Perbandingan Kompetensi Literasi Membaca Siswa SMP 99 Malengkeri Kemitraan Program Kampus Mengajar dan Siswa SMP Muhammadyah 5 Mariso Nonkemitraan Program Kampus Mengajar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan perbandingan kompetensi literasi membaca siswa kelas VIII dalam menemukan informasi teks antara SMP 99 Malengkeri kemitraan program kampus mengajar dan SMP Muhammadiyah 5 Mariso nonkemitraan program kampus mengajar. Metode penelitian berupa penelitian kuantitatif bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kompetensi menemukan informasi teks dalam literasi membaca dengan menggunakan soal berbasis PISA. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 99 Malengkeri kemitraan program kampus mengajar dan SMP Muhammadiyah 5 nonkemitraan kampus mengajar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Instrument soal terdiri 20 soal dengan rincian meliputi pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, jawban singkat, esai tertutup serta esai terbuka. Hasil penelitian kompetensi literasi membaca siswa kelas VIII dalam menemukan informasi di SMP 99 Malengkeri rata-rata 86,00 berkategori sangat tinggi, sedangkan di SMP Muhammadiyah 5 Mariso nonkemitraan program kampus mengajar dengan rata-rata 53,91 berkategori sangat rendah.
Downloads
References
Abidin, Yunus, Tita Mulyati, dan Hana Yunansah. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Anwar, R. N. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220.
Amir, Johar dkk. 2022. Kompetensi Literasi Siswa Kelas VIII di Kab. Pangkep ( Kajian Demografi). Universitas Negeri Makassar. 1-16.
Armia dan Nursalim. 2020. Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. PENTAS:Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2): 19-27
Azizah, E., Lestari, E., dan Wijaya, A. R. H. 2022. Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Di Sekolah. IKAMAS: Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 59-69.
Berliana, D., Ferdiansyah, M., & Syaflin, S. L. 2022. Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas II di SD Negeri 185 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 2(1), 115-121.
Berita, Mambarasi Nehe. 2021. Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Masa PeNdemik di STKIP Setai Budhi Rangkangbitung 2021. Prosiding Seminar Nasional Setia Budhi, 1(1), 13-19.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. 2021. Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Djamaluddin Ahdar, & Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Kaaffah Learning Center.
Dwiyanita, dkk. 2022. Narasi Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2. Granis Book: Pangandaran
Elsye Jesti Mutji, & Like Suoth. 2021. Literasi baca tulis kelas tinggi di sekolah dasar. JIPCB: Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1) , 4.
Harsiati, Titik. 2018. Karakteristik Soal Literasi Membaca pada Program PISA. LITERA, 17(1): 90–106.
Hayat, Bahrul, dan Suhendra Yusuf. 2015. Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. 2021. Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866-2873.
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas Viii Smpn 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Katoningsih, Sri. 2019. Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Literasi Membaca Berorientasi PISA Berbasis Mobile Learning untuk Guru Bahasa Inggris di Kota Semarang. Tesis. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kartini, Made dkk. 2021. Membangun Pembelajaran Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Media Sains Indonesia: Bandung
Mirna Indrianti, dan Annisa Trihidayati. 2020. Siap AKM. Bogor: Pustaka Andromedia.
Nurhasan, N., Pramono, M., Martadi, M., & Erta, E. 2020. The Strategic Plan Of University In Facing Challenges Of Industrial Revolution 4.0. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(1).
Padmadewi Ni Nyoman, dan Artini Luh Putu. 2018. Literasi di Sekolah Dari Teori Ke Praktik. Nilacakra Publishing House : Bali.
Ramdhani, Marlina dkk. 2021. Perbandingan Implementasi Budaya Literasi Membaca Antara Sekolah Rujukan dan Nonrujukan Gerakan Literasi Sekolah. 6(3):445-452.
Reilly, D., Neumann, D. L., dan Andrews, G. 2019. Gender differences in reading and writing achievement: Evidence from the National Assessment of Educational Progress (NAEP). American Psychologist, 74(4), 445–458.
Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.
Sani, Ridwan Abdullah, 2021. Cara Membuat Saol AKM untuk SD dan SMP. Media Sains Indonesia: Bandung
Sunardi, Ilham Abu, dan Muhammad Sultan. 2021. Strategi Mengelola Dampak Covid-19 di Berbagai Sektor. Madza Media : Malang
Sunarti, S. 2021. Pembelajaran Membaca Nyaring Di Sekolah Dasar: NEM
Siregar, Sofyan. 2011. Statistika Deskriptif untuk Penelitian: Dilengkapi Perhitungan Manual dan SPSSversi 17. Jakarta: Rajawali Pers.
Sobari Teti, Dede Abdurrakhman, Iis Siti Salamah Azzahra. 2019. Peningkatan Kemampuan Menulis dan Membaca Melalui Implementasi Kultur Literasi Siswa SMP. Diglosia:jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesustraan Indonesia, 3(2), 92-97
Suryani, L., Mei, A., Dadi, A. F. P., Lina, V. B., & Bego, K. C. 2022. Persepsi Mahasiswa Program Studi Guru Sekolah Dasar Terhadap Desain Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1601-1614.
Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Copyright (c) 2023 Rasma Rasma, Akmal Hamsa, Nensilianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.