publishing.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saud, S. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi Bahasa

Jerman Berbasis Model Komunikasi SMCR Berlo di SMA. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Disertasi.

Saud, S., Jufri, A., & Rahman, MA (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Deskriptif Bahasa Asing Berbasis Model Komunikasi SMCR Siswa Sekolah Menengah Berlo. Jurnal Pengajaran & Penelitian Bahasa , 5.

Saud, S & Asri, W. K. 2016. Penerapan Model SAUD dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahas Jerman FBS UNM. Laporan Penelitian. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Saud, S., Muliati, A., & Achmad, A. (2017). Pengembangan Model SAUD dalam Pembelajaran Schreibfertigkeit Mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman di Indonesia Bagian Timur. Laporan Penelitian. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.

Sedarmayanti & Hidayat. 2002. Metodelogi Penelitian. Bandung: CV. Mandar Maju.

Setyosari, P. 2010. Metode penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subakti, H., Utami, N, R., Sulaeman, D. (2022). Teori Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sudrajat, A. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Sugiarti, E. 2014. Mahir Menulis Cerpen: Panduan Bagi Pelajar. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, Jakob. 2001. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Sundari, H. 2015. Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, Vol. 1, No.2.

Suparlan. 2019. Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 1, No. 2.

Suryadi, A., Damapolii, M., Rahman, U., 2022. Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya. Jejak Publisher.

Suparman, S. (2023). POSISI KEMUNCULAN VOKAL KONSONAN DALAM BAHASA RAMPI DAN BAHASA TAE’. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 490-497.

Sutarno. (2008). Menulis yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto

Waningyun, PP, Suwandi, S., & Setyawan, B. (2018). Pembelajaran menulis teks cerpen melalui teknik parafrase lagu populer di sekolah menengah atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 8 (2), 180-188.

Warningsih, N. (2015). Penerapan Teknik Clustering Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen: penelitian eksperimen kuasi pada siswa kelas XI SMAN 24 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Winaputra, U. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published
30-03-2024
How to Cite
Tahir, R. A., Jufri, J., & Syukur Saud. (2024). Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa berbasis Model Pembelajaran SAUD. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(2), 1392-1397. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i2.3109
Section
Articles