Kecemasan Akademik dan Tekanan Psikologis Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Menjelang Sidang Proposal Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6525Keywords:
Kecemasan Akademik, Tekanan Psikologis, Mahasiswa PGMI, Guru Sekolah DasarAbstract
Urgensi dari penelitian ini adalah memahami kecemasan akademik sebagai salah satu hambatan psikologis yang dapat memengaruhi kesiapan mahasiswa dalam menghadapi proses evaluasi akademik, khususnya pada tahap sidang proposal skripsi. Mahasiswa semester akhir, terutama calon guru di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), menghadapi tekanan ganda berupa tuntutan akademik dan ekspektasi profesional. Oleh karena itu, penting dilakukan kajian yang lebih mendalam agar dapat dirancang strategi pendampingan yang tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kecemasan akademik mahasiswa PGMI semester enam dalam menghadapi sidang proposal skripsi, sekaligus mengidentifikasi sumber utama penyebab kecemasan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester enam PGMI IAIN Sorong, dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang yang ditentukan menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa skala kecemasan akademik berbasis Likert dengan 11 butir pernyataan, serta satu bagian tambahan berupa pengurutan faktor penyebab kecemasan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket secara langsung. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji asumsi klasik (uji normalitas) untuk mengetahui perbedaan tingkat kecemasan berdasarkan jenis kelamin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi afektif dan kognitif merupakan aspek kecemasan yang paling dominan. Faktor yang paling mencemaskan mahasiswa adalah pertanyaan penguji, diikuti oleh kemampuan menjelaskan dan sosok penguji. Temuan ini menegaskan perlunya intervensi multidimensi yang mencakup penguatan emosional, pelatihan presentasi, serta pendampingan akademik yang berkelanjutan.
Downloads
References
Andriyani, N. (2022). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kecemasan Mahasiswa semester Akhir Yang mengerjakan Skripsi.
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner by Asrori (z-lib.org). CV. Pena Persada.
Cassady, J. C., Pierson, E. E., & Starling, J. M. (2019). Predicting Student Depression With Measures of General and Academic Anxieties. 4, 1–9. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00011
Gunawan, Y. E. S., Landi, M., & Anthasari, D. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Dukungan Keluarga Dan Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Ujian Proposal Di Prodi Keperawatan Waingapu. Jurnal Info Kesehatan, 16(1), 72–82. https://doi.org/10.31965/infokes.vol16.iss1.173
Habibullah, M., Hastiana, Y., & Hidayat, S. (2019). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Hasil Skripsi Di Lingkungan FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i1.2015
Haq, A. F. El. (2024). Kecemasan Pada saat Presentasi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Psikologi.
Hidayat, W., & Santosa, S. (2024). Memahami Konsep Belajar Anak Usia Dasar : Studi Analisis Teori Belajar Carl Rogers Serta Penerapannya di Sekolah Dasar. 2(1), 92–101.
Imamah, Z. (2018). efektivitas teknik Afirmasi dalam menurunkan Tingkat Stres Akademik pada mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi.
Karina, N. S. A. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Dan Resiliensi Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Kusumastuti, D. (2020). Kecemasan dan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Analitika, 12(1), 22–33. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i1.3110
Leva, E. A. (2025). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMAN 4 Kota Jambi.
Marjan, F., Sano, A., & Ifdil. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam menyusun skripsi. 3(2), 84–89. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/02247jpgi0005
Mudrikah, A. E., & Fatonah, S. (2025). Penerapan Kegiatan Konseling Di Pt. Transforma Counseling. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 11(01), 54–63. https://doi.org/10.47435/mimbar.v11i01.3705
Muna, A., Santi, T. D., & Ariscasari, P. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stres pada Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 5(1), 413–422. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jupin.1217
Ningrum, R. F., & Suprihatin, T. (2019). Ketakutan Akan Kegagalan Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Harapan Orang Tua dan Efikasi Diri Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi. 304–312.
Nurjan, S. (2022). Psikologi Belajar (W. Setiawan (ed.)). CV. WADE GROUP.
Panggabean, D. arizka P. (2021). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Pada Mahasiswa Psikologi Yang Akan Menghadapi Skripsi Di Universitas Medan Area Skripsi Universitas Medan Area. 1–102.
Pebriani, F., Ferry, D., & Qadariah, N. (2024). Analisis Tingkat Kecemasan Akademik Mahasiswa Dalam Memilih Tugas Akhir Artikel Ilmiah. 14(3), 77–86. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppii.v14i3.85575
Raharjo, S. T., & Prahara, S. A. (2022). Mahasiswa Yang Bekerja: Problem Focused Coping Dengan Academic Burnout. Jurnal Sudut Pandang (JSP), 2(12), 2798–5962. https://doi.org/https://doi.org/10.55314/jsp.v2i12
Rifki, R. (2025). Psikologi Pendidikan Islam (M. T. Rahman (ed.)). Gunung.
Saragih, M. adriyanto, & Hidayat, T. W. (2025). Kecemasan Komunikasi Interpersonal antara Mahasiswa dan Dosen dalam Bimbingan Skripsi ( Studi Kasus : Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMA Tahun Ajaran 2020 / 2021 ). Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 28–41. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/juitik.v5i2.1027
Sari, I. W. (2022). Kecemasan Mahasiswa Dalam Menghadapi Seminar Proposal Di Masa New Normal. 9(2), 128–145.
Susanto, B. N. A., Zayani, N., Afrioza, S., & Haq, R. A. Al. (2022). Hatha Yoga Sebagai Pengelolaan Kesehatan Mental Mahasiswa Tingkat Akhir Dalam Penyusunan Skripsi Selama Masa Pandemi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 5–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10739
Wijaya, A. D. (2024). Dampak Rendahnya Self Efficacy Pada Mahasiswa Tingkat Akhir: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 115–126. https://doi.org/10.56185/jubikops.v4i2.768
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Niken Utami Ayumai Firnanda, Riska Latifatul Husna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.