Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas IV SD Inpres Sepee Kabupaten Barru
Abstract
Menurut hasil analisis ulangan harian 1 tema 1 keberagaman budaya bangsaku, 50% dari 3 orang tidak tuntas belajarnya dari 6 orang jumlah siswa hadir tes, rata-rata skor nilai yang dicapai 67,83, tidak mencapai standar KKM 70 dan standar tuntas klasikal 67%. Penelitian bertujuan tujuan meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Sepee kabupaten Barru pada tema 1 daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (classroom research). terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Setiap satu kali pertemuan terdiri atas dua jam pelajaran (2 x 35 menit). Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: Perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (observe), refleksi (reflect), jika siklus satu belum mencapai standar kualitas indikator hasil penelitian, dilanjutkan siklus 2, begitu terusnya sampai mencapai target penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar meningkat persentase skor sebesar 33,33% dari siklus II ke siklus III, persentase skor klasikal 83,33% tuntas siklus III. Perubahan penguatan peningkatan secara positif rerata hasil belajar meningkar skor rerata hasil belajar 5,83 dan kategori kurang ke cukup dari siklus II ke siklus III, skor rerata 72,5 dikategorikan cukup siklus III. Perubahan dukungan peningkatan secara positif kemampuan guru meningkat persentase skor 13,09%, meningkat kategori cukup ke baik dari siklus II ke siklus III, persentase skor 76,19% dikategorikan baik siklus III. Perubahan dukungan peningkatan secara positif aktifitas belajar siswa meningkat persentase skor 10,12%, kategori yang dicapai tetap baik dari siklus II ke siklus III tetapi sudah sesuai standar, persentase skor 79,56% dikategorikan baik siklus III.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Iscom.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Indahnya kebersamaan tema 1. Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI Kelas IV. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Indahnya kebersamaan tema 1. Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI Kelas IV. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Milles & Huberman. (1992). Analisis Data kualitatif. Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. (2009). Cooperatif Learning Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Suwardi, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2020 Hasnawati Dahrang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.