Jenis Tindak Tutur dalam Ceramah Ustad Abdul Somad “Tiga Prinsip Agama” di Youtube
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran penting ceramah dalam memberikan pemahaman tentang ajaran Islam serta mengarahkan dan membimbing manusia agar berperilaku sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh (Wijana, 1996) jenis tindak tutur dibedakan menjadi tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung, dan tindak tutur literal dan tindak tutur tidak literal. Metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif digunakan untuk mengamati perilaku, persepsi, motivasi, dan tindakan subjek penelitian. Sumber data adalah ceramah Ustad Abdul Somad "Tiga Prinsip Agama" di Youtube, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, rekaman, dan catatan lapangan. Hasil dalam penelitian ini bahwa tuturan Ustad Abdul Somad menggunakan 47 jenis tindak tutur dalam ceramahnya, di mana sebanyak 46 tuturan merupakan tindak tutur langsung, 40 tuturan merupakan tindak tutur literal, 7 tuturan merupakan tindak tutur tidak literal, dan 1 tuturan merupakan tindak tutur tidak langsung. Selain itu, Ustad Abdul Somad juga berhasil menyampaikan pesannya dengan mudah diterima oleh audiens karena kemampuannya memahami karakteristik audiens dan menggunakan berbagai teknik komunikasi yang tepat. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkaya pengetahuan tentang bentuk tindak tutur dalam ceramah Islam dan cara-cara Ustad Abdul Somad mempengaruhi audiensnya.
Kata Kunci: Ceramah, Jenis Tindak Tutur, Ustad Abdul Somad
Downloads
References
Assidik, G. K., Vinansih, S. T., & Kustanti, E. W. (2023). Tindak Tutur Ekspresif pada Penulisan Utas Mengenai Politik, Ekonomi dan Sosial. Jurnal Onoma: Pendidikan …, 9(1), 29–37.
Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Public dan Ilmu Sosial Lainnya.
Dewi, K., Supriadi, O., & Rosalina, S. (2021). Tindak Tutur Ilokusi Pada Ceramah Ustad Abdul Somad Edisi Ramadan. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 5(4), 509–518.
Fizriyani, W. (2022). Tindak Tutur Ujaran Ustaz Basalamah Mengenai Pengharaman Wayang. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(3), 675–682. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i3.458
Hasanah, N. U. (2023). Tindak Tutur Asertif Memberitahukan dalam Program Mata Najwa : Ringkus Predator Seksual Kampus. 9(1), 42–44.
Hudani Nabila, A., & Fatmawati. (2022). Kesantunan Tuturan Interogatif dalam Talkshow Kick Andy Ada Apa dengan Luhut di Youtube. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 749–759. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1979
Kasmawati. (2015). Strategi Kesantunan Tindak Tutur Direktif Ceramah Nur Maulana Dan Oki Setiana Dewi Pada Acara “Islam Itu Indah” Trans TV: Kajian Sosiopragmatik. In Tesis.
Miles, H. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.
Moleong, L. J. (2018). metodologi penelitian kualitatif (cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.
Ningsih, R., Fatmawati, & Wilda Srihastuty Handayani Piliang. (2021). Tindak Tutur Ilokusi Mama Dedeh (pada Program dari Hati ke Hati Bersama Mamah Dedeh di Stasiun Televisi Anteve). Geram, 9(2), 138–145. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7455
Safitri, A. N., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis Tindak Tutur Direktif Pada Ceramah Ustadz Abdul Somad Edisi Tanya Jawab Kajian Musawarah Bersama Artis Hijrah. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(2), 119. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i2.1613
Siregar, S., Riau, U. I., Baru, S., & Pekanbaru, K. (2022). Kesantunan tuturan imperatif siswa kelas xi ips. 9(2).
Wijana, I. D. P. (1996). dasar-dasar pragmatik (ANDI Yogyakarta (ed.); pertama).
Copyright (c) 2023 Sindi Dwi Amara, Fatmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.