Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

  • Wahyu Noviansyah Universitas Sebelas Maret
  • Catur Mujiono Mahasiswa
Keywords: kesiapan, hambatan, pembelajaran daring, SMK

Abstract

Dampak pandemi COVID-19 mengakibatkan perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan dan hambatan siswa dalam proses pembelajaran daring di SMK Ganeshatama Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI DPIB dengan jumlah 38 orang. Data kuantitatif yang terkumpul melalui kuisioner secara online melalui media sosial whatsapp. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) rata-rata kesiapan belajar siswa SMK dalam melaksanakan pembelajaran daring selama masa pandemi yang ditinjau dari berbagai aspek memperoleh persentase kesiapan sebesar 71,9%. Hal itu menunjukkan bahwa sebagain besar siswa memiliki kesiapan yang baik dalam mengikuti pembelajaran daring; (2) Sementara hambatan yang dialami siswa selama pelaksanaan pembelajaran daring yang dipengaruhi oleh beberapa faktor sebagai berikut: (a) Siswa sulit konsentrasi belajar (83,33%), (b) Siswa mengalami kebosanan (80,55%), (c) Siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru (52,77%), (d) Siswa kesulitan memperoleh sumber belajar (75%), (e) Siswa kesulitan dalam  jaringan internet (55,55%), (f) Siswa kurang pendampingan dari orang tua (66,66%). Dengan demikian, kesiapan siswa yang baik dalam mengikuti pembelajaran daring, pada kenyataannya masih ditemukan kendala-kendala yang dapat menurunkan keaktifan siswa di dalam belajar sehingga mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran daring.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdoul, K., Zhan, Z. & Roseline. (2017). Learning and Knowledge Transfer in Africa-China Jvs: Interplay Between Informalities, Culture, And Social Capital. Journal of international Management, 23(2), 166-179. DOI: https://doi.org/10.1016/j.intman.2016.11.003

Amirotun Sholikhah. 2016. Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Komunika Vol.10 No.2(342-362)

Carlos, C., Orlando, R., Jarvein, R., Jhon B., Martha, M., Elizabeth, L., & Enrique. (2013). A Hybrid System of Pedagogical Pattern Recommendations Based on Singular Value Decomposition and Variable Data Attribute. Journal Information Processing & Management, 49(3), 607-625. DOI : https://doi.org/10.1016/j.ipm.2012.12.002

Ghulam, M., Hkalid, M., Nosheen, F., & Shafiq, R. (2021). Readiness For Online Learning During COVID-19 Pandemic: A Survey Of Pakistan LIS Student. Journal of Academic Librarianship. DOI: https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28.

He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century . Journal of Information Systems Education, 25(2). https://aisel.aisnet.org/jise/vol25/iss2/1/

Jhon, C., Yi, F.& Jian, H. (2021). Procastination Predict Online Self Regulated Learning And Online Learning Ineffectiveness During The Coronavirus Lockdown. Journal Personality and individual Difefferences, 174. DOI: https://doi.org/10.1016/j.paid.2021.110673

Kristian, G., Andersen., Andrew, R., W. Ian Lipkin., Edward, C. Holmes & Robert, F. Garry. 2020. The Proximal origin of SARS-CoV2. Nature Medicine, 26, (450-452) https://www.nature.com/articles/s41591-020-0820-9

Lina, H. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Jurnal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 1(2), (15-23) DOI: https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2

Meidawati, dan S., & Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, U. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar Abstrak. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship, 1(1), 1–5.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 134–14 https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/00098655.2020.1751480

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1)

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. 31(1), 1–12.

Slameto. (2013). Belajar dan FaktorFaktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

UNSECO IESALC. (2020). COVID-19 and High Education: Today and Tomorrow Impact Analysis, Policy Responses and Recommendations. Paris: United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization. http://www.iesalc.unesco.org/en/wp-content/uploads/2020/04/COVID-19-EN-090420-2.pd

Published
23-03-2021
How to Cite
Noviansyah, W., & Mujiono, C. (2021). Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 82-88. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/522
Section
Regular Articles