Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTs MDIA Bontoala

  • Andi Tenriawaru STKIP YPUP Makassar
  • Jeranah Jeranah STKIP YPUP Makassar
  • Isbar Ahmad STKIP YPUP Makassar
Keywords: alat peraga, hasil belajar, lingkaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs MDIA Bontoala. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs MDIA Bontoala. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t dan uji anava. Dari analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil pretest 45,6 dengan standar deviasi sebesar 22, sedangkan rata-rata hasil posttest 78,4 dengan standar deviasi sebesar 21,92. Adapun hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai thitung > ttabel dengan α = 0,05, dimana thitung = 10,456 dan ttabel = 1,711. Serta diperkuat oleh perhitungan uji anava dengan fhitung > ftabel dengan α = 0,05, dimana fhitung = 27,88 dan ftabel = 4,04. Dari kedua hasil uji tersebut H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs MDIA Bontoala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Among Guru. (2017). Panduan Cara Penyusunan KKM Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017. Www.Amongguru.Com. https://www.amongguru.com/panduan-cara-penyusunan-kkm-kurikulum-2013-terbaru-tahun-2017/

Fatshaf, H. (2013). Penelitian Pre Ekperimen 1. Www.Hartatyfatshaf.Blogspot.Com. http://hartatyfatshaf.blogspot.com/2013/10/penelitian-pre-ekperimen-1.html

Hijrah, S. (2010). Pengertian Belajar dan Pembelajaran. Www.Syaifulhijrah.Blogspot.Com. http://syaifulhijrah.blogspot.com/2010/03/pengertian-belajar-dan-pembelajaran_20.html

Ikhlas Itu Indah. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem Prof. Dr. Oemar Hamalik. Www.Ikhlasitu.Blogspot.Com. https://ikhlasitu.blogspot.com/2012/01/book-report-perencanaan-pengajaran.html

Juwairiah. (2013). Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia. Visipena Journal, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i1.85

Kompasiana. (2014). Belajar, Tujuan Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar. Www.Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/elfa.dianymufida/54f864cca33311ef7d8b489f/belajar-tujuan-belajar-dan-faktorfaktor-yang-mempengaruhi-belajar

Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Applied Mechanics and Materials, VI(1), 87–97. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510

Mujianto, S. (2017). Analisis daya beda soal. taraf kesukaran, butir tes, validitas butir tes, interpretasi hasil tes valliditas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 2, 2(2), 192–213.

Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07

Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Nining, S., Srigati, S., Mushofiah, S., & Maliki, I. (2016). Membangkitkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Sudut Siku-Siku. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 30. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.4

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 174–178. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Rasyid Karo-karo S, I., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. VII, 91–96. file:///C:/Users/youhe/Downloads/kdoc_o_00042_01.pdf

Reggiana, R. (2014). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran. Www.Rizkareggian.Blogspot.Com. http://rizkareggian.blogspot.com/2014/09/kelebihan-dan-kekurangan-jenis-jenis.html

Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193

Statistik Ceria. (2012). Konsep Validitas dan Reliabilitas. Www.Statistikceria.Blogspot.Com. https://statistikceria.blogspot.com/2012/01/konsep-validitas-dan-realibilitas.html

Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Supaarni. (2013). Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. I, 142–150.

Wahyudi, I. (2016). Uji Reliabilitas. Www.Indrawahyudisite.Wordpress.Com. https://indrawahyudisite.wordpress.com/2016/04/02/reliabilitas-uji-reliabilitas/

Published
29-12-2020
How to Cite
Tenriawaru, A., Jeranah, J., & Ahmad, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTs MDIA Bontoala. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 445-458. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/437
Section
Regular Articles