Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web (E-Learning); Kajian Fenomenologi

  • Dhea Hastuti Universitas Islam Riau
  • Fatmawati Universitas Islam Riau
Keywords: Pembelajaran daring, web e-learning, studi fenomenologi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pemanfaatan sejumlah aplikasi pembelajaran untuk mendukung pembelajaran daring. Pembelajaran berbasis web  e-learning dilaksanakan di SMK PGRI Pekanbaru karena adanya Covid-19. Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media e-learning pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengelaborasi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis web e-learning di SMK PGRI Pekanbaru. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Wahyuningsih & Makmur pembelajaran dalam e-learning dan teori pembelajaran berbasis web e-learning Rusman, dkk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, yaitu mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis web e-learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teori Stevick-Cosizzi-Kenn. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran berbasis web e-learning yang dilaksanakan di SMK PGRI Pekanbaru belum terlaksana dengan efektif karena terpengaruh oleh jaringan internet yang tidak baik. Media pembelajaran web e-learning yang digunakan adalah Whatsapp, Google Classroom, Gmail, Google meet, Zoom. Guru mendapatkan pengalaman yang berbeda saat menggunakan aplikasi web e-learning. Kelebihan pembelajaran berbasis web e-learning bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Kekurangannya tidak dapat bertatap muka secara langsung. Pelajaran Bahasa Indonesia yang mudah diajarkan melalui web e-learning adalah teks biografi, teks eksposisi, dan cerita rakyat. Materi yang sulit diajarkan yaitu debat dan drama. Google Classroom merupakan aplikasi web e-learning yang direkomendasikan oleh guru di SMK PGRI Pekanbaru. Pembelajaran berbasis web e-learning memberikan pengalaman dan inovasi baru bagi guru dalam mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang, W. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Budianto, B. (2020). Analisis Perkembangan dan Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Daring (E-learning). Vol 1, No 1 tahun 2020. Hlm. 11-29

Dian, W., Rakhmat, M. E-learning Teori dan Aplikasinya. Bandung: Informatika

Fatmawati.2021. Digital Literacy: Teachers' Perceptions of Using Google Accounts in the Online Learning Process.Jurnal pendidikan.Vol 13, No 2 tahun 2021. Hlm. 10170-1026

Fauzi Ahmad Nuril Wildan dan Erni Munastiwi (2020). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman.

Hamzah, Amir, M. Metode Penelitian Fenomenologi. Malang: Literasi Nusantara.

Kurniawan, S., Asfah, R. (2011, Desc). Penggunaan Web (E-Learning) Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di Briton International English School Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 1(4), 444-456

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Linda, M., Harsih, R. (2013, Desc). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web

Lisman Fenda, Priwati, Waskito, Sari Yanti Delima (2021). Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pembelajaran Daring dari Perspektif Guru dan Siswa di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Vol.3, No1.

Menggunakan Metode Maximum Marginal Relevance. Jurnal Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia,

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Nurdin (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses PEmbelajaran Online di MIN 4 Bungo. Vol 2, No01 (2021).

Nurul, L.K., Lukman, H. (2019, Jun). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Sebuah Bukti dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Indonesia, 17(1), 19-33.

Prasetya Agung Marzuqi (2015). E-learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Vol. 10, No.2.

Poppy, Y. (2010). E-learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya

Putu, D., Gede, G., & Made, S. (2017). Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2)

Ratnawati Mega, Utama Budi, Dewantara Mas (2019). Pemanfaatan E-learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Volume 9 No 1.

Rusman, Deni, K., & Cepi, R. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Setiani Adris, (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi Setelah Pandemi Covid-19.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyono., Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya offset

Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.

Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.

Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.

Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek, Jakarta. Prestasi Pustaka

Published
27-10-2022
How to Cite
Dhea Hastuti, & Fatmawati. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web (E-Learning); Kajian Fenomenologi. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 586-592. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1878
Section
Articles