Analisis Latihan Menulis Level Mahir dalam Buku Sahabatku Indonesia untuk Umum

  • Sri Wahdaniyah Universitas Negeri Makassar
  • Nensilianti Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Magister, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
  • Syukur Saud Program Studi Pendidikan Bahasa, Program Magister, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar
Keywords: Soal latihan menulis level mahir, CEFR, BIPA, Buku Sahabatku Indonesia

Abstract

Analisis soal latihan menulis level mahir dalam bahan ajar BIPA merupakan penelitian tentang asesmen bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian skala CEFR kompetensi menulis dengan soal latihan menulis BIPA level mahir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain analisis konten deskriptif (classical content analysis). Data dalam penelitian ini adalah seluruh soal latihan menulis yang terdapat dalam buku Sahabatku Indonesia untuk umum tingkat BIPA 5-7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian CEFR dengan soal latihan menulis level mahir mencapai rata-rata persentase sebesar 82%. Perolehan tersebut berada pada skala ‘sesuai’ yang berarti buku Sahabatku Indonesia untuk umum tingkat BIPA 5-7 layak direkomendasikan untuk dijadikan sumber belajar bagi penutur asing (masyarakat global).

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, M. (2020). Evaluation Cultural Content on English Textbook Used by EFL Students in Indonesia. JET (Journal of English Teaching), 6(3), 183–192. https://doi.org/10.33541/jet.v6i3.1925

Council of Europe. (2020). Common European Framework of Reference for Languages : learning, teaching, assessment : companion volume. Council of Europe Publishing. www.coe.int/lang-cefr

Horowitz, R. (2023). Transforming Speech Into Writing. In The Routledge International Handbook of Research on Writing (2nd ed., p. 19). New York. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780429437991

Karsam, D. (2022). Kriteria Penilaian pada Simulasi Ujian Standar Kemampuan Berbahasa Jerman Berbasis CEFR Modul Berbicara Interaktif (Sprechen). In Jurnal SORA (Vol. 6, Issue 1).

Kurniasih, D. (2021). Analisis Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Sahabatku Indonesia Tingkat Dasar. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra.

Nur Rachmawati, N., & Zainul Arifin, M. (2023). Prinsip-Prinsip Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing. 2(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/digdaya.vxix.xxx

Setyowati, E. (2019). Bahan Diplomasi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Sahabatku Indonesia BIPA 7 (E. L. . Nababan (ed.)). Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan.

Sudaryanto, S., & Widodo, P. (2020). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) dan Implikasinya bagi Buku Ajar BIPA. Jurnal Idiomatik: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 80–87. https://doi.org/10.46918/idiomatik.v3i2.777

Wicaksana, S., & Basuki, I. A. (2019). Analisis Soal Latihan Keterampilan Membaca Dalam Bahan Ajar BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Basindo, 3(2), 261–270.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/11589

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Zheng, Y., Zhang, Y., & Yan, Y. (2016). Investigating the practice of The Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) outside Europe: a case study on the assessment of writing in English in China.

Published
23-07-2023
How to Cite
Wahdaniyah, S., Nensilianti, & Syukur Saud. (2023). Analisis Latihan Menulis Level Mahir dalam Buku Sahabatku Indonesia untuk Umum. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 826-831. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2693
Section
Articles