Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas IV SD Inpres Sepee Kabupaten Barru

  • Hasnawati Dahrang SD Inpres Sepee, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan
Keywords: hasil belajar, keberagaman budaya, keberagaman budaya bangsaku, model pembelajaran, Examples Non Examples, ketuntasan hasil belajar

Abstract

Menurut hasil analisis ulangan harian 1 tema 1 keberagaman budaya bangsaku, 50% dari 3 orang tidak tuntas belajarnya dari 6 orang jumlah siswa hadir tes, rata-rata skor nilai yang dicapai 67,83, tidak mencapai standar KKM 70 dan standar tuntas klasikal 67%. Penelitian bertujuan tujuan meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Sepee kabupaten Barru pada tema 1 daerah tempat tinggalku melalui model pembelajaran Examples Non Examples. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas (classroom research). terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Setiap satu kali pertemuan terdiri atas dua jam pelajaran (2 x 35 menit). Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: Perencanaan (plan), tindakan (action), observasi (observe), refleksi (reflect), jika siklus satu belum mencapai standar kualitas indikator hasil penelitian, dilanjutkan siklus 2, begitu terusnya sampai mencapai target penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar meningkat persentase skor sebesar 33,33% dari siklus II ke siklus III, persentase skor klasikal 83,33% tuntas siklus III. Perubahan penguatan peningkatan secara positif rerata hasil belajar meningkar skor rerata hasil belajar 5,83 dan kategori kurang ke cukup dari siklus II ke siklus III, skor rerata 72,5 dikategorikan cukup siklus III. Perubahan dukungan peningkatan secara positif kemampuan guru meningkat persentase skor 13,09%, meningkat kategori cukup ke baik dari siklus II ke siklus III, persentase skor 76,19% dikategorikan baik siklus III. Perubahan dukungan peningkatan secara positif aktifitas belajar siswa meningkat persentase skor 10,12%, kategori yang dicapai tetap baik dari siklus II ke siklus III tetapi sudah sesuai standar, persentase skor 79,56% dikategorikan baik siklus III.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Edisi ke IV. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Iscom.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2017). Indahnya kebersamaan tema 1. Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI Kelas IV. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Indahnya kebersamaan tema 1. Buku tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI Kelas IV. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Milles & Huberman. (1992). Analisis Data kualitatif. Terjemahan Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2012). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, A. (2009). Cooperatif Learning Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwardi, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.

Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Published
19-08-2020
How to Cite
Dahrang, H. (2020). Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Tema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Model Pembelajaran Examples Non Examples Siswa Kelas IV SD Inpres Sepee Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 244-253. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.335
Section
Regular Articles