Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Modul Elektronik terhadap Kemampuan Kognitif, Afektif dan Psikomotorik pada Materi Pencemaran Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.7101Keywords:
Problem Based Learning, Modul Elektronik, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan, Pembelajaran IPAAbstract
Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran di kelas masih berpusat pada guru dan belum memanfaatkan teknologi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Pretest Posttest Control Group Design, yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2025/2026 di SMP Negeri 8 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terdiri dari sepuluh kelas. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik Random Sampling, kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Modul Elektrnik (E-Modul) dan kelas VII-8 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model Problem Based Learning dengan buku paket. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test di kelas eksperimen adalah 46,125 dan 78,38, Sementara itu, kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 45,875 dan 70,13. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2 > 1,67), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 8 Medan pada materi Pencemaran Lingkungan.
Downloads
References
Dewi, T. S. (2020, March). Profile of Learning Process Based on Students’ Scientific Literacy in Senior High School in Surakarta. In International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019) (pp. 209-214). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.12
Divayana, D. G. H., & Sugihartini, N. (2018). Pengaruh E-Modul berbasis metode pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran basis data terhadap hasil belajar dan motivasi siswa (Studi kasus: Kelas XII Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Negara). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: Janapati, 7(2), 121-131. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i2.12369
Fujiarti, A., Meilania, D. K., Angraeni, M., & Umah, R. N. (2024). Literatur Review: Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan. 4(01), 83-89. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.694
Handayani, A. & Koeswanti, H.D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu. 5(3), 1349-1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hikmawati, F. (2020). Metodologi penelitian.
Isfahani, H., Hutasuhut, S., & Siregar, Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 367-377. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v11i2.73134
Junaedi, J., & Aripin, I. (2022, October). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 4, pp. 164-169).
Milla, H., & Kurnia, Y. D. (2022). Hubungan Guru Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 65 Bengkulu Utara. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 165-176. https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2494
Munandar, A. A., Ikrarini, E. O., & Astuty, S. (2024, August). Penggunaan E-Modul Model PBL Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 3, No. 1, pp. 174-183).
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas penggunaan e-modul terhadap hasil belajar kognitif pada materi sistem pencernaan manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal basicedu, 5(3), 1625-1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nafaida, R., Pandia, E. S., Fitria, D., Nursamsu, N., & Manurung, N. (2023). The Emergence of Scientific Literacy in Science E-Module Learning Devices. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7547-7552.. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i9.4949
Najuah., Lukitoyo, P.S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik : Prosedur Penyusunan Dan Aplikasinya. Medan : Yayasan Kita Menulis
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Nuraeni, R., Permana, R., & Nurfitriani, M. (2024). Pengaruh Media E-Modul Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi IPA Sistem Pencernaan Manusia Kelas V di SDN 1 Cibunigeulis. Indonesian Journal of Education and Development Research. 2(2) : 1313-1324. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i2.2599
Putri, I.K., Djulia, E., &Kalsum, U. (2023). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan kognitif dan kemampuan argumentasi siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora. 2(3) : 10074 10087. https://doi.org/10.35931/pediaqu.v4i4
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rosnawati, S. P. (2021). Teori-teori belajar dan pembelajaran. Penerbit Adab.
Sahabuddin, D. H., & Risnawati, R. (2024). Pengaruh Pengunaan Metode Analisis Waktu Terhadap Peningkatan Keterampilan Kognitif dan Afektif Siswa pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra . Jurnal Dieksis ID, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.1.2024.445
Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Iwan, R.N.A., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Suleman, Y.N., Lotulung, C., & Arief, M.H. (2023). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Lampung : Yayasan Kita Menulis.
Salsabila, Y. R., & Muqowim, M. (2024). Korelasi antara teori belajar konstruktivisme lev vygotsky dengan model pembelajaran problem based learning (pbl). Learning: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 813-827. https://doi.org/10.51878/learning.v5i3
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Syamsidah, S., & Hamidah, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning. Yogyakarta : Deepublish.
Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Al-Fathonah, 1(1), 342-351.
Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. (2023). Faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar peserta didik (literature review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13-24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1
Zahir, A., Nur, H., Jusrianto, J., Hidayat, W., & Parubang, D. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Elektronika Digital melalui Tes Formatif, Sumatif, dan Remedial. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 122–129. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.13
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mutia Safira, Dina Handayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.







