Perbandingan Kompetensi Literasi Membaca Siswa SMP 99 Malengkeri Kemitraan Program Kampus Mengajar dan Siswa SMP Muhammadyah 5 Mariso Nonkemitraan Program Kampus Mengajar

  • Rasma Rasma Pacsasarjana Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Hamsa Universitas Negeri Makassar
  • Nensilianti Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kompetensi literasi membaca, Program kampus mengajar, PISA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan perbandingan kompetensi literasi membaca siswa kelas VIII dalam menemukan informasi teks antara SMP 99 Malengkeri kemitraan program kampus mengajar dan SMP Muhammadiyah 5 Mariso nonkemitraan program kampus mengajar. Metode penelitian berupa penelitian kuantitatif bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kompetensi menemukan informasi teks dalam literasi membaca dengan menggunakan soal berbasis PISA. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 99 Malengkeri kemitraan program kampus mengajar dan SMP  Muhammadiyah 5  nonkemitraan kampus mengajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Instrument soal terdiri 20 soal dengan rincian meliputi pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, jawban singkat, esai tertutup serta esai terbuka. Hasil penelitian kompetensi literasi membaca siswa kelas VIII dalam menemukan informasi di SMP 99 Malengkeri rata-rata 86,00 berkategori sangat tinggi, sedangkan di SMP Muhammadiyah 5 Mariso nonkemitraan program kampus mengajar dengan rata-rata 53,91 berkategori sangat rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Anwar, R. N. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.

Amir, Johar dkk. 2022. Kompetensi Literasi Siswa Kelas VIII di Kab. Pangkep ( Kajian Demografi). Universitas Negeri Makassar. 1-16.

Armia dan Nursalim. 2020. Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. PENTAS:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2): 19-27

Azizah, E., Lestari, E., dan Wijaya, A. R. H. 2022. Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Di Sekolah. IKAMAS: Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 59-69.

Berliana, D., Ferdiansyah, M., & Syaflin, S. L. 2022. Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas II di SD Negeri 185 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 115-121.

Berita, Mambarasi Nehe. 2021. Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Masa PeNdemik di STKIP Setai Budhi Rangkangbitung 2021. Prosiding Seminar Nasional Setia Budhi, 1(1), 13-19.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2021. Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamaluddin Ahdar, & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kaaffah Learning Center.

Dwiyanita, dkk. 2022. Narasi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2. Granis Book: Pangandaran

Elsye Jesti Mutji, & Like Suoth. 2021. Literasi baca tulis kelas tinggi di sekolah dasar. JIPCB: Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1) , 4.

Harsiati, Titik. 2018. Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. LITERA, 17(1): 90–106.

Hayat, Bahrul, dan Suhendra Yusuf. 2015. Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. 2021. Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866-2873.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Katoningsih, Sri. 2019. Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Literasi Membaca Berorientasi PISA Berbasis Mobile Learning untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Semarang. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kartini, Made dkk. 2021. Membangun Pembelajaran Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Media Sains Indonesia: Bandung

Mirna Indrianti, dan Annisa Trihidayati. 2020. Siap AKM. Bogor: Pustaka Andromedia.

Nurhasan, N., Pramono, M., Martadi, M., & Erta, E. 2020. The Strategic Plan Of University In Facing Challenges Of Industrial Revolution 4.0. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(1).

Padmadewi Ni Nyoman, dan Artini Luh Putu. 2018. Literasi di Sekolah Dari Teori Ke Praktik. Nilacakra Publishing House : Bali.

Ramdhani, Marlina dkk. 2021. Perbandingan Implementasi Budaya Literasi Membaca Antara Sekolah Rujukan dan Nonrujukan Gerakan Literasi Sekolah. 6(3):445-452.

Reilly, D., Neumann, D. L., dan Andrews, G. 2019. Gender differences in reading and writing achievement: Evidence from the National Assessment of Educational Progress (NAEP). American Psychologist, 74(4), 445–458.

Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.

Sani, Ridwan Abdullah, 2021. Cara Membuat Saol AKM untuk SD dan SMP. Media Sains Indonesia: Bandung

Sunardi, Ilham Abu, dan Muhammad Sultan. 2021. Strategi Mengelola Dampak Covid-19 di Berbagai Sektor. Madza Media : Malang

Sunarti, S. 2021. Pembelajaran Membaca Nyaring Di Sekolah Dasar: NEM

Siregar, Sofyan. 2011. Statistika Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan SPSSversi 17. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobari Teti, Dede Abdurrakhman, Iis Siti Salamah Azzahra. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis dan Membaca Melalui Implementasi Kultur Literasi Siswa SMP. Diglosia:jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesustraan Indonesia, 3(2), 92-97

Suryani, L., Mei, A., Dadi, A. F. P., Lina, V. B., & Bego, K. C. 2022. Persepsi Mahasiswa Program Studi Guru Sekolah Dasar Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1601-1614.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Published
23-07-2023
How to Cite
Rasma, R., Akmal Hamsa, & Nensilianti. (2023). Perbandingan Kompetensi Literasi Membaca Siswa SMP 99 Malengkeri Kemitraan Program Kampus Mengajar dan Siswa SMP Muhammadyah 5 Mariso Nonkemitraan Program Kampus Mengajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 832-838. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2749
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)