Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif pada Tajuk Rencana Harian Fajar

  • Irna Munasirah Universitas Negeri Makassar
  • Akmal Hamsa Universitas Negeri Makassar
  • Salam Salam Universitas Negeri Makassar
Keywords: Kalimat efektif, tajuk rencana, fajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendetesiskan kesalahan penggunaan diksi kalimat efektif pada tajuk rencana harian Fajar. (2) Mendetesiskan kesalahan penggunaan struktur kalimat efektif pada tajuk rencana harian Fajar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Desain penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan kata-kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimat efektif, sumber datanya dalah struktur kalimat yang tidak benar. Teknik pengumpulan data dilakukan pada kondisi alamiah (natural setting). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dari tajuk rencana  harian Fajar. Hasil yang di temukan pada kesalahan penggunaan diksi kalimat efektif pada tajuk rencana harian fajar dalam penelitian ini yakni adanya penggunaan kata yang bermakna tidak tepat sehingga menjadikan kalimat tidak baku. Kemudian terdapat kata ciptaan sendiri sehingga kalimat tidak efektif, dan yang terakhir yakni kesalahan dalam ejaan kata imbuhan, sehingga kata dalam tajuk rencana harian fajar kurang efektif ketika dibaca. Bentuk kesalahan penggunaan struktur kalimat efektif pada tajuk rencama harian fajar yakni penggunaan dua kata yang sama artinya dalam sebuah kalimat, penggunaan kata berlebih yang mengganggu struktur kalimat, Penggunaan imbuhan yang kacau, Penggunaan kata dengan struktur dan ejaan yang tidak baku dan pilihan kata yang tidak tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwi, dkk. 2014. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Bahtiar, Fatimah. 2014. Bahaa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: In Media.

Chaer, Abdul. 2015. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta

Fanty Yunanti. 2016. Penggunaan kalimat efektif pada tajuk rencana surat kabar Republika dan implikasnya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. tesis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Makassar: Diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace pada tanggal 19 Desember 2022. Pukul 01.35 WITA.

Mulyadi, Yadi. 2017. Ejaan Bahasa Indonesia Plus. Bandung : Yrama Widya.

Muslich, Masnur. 2010. Garis-garis Besar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Nia, Aprilia & Jamilin. 2022. Penggunaan Kalimat Efektif pada Tajuk Rencana Surat Kabar Harian Riau Pos Edisi Desember 2020. Jurnal Sajak. Vol 1(1)

Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Kalimat Efektif (Diksi,Struktur dan Logika). Bandung: PT Refika Aditama.

Rahardi, Kunjana. 2009. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Riswati. 2015. Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa. Vol.1(2).

Suparman, S. (2023). POSISI KEMUNCULAN VOKAL KONSONAN DALAM BAHASA RAMPI DAN BAHASA TAE’. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(2), 490-497.

Sugiyono 2017. Media Penelitian Pembelajaran Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
06-02-2024
How to Cite
Irna Munasirah, Akmal Hamsa, & Salam, S. (2024). Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif pada Tajuk Rencana Harian Fajar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 864-870. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3380
Section
Articles