Kesantunan Tuturan Interogatif dalam Talkshow Kick Andy Ada Apa dengan Luhut di Youtube

  • Annisa Hudani Nabila Islamic University Of Riau
  • Fatmawati Universitas Islam Riau
Keywords: Kesantunan, interogatif, talkshow

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuturan-tuturan pertanyaan yang dikemukakan oleh Andy terkait isu-isu kontroversi yang ditimbulkan oleh kebijakan dan pernyataan Luhut. Masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana pembentukan tuturan interogatif dan skala kesantunan dalam tuturan interogatif dalam acara talkshow Kick Andy Ada Apa dengan Luhut di youtube. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan, menganalisis, menginterpretasi, serta menyimpulkan mengenai bentuk tuturan interogatif dan skala kesantunan tuturan interogatif. Data dalam penelitian ini semua tuturan interogatifyang tedapat dalam acara talkshow Kick Andy Ada Apa dengan Luhut di youtube.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, simak, dan catat. Teknik analisis data  yang digunakan adalah dengan mengidentifikasi, memberikan penomoran, mengklasifikasi, menyajikan data, menganalisis, menginterpretasi, serta menyimpulkan hasil penelitian. Simpulan dalam penelitian ini yaitu, pembentukan tuturan interogatif yang paling sering digunakan  adalah  tuturan interogatif dengan menggunakan kata tanya. Hal tersebut karena, acara tersebut bersifat wawancara dengan tujuan untuk mendapatkan informasi dari narasumber. Sedangkan tuturan interogatif paling sedikit ditemukan adalah tuturan interogatif dengan membalikkan urutan kata dan menggunakan kata “bukan” atau “tidak”. Hal tersebut karena, Andy merupakan seorang jurnalis, sehingga susunan kata yang digunakan tersusun dan jarang menanyakan bentuk pengingkaran atau pilihan melainkan dengan bertanya untuk menggali informasi. Dari segi skala kesantunan, tuturan interogatif dalam talkshow Kick Andy Ada Apa dengan Luhut tergolong tidak santun. Hal tersebut dikarenakan, tuturan interogatif yang digunakan pembawa acara banyak yang memojokkan narasumber terkait dengan isu tentang Luhut yang sedang kontroversial di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N., Rahayu, N., & Djunaidi, B. (2019). Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Pembelajaran di Kelas X MAN 1 Model Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 3(1), 42-54.

Asror, A. G., & Udin, S. (2018). Skala kesantunan dan faktor penyebabnya pada acara indonesia lawyers club episode (ketika ahok minta maaf). Prosiding SNasPPM, 3(1), 24-28.

Boeriswati, E. (2020). THE REALIZATION OF STUDENTS’POLITE REJECTION SPEECHES. Getsempena English Education Journal, 7(1), 134-147.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Cummings, Louise. 2007. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maiza, S. (2021). Pola Kesantunan Berbahasa Tindak Tutur Direktif dalam Interaksi Belajar Mengajar di SMP Negeri 4 Sungai Penuh. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(1), 14-29.

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik & Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ningsih, R., Boeriswati, E., & Muliastuti, L. (2020). Language politeness of students and teachers: An ethnographic study. Getsempena English Education Journal, 7(1), 159-169.

Pandean, M. L. (2018). Kalimat tanya dalam bahasa Indonesia. Kajian Linguistik, 5(3).

Ramlan, M. 2005. Ilmu Bahasa Indonesia Sintaksis. Yogyakarta: C.V Karyono.

Santosa, W. J. (2016). Bentuk, Faktor, dan Skala Kesantunan dalam Penyampaian Maksud. Prosiding Prasasti, 305-315.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparman, S. (2018). Alih Kode Dan Campur Kode Antara Guru Dan Siswa SMA Negeri 3 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(1), 43-52.

Tarigan, Hendry Guntur. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa

Tarmini, W., & Sulistyawati, R. (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: UHAMKA.

Wahyuni, S. (2018). Prinsip Kesantunan Tuturan Interogatif Pada Acara Debat “Gaduh Menteri Reshuffle Menanti” di TV One (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar pragmatik. Yogyakarta: Andi.

Published
29-10-2022
How to Cite
Hudani Nabila, A., & Fatmawati. (2022). Kesantunan Tuturan Interogatif dalam Talkshow Kick Andy Ada Apa dengan Luhut di Youtube . Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 8(2), 749-759. https://doi.org/10.30605/onoma.v8i2.1979
Section
Articles