Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa berbasis Model Pembelajaran SAUD
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-posttest control group design yang bertujuan mengetahui keefektifan model pembelajaran SAUD pada keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Laniang Makassar. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IX SMP Laniang Makassar, dan sampel dipilih menggunakan teknik total sampling yaitu siswa kelas IX.U sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IX.A sebagai kelas kontrol. Hasil dari analisis data pada perhitungan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung 4,90 > ttabel 2,037 pada taraf signifikan 0,05, yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga model pembelajaran SAUD ini dinyatakan efektif dalam keterampilan menulis cerpen siswa IX SMP Laniang Makassar.
Downloads
References
Alvionicha, F., Jufri, J., & Dalle, A. (2021). Keterampilan Menulis dan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Berbasis Model Pembelajaran SAUD. Universitas Negeri Makassar.
Dalman. 2021. Keterampilan Menulis. PT. Raja Grafindo Persada.
Djiwandono, Soernadi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Edyar RM. 2021. Belajar Menulis Cerpen. Guepedia, The First On- Publisher in Indonesia.
Ginting, S. U. B. (2019). Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media “elegi esok pagi” karya ebid g. Ade siswa kelas xi sma swasta nasional namotrasi tahun pelajaran 2018/2019. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(2).
Hidayat, Ujang, S. 2016. Model-Model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia Sukabumi.
Hurit, R. U., Ahmala, M., Tahrim, T. (2021). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.
Ibda, Hamidulloh. 2019. Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Untuk Mahasiswa. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Irwansyah. M & Perkasa. M. 2022. Scientific Approach dalam Pembelajaran Abad 21. NEM
Isti’adah, F, N., 2020. Teori-teori Belajar dalam Pendidikan. Edu Publisher.
Kerti. I. W. 2019. Mengenali dan Menuliskan Ide Menjadi Cerpen. Bali: Suryata Dewata.
Komang. I. S. 2020. Kolaborasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran STAD Geliatkan Peserta Didik. Bandung: Tata Akbar.
Kurniawati. R. 2019. Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Bahasa Indonesia. Jakarta Barat: Graf Literature.
Lesatari, A, T. 2022. Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. NTB: Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia.
Mariyaningsih, N., Hidayati, M., 2018. Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Publisher.
Munirah. 2015. Pengembangan Menulis Paragraf. Yogyakarta: Deepublish
Mustadi. Ali, dkk. 2021. Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.
Mustafa, P.S. & Roesdiyanto, R. 2021. Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme
melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga.
Nuraini, O., Suryanto, E., & Mujiyanto, Y. (2013). Penerapan teknik
Transformasi Lagu untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA. BASASTRA, 1(2), 263-279.
Nuryatin, Agus. 2008. Mengabadikan Pengalaman dalam Cerpen. Rembang: Yayasan Adhigama.
Palimbong, Y. W. (2021). Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makassar . Doctoral dissertation: Universitas Negeri Makassar.
Puspitasri, N. 2022. Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Guepedia The first on publisher in Indonesia.
Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. (2017). Efektivitas Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Educational Studies, 20(1).
Rimawan. I., Purba. A. W., Oktaviana. K. 2022. Cara Mudah Menulis Cerpen:
Bahan Ajar untuk Tingkat SMA Pelajaran Bahasa Indonesia. Guepedia The First On-Publisher in Indonesia.
Riyanti. A,. Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Romadhon. S. 2019. Manajerial Keterampilan Menulis: Kiat Sukses Ragam Teks
Fiksi dan Nonfiksi. Duta Media Publishing.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Saefuddin, A. & Berdiati, I. 2014. Pembelajaran efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saud, S. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Menulis Deskripsi Bahasa
Jerman Berbasis Model Komunikasi SMCR Berlo di SMA. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Disertasi.
Saud, S., Jufri, A., & Rahman, MA (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Deskriptif Bahasa Asing Berbasis Model Komunikasi SMCR Siswa Sekolah Menengah Berlo. Jurnal Pengajaran & Penelitian Bahasa , 5.
Saud, S & Asri, W. K. 2016. Penerapan Model SAUD dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahas Jerman FBS UNM. Laporan Penelitian. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.
Saud, S., Muliati, A., & Achmad, A. (2017). Pengembangan Model SAUD dalam Pembelajaran Schreibfertigkeit Mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman di Indonesia Bagian Timur. Laporan Penelitian. Makassar: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar.
Sedarmayanti & Hidayat. 2002. Metodelogi Penelitian. Bandung: CV. Mandar Maju.
Setyosari, P. 2010. Metode penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Subakti, H., Utami, N, R., Sulaeman, D. (2022). Teori Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Sudrajat, A. 2008. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).
Sugiarti, E. 2014. Mahir Menulis Cerpen: Panduan Bagi Pelajar. Yogyakarta: Suaka Media.
Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sumardjo, Jakob. 2001. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.
Sundari, H. 2015. Model-Model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, Vol. 1, No.2.
Suparlan. 2019. Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. Vol. 1, No. 2.
Suryadi, A., Damapolii, M., Rahman, U., 2022. Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya. Jejak Publisher.
Suparman, S. (2023). POSISI KEMUNCULAN VOKAL KONSONAN DALAM BAHASA RAMPI DAN BAHASA TAE’. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 490-497.
Sutarno. (2008). Menulis yang Efektif. Jakarta: Sagung Seto
Waningyun, PP, Suwandi, S., & Setyawan, B. (2018). Pembelajaran menulis teks cerpen melalui teknik parafrase lagu populer di sekolah menengah atas. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 8 (2), 180-188.
Warningsih, N. (2015). Penerapan Teknik Clustering Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen: penelitian eksperimen kuasi pada siswa kelas XI SMAN 24 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
Winaputra, U. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2024 Resky Amalia Tahir, Jufri Jufri, Syukur Saud
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.