Pemanfaatan Barang Bekas untuk Eksperimen Inovatif dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 3 Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.302Keywords:
Eksperimen Inovatif, Arus Laut, Barang BekasAbstract
Materi ajar geografi banyak membahas peristiwa alam yang sulit untuk diamati dan dibuktikan secara langsung. Peristiwa angin, kondensasi, hujan, angin tornado, letusan gunung berapi, dan arus laut sebagai contoh kecil. Akan tetapi alat praktikum untuk peragaan ataupun eksperimen peristiwa tersebut tidak mudah diperoleh, bahkan tidak tersedia di pasar. Padahal guru berkewajiban menyajikan pembelajaran yang memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan secara mandiri dan bermakna. Penelitian ini ditujukan untuk mengungkapkan manfaat penerapan metode eksperimen inovatif menggunakan alat rancangan penulis dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa Kelas X-IPS-4 SMA Negeri 3 Palopo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat eksperimen inovatif dalam penyajian materi ajar sifat dan gerak air laut memberikan hasil yang baik. Secara rata-rata nilai siswa meningkat dari 66,8 pada Siklus 1 menjadi 79,2 pada Siklus 2. Pada Siklus 1, ketuntasan kelas hanya 40,7% sedangkan pada Siklus 2 ketuntasan kelas telah mencapai 86,2%. Nilai siswa pada Siklus 2 menghasilkan standar deviasi sebesar 6,894. Nilai itu jauh lebih rendah daripada Siklus 1 sebesar 14,017. Hal ini menunjukkan hasil belajar antarsiswa pada Siklus 2 secara umum relatif sama, tidak terjadi perbedaan menonjol antara siswa pintar dan kurang pintar. Di samping itu, hasil Uji-t menunjukkan bahwa nilai t-Hitung 4,256 lebih besar daripada nilai t-Tabel 1,697 pada tingkat kepercayaan 95%. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar Siklus 2 dengan Siklus 1. Pembelajaran dengan eksperimen pada Siklus 2 juga berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Siswa yang aktif dengan kategori tinggi dan sedang sebanyak 91,6% untuk semua bentuk aktivitas tanggapan siswa. Secara umum semua siswa ikut terlibat aktif dalam membuat alat dan melakukan eksperimen serta berdiskusi dan menyusun laporan kelompok. Aktivitas pembelajaran sangat ramai dan disertai lonjakan kegembiraan siswa saat menyelesaikan satu jenis eksperimen. Siswa belajar secara aktif dan merasa senang serta memperoleh pengetahuan baru. Hal ini sesuai dengan hasil jajak pendapat tentang proses belajar mengajar yang dijalaninya.
Downloads
References
Agus, M. (2016). Inovasi Alat Praktikum Pembelajaran Geografi. Jurnal Nispatti, 1(1), 1-22.
Ball, S., Emerson, T., Lewis, J., & Swarthout, J. T. (2012). Classroom experiments. Last Modified: May, 29, 2012.
Students’ Mathematical Communication Ability. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 202-208).
Firdayati, L. (2020). Penggunaan Model ELPSA Dengan Alat peraga Geoboard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknodik, 23(1), 23 29-40.
Lubis, K. M. (2011). Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Hidrosfer Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Melalui Tindakan Guru Inovatif Pada Kelas X Di Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 8(1), 21-32.
Mukherji, P., & Albon, D. (2018). Research methods in early childhood: An introductory guide. London: Sage Publication, Ltd
Ogaga, G. A. (2016). Effects of instructional studies in Secondary Schools in Oju Local Government Area of Benue state. International Journal of Current ResearchVol. 8, Issue
Rahmawati, R., Yani, A., & Somantri, L. (2016). Tingkat motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi di SMA Kota Bandung. Matematika, 7(7.78), 7-02.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.