Pengaruh E-Modul Deteksi Dini dan Layanan Intervensi ADHD Terhadap Kemampuan Guru Taman Kanan-Kanak
Abstract
Permasalahan yang sering dijumpai dalam dunia pendidikan yaitu adanya salah satu jenis gangguan perkembangan emosional atau perilaku yang paling sering didiagnosis pada anak-anak yaitu ADHD. Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru pada tahun 2024, ada 24 anak berkebutuhan khusus di taman kanak-kanak di Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. Penelitian yang dilakukan pada 54 guru di taman kanak-kanak di Kecamatan Tenayan Raya, masalah yang dihadapi guru saat mengajar anak-anak dengan ADHD adalah kurangnya pengetahuan guru tentang e-modul intervensi ADHD, deteksi dini, dan layanan intervensi anak ADHD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Digunakan metode korelasional. Hasil analisis dan pengujian hipostesis, uji t-test menunjukkan nilai t sebesar 4.670 untuk pengaruh e-modul ADHD terhadap kemampuan guru, nilai t sebesar 4.404 untuk pengaruh e-modul deteksi dini terhadap kemampuan guru, dan nilai t sebesar 3.197 untuk pengaruh e-modul intervensi anak ADHD terhadap kemampuan guru, masing-masing dengan p-value 0,000 < alpha = 0,05., dan p-value 0,002 < alpha = 0,05.
Downloads
References
Alfiyah, S., Fitri, N. L., & Novitasari, N. (2023). Strategi Guru dalam Menangani Siswa ADHD di TK ABA Percontohan Bojonegoro. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(02), 115-124. https://doi.org/10.46963/mash.v6i02.927
Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27-33. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.4
Ani, F. (2022). Intervensi Terhadap Anak Usia Dini Yang Mengalami Gangguan Adhd Melalui Pendekatan Kognitif. JURNAL JUDIKHU, 2(1), 21-29. https://doi.org/10.51742/judikhu.v2i1.724
Arti, W., Widanti, H. N., & Wati, T. L. (2023). Program Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Guru dalam Deteksi dan Intervensi Dini dalam Tumbuh Kembang Anak Sekolah Dasar melalui Penggunaan Flashcard Pediatrik dan Media Visual. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(3), 663-671. https://doi.org/10.29407/ja.v7i3.19970
Ashari, D. A. (2021). Panduan mengidentifikasi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1095-1110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1677
Deliviana, E., Wigunawati, E., Ernawati, R., Simorangkir, M. R. R., Gunawan, R., & Nugroho, A. R. (2023). Pembinaan Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru-Guru Di Yayasan Kristen Aletheia Indonesia (YKAI). JURNAL Comunità Servizio, 5(1), 1174-1182.
Ediyanto, E., Atika, I. N., Kawai, N., & Prabowo, E. (2017). Inclusive education in Indonesia from the perspective of widyaiswara in center for development and empowerment of teachers and education personnel of kindergartens and special education. Indonesian Journal of Disability Studies, 4(2), 104-116. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2017.4.2.3
Febriyana, N. (2024). Deteksi Dini Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Anak. Kekerasan Pada Anak Di Era Pandemi Covid-19, 83.
Firda, T. R., Damastuti, E., & Aryanti, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD Dengan Teknik Reinforcement Positif. Journal of Education for All, 1(1), 56-66.
Gunawan, L. (2021). Komunikasi Interpersonal pada Anak Dengan Gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Psiko Edukasi, 19(1), 49-68.
Handayani, I. N. (2019). Pendidikan Inklusif untuk Anak ADHD (Attetention Defic Hyperactifity Disorder). In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 4, pp. 291-302).
Hanifah, N., Magfiroh, N. H., & Assa’diy, A. A. (2024). Analisa Efektivitas Metode Montessori terhadap Kemampuan Atensi Anak ADHD. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(2), 434-444. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.689
Latifah, I., & Fadila, W. N. (2024). Strategi Efektif Guru dalam Mengimplementasikan Sekolah Inklusi pada Lembaga PAUD. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 7(1), 20-36. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v7i1.622
Mukti, P. Y., & Harimi, A. C. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Pada Kelas Inklusi di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 9(1), 74-83. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.15561
Ningrum, S. P. (2023). Analisa Kendala Guru Dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 159-166. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2409
Putri, P. I., & Widiastuti, A. A. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan Pendekatan Reinforcement melalui Metode Bermain Bunchems. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 207-213.
Rahmawati, A. D., Lisnawati, D., & Windari, A. R. (2024). Strategi Guru dalam Menangani Anak ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) dalam Pembelajaran di Kelas 2 SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7-7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.317
Sandrawati, F. C., Jamaris, M., & Supena, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) Usia 5-6 Tahun Dengan Menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) Dan Berbasis Modifikasi Perilaku. Visipena, 10(1), 27-38. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i1.485
Satwika, Y. W., Savira, S. I., Jannah, M., & Darmawanti, I. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Guru KB-TK Labschool Unesa. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 13-18. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.96
Suyanto, B. N., & Wimbarti, S. (2019). Program intervensi musik terhadap hiperaktivitas anak attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 5(1), 15-25. https://doi.org/10.22146/gamajpp.48584
Tirtayani, L. A. (2017). Upaya Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus pada Lembaga-lembaga PAUD di Singaraja, Bali. Proyeksi, 12(2), 21-34. http://dx.doi.org/10.30659/jp.12.2.21-34
Copyright (c) 2024 Ari Wulandari, Septiyani Endang Yunitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.