Pembelajaran Sains Anak Usia Dini dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.554Keywords:
sains, anak usia dini, model pembelajaranAbstract
Sains memberikan manfaat besar dalam kehidupan manusia dan bahkan setiap hari manusia tidak luput dari fenomena sains. Oleh karena itu pembelajaran sains hendaknya diberikan sejak anak usia dini. Namun, fakta di lapangan menyatakan bahwa pembelajaran sains anak usia dini belum optimal karena guru hanya mengandalkan teks dan penugasan. Dengan demikian diperlukan sebuah model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran Children Learning in Science. Penelitian ini mencoba mengkaji cara melaksanakan pembelajaran sains bagi anak usia dini menggunakan model Children Learning in Science. Penelitian ini termasuk dalam penelitian studi literature. Data didapatkan dari berbagai sumber berupa buku, jurnal dan karya ilmiah lainnya. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran Children Learning in Science layak digunakan dalam pembelajaran sains anak usia dini karena memungkinkan anak berinteraksi langsung dengan fenomena sains yang konkret dan belajar sains dengan menyenangkan. Model pembelajaran Children Learning in Science juga sesuai dengan ruang lingkup pembelajaran sains yaitu sebagai produk, proses dan sikap.
Downloads
References
Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ismail, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Petik Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1), 19–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.55 DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.55
Mariana, I. M. A., & Praginda, W. (2009). Hakekat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: P4TK IPA.
Mirawati, & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Chilhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.50 DOI: https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.50
Rahmi, P. (2019). Pengenalan Sains Anak Melalui Permainan Berbasis Keterampilan Proses Sains Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 2(2), 43–55.
Rizkia, N., Sabarni, Azhar, Elita, & Fitri, R. D. (2020). Analisis Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terhadap Pembelajaran Kimia SMA. Lantanida, 8(2), 96–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/lj.v8i2.8119 DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v8i2.8119
Rukiyah. (2017). Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar. Palembang.
Saepudin. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, XV (2), 213–226 https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.103 DOI: https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.103
Salim, E., Prasetyawati, D., & Hariyanti, D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Inkuiri Pada Kelompok B DI TK Mojokerto 3 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 84–111. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v3i2%20Oktober.511
Samatowa, U. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Pt Indeks.
Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416 DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416
Suyanto. (2006). Pengenalan Sains untuk Anak TK dengan Pendekatan Open Inquiry. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uno, H. B. (2007). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibawa, M. A. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SD Negeri Gugus I Sandubaya Tahun Ajaran 2019/2020. Progress Pendidikan, 1(1), 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.