Pembelajaran Sains Anak Usia Dini dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science

Authors

  • Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Putu Ayu Septiari Dewi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.554

Keywords:

sains, anak usia dini, model pembelajaran

Abstract

Sains memberikan manfaat besar dalam kehidupan manusia dan bahkan setiap hari manusia tidak luput dari fenomena sains. Oleh karena itu pembelajaran sains hendaknya diberikan sejak anak usia dini. Namun, fakta di lapangan menyatakan bahwa pembelajaran sains anak usia dini belum optimal karena guru hanya mengandalkan teks dan penugasan. Dengan demikian diperlukan sebuah model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran Children Learning in Science. Penelitian ini mencoba mengkaji cara melaksanakan pembelajaran sains bagi anak usia dini menggunakan model Children Learning in Science. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi literature. Data didapatkan dari berbagai sumber berupa buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran Children Learning in Science layak digunakan dalam pembelajaran sains anak usia dini karena memungkinkan anak berinteraksi langsung dengan fenomena sains yang konkret dan belajar sains dengan menyenangkan. Model pembelajaran Children Learning in Science juga sesuai dengan ruang lingkup pembelajaran sains yaitu sebagai produk, proses dan sikap.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ismail, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Petik Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.55 DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.55

Mariana, I. M. A., & Praginda, W. (2009). Hakekat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: P4TK IPA.

Mirawati, & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Chilhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.50 DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.50

Rahmi, P. (2019). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 2(2), 43–55.

Rizkia, N., Sabarni, Azhar, Elita, & Fitri, R. D. (2020). Analisis Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terhadap Pembelajaran Kimia SMA. Lantanida, 8(2), 96–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v8i2.8119 DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v8i2.8119

Rukiyah. (2017). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar. Palembang.

Saepudin. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, XV (2), 213–226 https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.103 DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.103

Salim, E., Prasetyawati, D., & Hariyanti, D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri Pada Kelompok B DI TK Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 84–111. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.511

Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Pt Indeks.

Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416 DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416

Suyanto. (2006). Pengenalan Sains untuk Anak TK dengan Pendekatan Open Inquiry. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wibawa, M. A. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus I Sandubaya Tahun Ajaran 2019/2020. Progress Pendidikan, 1(1), 1–6.

Published

2021-04-02

How to Cite

Wijaya, K. W. B., & Dewi, P. A. S. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 142–146. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.554

Issue

Section

Regular Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.