Pengaruh E-Modul Deteksi Dini dan Layanan Intervensi ADHD Terhadap Kemampuan Guru Taman Kanan-Kanak

  • Ari Wulandari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Septiyani Endang Yunitasari Universitas Panca Sakti Bekasi
Keywords: E-Modul, ADHD, Deteksi Dini, Layanan Intervensi, Kemampuan Guru

Abstract

Permasalahan yang sering dijumpai dalam dunia pendidikan yaitu adanya salah satu jenis gangguan perkembangan emosional atau perilaku yang paling sering didiagnosis pada anak-anak yaitu ADHD. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru pada tahun 2024, ada 24 anak berkebutuhan khusus di taman kanak-kanak di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan pada 54 guru di taman kanak-kanak di Kecamatan Tenayan Raya, masalah yang dihadapi guru saat mengajar anak-anak dengan ADHD adalah kurangnya pengetahuan guru tentang e-modul intervensi ADHD, deteksi dini, dan layanan intervensi anak ADHD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Digunakan metode korelasional. Hasil analisis dan pengujian hipostesis, uji t-test menunjukkan nilai t sebesar 4.670 untuk pengaruh e-modul ADHD terhadap kemampuan guru, nilai t sebesar 4.404 untuk pengaruh e-modul deteksi dini terhadap kemampuan guru, dan nilai t sebesar 3.197 untuk pengaruh e-modul intervensi anak ADHD terhadap kemampuan guru, masing-masing dengan p-value 0,000 < alpha = 0,05., dan p-value 0,002 < alpha = 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyah, S., Fitri, N. L., & Novitasari, N. (2023). Strategi Guru dalam Menangani Siswa ADHD di TK ABA Percontohan Bojonegoro. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(02), 115-124. https://doi.org/10.46963/mash.v6i02.927

Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27-33. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.4

Ani, F. (2022). Intervensi Terhadap Anak Usia Dini Yang Mengalami Gangguan Adhd Melalui Pendekatan Kognitif. JURNAL JUDIKHU, 2(1), 21-29. https://doi.org/10.51742/judikhu.v2i1.724

Arti, W., Widanti, H. N., & Wati, T. L. (2023). Program Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Deteksi dan Intervensi Dini dalam Tumbuh Kembang Anak Sekolah Dasar melalui Penggunaan Flashcard Pediatrik dan Media Visual. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 663-671. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.19970

Ashari, D. A. (2021). Panduan mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1095-1110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677

Deliviana, E., Wigunawati, E., Ernawati, R., Simorangkir, M. R. R., Gunawan, R., & Nugroho, A. R. (2023). Pembinaan Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru-Guru Di Yayasan Kristen Aletheia Indonesia (YKAI). JURNAL Comunità Servizio, 5(1), 1174-1182.

Ediyanto, E., Atika, I. N., Kawai, N., & Prabowo, E. (2017). Inclusive education in Indonesia from the perspective of widyaiswara in center for development and empowerment of teachers and education personnel of kindergartens and special education. Indonesian Journal of Disability Studies, 4(2), 104-116. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.4.2.3

Febriyana, N. (2024). Deteksi Dini Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Anak. Kekerasan Pada Anak Di Era Pandemi Covid-19, 83.

Firda, T. R., Damastuti, E., & Aryanti, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD Dengan Teknik Reinforcement Positif. Journal of Education for All, 1(1), 56-66.

Gunawan, L. (2021). Komunikasi Interpersonal pada Anak Dengan Gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Psiko Edukasi, 19(1), 49-68.

Handayani, I. N. (2019). Pendidikan Inklusif untuk Anak ADHD (Attetention Defic Hyperactifity Disorder). In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 4, pp. 291-302).

Hanifah, N., Magfiroh, N. H., & Assa’diy, A. A. (2024). Analisa Efektivitas Metode Montessori terhadap Kemampuan Atensi Anak ADHD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 434-444. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.689

Latifah, I., & Fadila, W. N. (2024). Strategi Efektif Guru dalam Mengimplementasikan Sekolah Inklusi pada Lembaga PAUD. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 7(1), 20-36. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v7i1.622

Mukti, P. Y., & Harimi, A. C. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 74-83. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.15561

Ningrum, S. P. (2023). Analisa Kendala Guru Dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 159-166. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2409

Putri, P. I., & Widiastuti, A. A. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement melalui Metode Bermain Bunchems. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 207-213.

Rahmawati, A. D., Lisnawati, D., & Windari, A. R. (2024). Strategi Guru dalam Menangani Anak ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) dalam Pembelajaran di Kelas 2 SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7-7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.317

Sandrawati, F. C., Jamaris, M., & Supena, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Berbasis Modifikasi Perilaku. Visipena, 10(1), 27-38. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.485

Satwika, Y. W., Savira, S. I., Jannah, M., & Darmawanti, I. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Guru KB-TK Labschool Unesa. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 13-18. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.96

Suyanto, B. N., & Wimbarti, S. (2019). Program intervensi musik terhadap hiperaktivitas anak attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(1), 15-25. https://doi.org/10.22146/gamajpp.48584

Tirtayani, L. A. (2017). Upaya Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus pada Lembaga-lembaga PAUD di Singaraja, Bali. Proyeksi, 12(2), 21-34. http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.2.21-34

Published
18-10-2024
How to Cite
Wulandari, A., & Yunitasari, S. E. (2024). Pengaruh E-Modul Deteksi Dini dan Layanan Intervensi ADHD Terhadap Kemampuan Guru Taman Kanan-Kanak. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1001-1012. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4167