Pengembangan Video Interaktif Berbasis Google Sites dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Akuntansi Perusahaan Dagang Kelas XI Akuntansi SMKN 10 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6561Keywords:
Pengembangan, Video Interaktif, Google Sites, Pembelajaran Berdiferensiasi, ADDIEAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan akan media pembelajaran inovatif yang mampu menjawab tantangan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video interaktif berbasis Google Sites yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi pada materi Akuntansi Perusahaan Dagang kelas XI Akuntansi di SMKN 10 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi ahli, angket respon peserta didik, serta tes pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan tingkat kelayakan sangat tinggi, yaitu 96% dari ahli materi, 88% dari ahli media, dan 96% dari ahli bahasa. Uji coba produk dilakukan pada 30 siswa kelas XI Akuntansi dan menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 53,3% menjadi 83% dengan N-Gain 0,63. Respon peserta didik juga sangat positif dengan persentase kepraktisan sebesar 93%. Kesimpulannya, video interaktif berbasis Google Sites sangat layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran berdiferensiasi dalam materi Akuntansi Perusahaan Dagang di SMK
Downloads
References
Afrilia, L., Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710-721. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2559
Amilia, S., Satini, R., & Fitri, R. (2023). Validasi Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26063–26069.
Chandra, F. H., & Nugroho, Y. W. (2017). Implementasi flipped classroom dengan video tutorial pada pembelajaran fotografi komersial. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 20-36. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i01.772
Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022). Pendidikan berbasis merdeka belajar. Journal Analytica Islamica, 11(2), 393. https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.14101
Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin, N. (2022). Kurikulum merdeka dalam perspektif pedagogik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10-17. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.13015
Harahap, A. N., Nurdalilah, N., & Lubis, S. S. (2024). Development of web-based learning media using google sites for lines and angles. JDIME: Journal of Development and Innovation in Mathematics Education, 2(1), 26-36. https://doi.org/10.32939/jdime.v2i1.4116
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10
Jacob, T., & Centofanti, S. (2024). Effectiveness of H5P in improving student learning outcomes in an online tertiary education setting. Journal of Computing in Higher Education, 36(2), 469-485. https://doi.org/10.1007/s12528-023-09361-6
Johdi, H., Kosim, Ayub, S., & Gunawan. (2024). The Effectiveness Of Interactive Google Sites-Based Learning Media On Students’ Conceptual Understanding Haerul. Indonesian Journal Of STEM Education, 6(2), 86–101.
Jumarniati, J., Hardiana, H., & Akramunnisa, A. (2024). Urgensi Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Literasi Digital, 4(2), 79-88. https://doi.org/10.54065/jld.4.2.2024.437
Maulidiyah, R. M., & Ramadhani, A. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 208–215.
Maulina, C. P., & Susilowibowo, J. (2024). Pengembangan Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Jurnal Penyesuaian Kelas XI Akutanasi di Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6, 3786-3794.
Nieveen, N. (2015). Formative Evaluation In Educational Design Research. Enschede: SLO.
Nur, F., Novitasari, W., & Rahman, N. R. (2024). Pengembangan Media Video Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Belaindika (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 95-106. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.185
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis capaian siswa Indonesia pada PISA dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.1
Putri, D. A., & Pratiwi, V. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif DIGITAX (Digital Tax Administration Media) Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Mata Pelajaran Administrasi Pajak Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(2), 94-105. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n2.p94-105
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rumalowak, N. F., Handoyo, E., Suminar, T., Raharjo, T. J., & Andaryani, E. T. (2025). Uji Kelayakan Bahan Ajar Literasi Baca-Tulis Berbasis Whole Language Untuk Siswa Sd Di Wilayah 3t. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 121-128. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25355
Siregar, E. S., & Tarigan, F. N. (2022). Pengaruh faktor fasilitas sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas v sdn 060880. Jurnal Eduscience, 9(3), 625-634. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3308
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, Dan R&D.
Suwarnisi, N. M., Sariyasa, S., & Suparta, I. N. (2022). Pengembangan Video Interaktif Bermuatan Masalah Autentik Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 743-751. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4345
Wahyuningrum, M. (2023). Penerapan Video Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmetika Sosial. Journal of Instructional Development Research, 3(1). https://doi.org/10.61193/jidr.v3i1.37
Wardani, R. K., & Syofyan, H. (2018). Pengembangan video interaktif pada pembelajaran IPA tematik integratif materi peredaran darah manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371-381. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16154
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media video pembelajaran kreatif, inovatif, dan kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (jukanti), 6(2), 247-257. https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2.1025
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firstian Syifa Maulida, Han Tantri Hardini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.