Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kerjasama PPKn Melalui Pengelolaan Arsip Digital Learning Berbasis Online Siswa Kelas VII2 SMPN 3 Tanete Rilau Kabupaten Barru

  • Nuraeni Nuraeni Guru Mata Pelajaran PPKn, SMPN 3 Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan
Keywords: hasil belajar PPKN, kerjasama, pengelolaan arsip, digital learning

Abstract

Menurut hasil analisis angket dan hasil tes diagnotis sebelum dilakukan penelitian adalah rendah hasil belajar materi PPKn dan banyaknya peserta didik sulit mengakses materi PPKn, sehingga dilakukan penelitian dibidang ini. Pemecahan pengelolaan arsip digital learning berbasis online untuk meningkatkan hasil belajar materi kerjasama PPKn siswa kelas VII2 SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru. Pendekatan; penelitian tindakan kelas berdaur ulang dengan prosedur tiga siklus. Pelaksanaannya, dua kali pertemuan setiap siklus terdiri pemberian tindakan dan pemberian tes. Setiap siklus empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Hasil penelitian dan simpulan; (1) Hasil belajar meningkat aspek sikap (KI 1-2) skor persentase selisih 15,25% kategori cukup menjadi kategori baik, meningkat aspek pengetahuan (KI-3) skor rerata selisih 10,65 kategori cukup siklus tiga dari kategori kurang siklus dua, meningkat aspek keterampilan (KI-4) skor rerata selisih 4,15 kategori cukup siklus tiga dari kategori kurang siklus dua. (2) Kemampuan guru meningkat skor persentase selisih 8,13%, meningkat kategori baik siklus tiga dari kategori cukup siklus dua. (3) Kemampuan peserta didik meningkat skor persentase selisih 18,54%, dan meningkat kategori baik siklus tiga dari kategori cukup siklus dua. Hasil penelitian ini terjadi perubahan peningkatan secara positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199

Fitrianingtyas, A., Radia, E. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 1(6), Retrieved from https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/141

Hakim, H. A. B., Bandono. (2015). Omeka: Aplikasi Pengelola Arsip Digital dalam Berbagai Format. Jupiter, 14(2). http://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/35/33

Kurniawan, B., Wiharna, O., Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2). https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9627

Miswandi, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar PKN SD melalui Stategi Crossword Puzzle. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 2(3), 300-306. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.66

Muhidin, S. A., Winata, H., Santoso, B. (2016). Pengelolaan Arsip Digital. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 2(3). http://journal2.um.ac.id/index.php/jpbm/article/view/1708/980

Prasetyo, H., Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1). https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Published
2019-09-20
How to Cite
Nuraeni, N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kerjasama PPKn Melalui Pengelolaan Arsip Digital Learning Berbasis Online Siswa Kelas VII2 SMPN 3 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(3), 193-201. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.3.2019.1394