Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web (E-Learning); Kajian Fenomenologi
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pemanfaatan sejumlah aplikasi pembelajaran untuk mendukung pembelajaran daring. Pembelajaran berbasis web e-learning dilaksanakan di SMK PGRI Pekanbaru karena adanya Covid-19. Fokus masalah pada penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media e-learning pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengelaborasi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis web e-learning di SMK PGRI Pekanbaru. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Wahyuningsih & Makmur pembelajaran dalam e-learning dan teori pembelajaran berbasis web e-learning Rusman, dkk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, yaitu mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis web e-learning. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teori Stevick-Cosizzi-Kenn. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran berbasis web e-learning yang dilaksanakan di SMK PGRI Pekanbaru belum terlaksana dengan efektif karena terpengaruh oleh jaringan internet yang tidak baik. Media pembelajaran web e-learning yang digunakan adalah Whatsapp, Google Classroom, Gmail, Google meet, Zoom. Guru mendapatkan pengalaman yang berbeda saat menggunakan aplikasi web e-learning. Kelebihan pembelajaran berbasis web e-learning bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Kekurangannya tidak dapat bertatap muka secara langsung. Pelajaran Bahasa Indonesia yang mudah diajarkan melalui web e-learning adalah teks biografi, teks eksposisi, dan cerita rakyat. Materi yang sulit diajarkan yaitu debat dan drama. Google Classroom merupakan aplikasi web e-learning yang direkomendasikan oleh guru di SMK PGRI Pekanbaru. Pembelajaran berbasis web e-learning memberikan pengalaman dan inovasi baru bagi guru dalam mengajar.
Downloads
References
Bambang, W. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta
Budianto, B. (2020). Analisis Perkembangan dan Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Pembelajaran Daring (E-learning). Vol 1, No 1 tahun 2020. Hlm. 11-29
Dian, W., Rakhmat, M. E-learning Teori dan Aplikasinya. Bandung: Informatika
Fatmawati.2021. Digital Literacy: Teachers' Perceptions of Using Google Accounts in the Online Learning Process.Jurnal pendidikan.Vol 13, No 2 tahun 2021. Hlm. 10170-1026
Fauzi Ahmad Nuril Wildan dan Erni Munastiwi (2020). Analisis Proses Pembelajaran Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19 di SDIT Luqman Al-Hakim Sleman.
Hamzah, Amir, M. Metode Penelitian Fenomenologi. Malang: Literasi Nusantara.
Kurniawan, S., Asfah, R. (2011, Desc). Penggunaan Web (E-Learning) Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di Briton International English School Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 1(4), 444-456
Kunandar, 2013. Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Linda, M., Harsih, R. (2013, Desc). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web
Lisman Fenda, Priwati, Waskito, Sari Yanti Delima (2021). Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pembelajaran Daring dari Perspektif Guru dan Siswa di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Vol.3, No1.
Menggunakan Metode Maximum Marginal Relevance. Jurnal Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia,
Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nurdin (2021). Kendala Pandemi Covid-19 Terhadap Proses PEmbelajaran Online di MIN 4 Bungo. Vol 2, No01 (2021).
Nurul, L.K., Lukman, H. (2019, Jun). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Sebuah Bukti dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Indonesia, 17(1), 19-33.
Prasetya Agung Marzuqi (2015). E-learning Sebagai Sebuah Inovasi Metode Active Learning. Vol. 10, No.2.
Poppy, Y. (2010). E-learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Arfino Raya
Putu, D., Gede, G., & Made, S. (2017). Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2)
Ratnawati Mega, Utama Budi, Dewantara Mas (2019). Pemanfaatan E-learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Volume 9 No 1.
Rusman, Deni, K., & Cepi, R. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Setiani Adris, (2020). Efektivitas Proses Belajar Aplikasi Zoom di Masa Pandemi Setelah Pandemi Covid-19.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono., Hariyanto. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya offset
Suparman, S., & Nurfisani, N. (2021). Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Pair Check Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Sinestesia, 11(1), 41-51.
Suparman, S. (2019). Keefektifan Model Picture And Picture Dalam Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 121-137.
Suparman, S. (2021). Kemampuan Menulis Cerpen melalui Penerapan Media Gambar Berseri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 280-294.
Trianto, 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori Dan Praktek, Jakarta. Prestasi Pustaka
Copyright (c) 2022 Dhea Hastuti, Fatmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with Onoma Journal: Education, Languages, and Literature agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.