Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTs MDIA Bontoala
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs MDIA Bontoala. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs MDIA Bontoala. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t dan uji anava. Dari analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasil pretest 45,6 dengan standar deviasi sebesar 22, sedangkan rata-rata hasil posttest 78,4 dengan standar deviasi sebesar 21,92. Adapun hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari perolehan nilai thitung > ttabel dengan α = 0,05, dimana thitung = 10,456 dan ttabel = 1,711. Serta diperkuat oleh perhitungan uji anava dengan fhitung > ftabel dengan α = 0,05, dimana fhitung = 27,88 dan ftabel = 4,04. Dari kedua hasil uji tersebut H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika pada materi lingkaran kelas VIII MTs MDIA Bontoala.
Downloads
References
Among Guru. (2017). Panduan Cara Penyusunan KKM Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2017. Www.Amongguru.Com. https://www.amongguru.com/panduan-cara-penyusunan-kkm-kurikulum-2013-terbaru-tahun-2017/
Fatshaf, H. (2013). Penelitian Pre Ekperimen 1. Www.Hartatyfatshaf.Blogspot.Com. http://hartatyfatshaf.blogspot.com/2013/10/penelitian-pre-ekperimen-1.html
Hijrah, S. (2010). Pengertian Belajar dan Pembelajaran. Www.Syaifulhijrah.Blogspot.Com. http://syaifulhijrah.blogspot.com/2010/03/pengertian-belajar-dan-pembelajaran_20.html
Ikhlas Itu Indah. (2012). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem Prof. Dr. Oemar Hamalik. Www.Ikhlasitu.Blogspot.Com. https://ikhlasitu.blogspot.com/2012/01/book-report-perencanaan-pengajaran.html
Juwairiah. (2013). Alat Peraga Dan Media Pembelajaran Kimia. Visipena Journal, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.46244/visipena.v4i1.85
Kompasiana. (2014). Belajar, Tujuan Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar. Www.Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/elfa.dianymufida/54f864cca33311ef7d8b489f/belajar-tujuan-belajar-dan-faktorfaktor-yang-mempengaruhi-belajar
Matondang, Z. (2009). Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Applied Mechanics and Materials, VI(1), 87–97. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510
Mujianto, S. (2017). Analisis daya beda soal. taraf kesukaran, butir tes, validitas butir tes, interpretasi hasil tes valliditas ramalan dalam evaluasi pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 2, 2(2), 192–213.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07
Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Nining, S., Srigati, S., Mushofiah, S., & Maliki, I. (2016). Membangkitkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Sudut Siku-Siku. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 30. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.4
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 174–178. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099
Rasyid Karo-karo S, I., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. VII, 91–96. file:///C:/Users/youhe/Downloads/kdoc_o_00042_01.pdf
Reggiana, R. (2014). Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Media Pembelajaran. Www.Rizkareggian.Blogspot.Com. http://rizkareggian.blogspot.com/2014/09/kelebihan-dan-kekurangan-jenis-jenis.html
Rusmiati. (2017). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 21–36. http://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility
Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ippi/article/view/2193
Statistik Ceria. (2012). Konsep Validitas dan Reliabilitas. Www.Statistikceria.Blogspot.Com. https://statistikceria.blogspot.com/2012/01/konsep-validitas-dan-realibilitas.html
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.
Supaarni. (2013). Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. I, 142–150.
Wahyudi, I. (2016). Uji Reliabilitas. Www.Indrawahyudisite.Wordpress.Com. https://indrawahyudisite.wordpress.com/2016/04/02/reliabilitas-uji-reliabilitas/
Copyright (c) 2020 Andi Tenriawaru, Jeranah Jeranah, Isbar Ahmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.