Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP

  • Agus Yulianto Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dian Nopitasari Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Ihlasiani Permata Qolbi Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
  • Rini Aprilia Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia
Keywords: Pendidikan Matematika, Bermain Peran, Kepercayaan Diri, Eksperimen Semu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kepercayaan diri siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian dengan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif ini dilaksanakan dikelas VII D dan VII E SMP Nusantara 1 dengan sampel sebanyak 25 siswa di kelas VII D dan 29 siswa di kelas VII E. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran role playing, sedangkan variabel dependen adalah kepercayaan diri siswa dengan 4 indikator, kemudian disusun dalam bentuk instrumen angket dengan jumlah 32 butir. Instrumen tersebut sudah diuji validitasnya oleh validator ahli.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Inayah, S., & Nurhasanah, G. A. (2019). Pengaruh Kemampuan Representasi Matematis Siswa Terhadap Kepercayaan Dirinya. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 12(1).

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA Di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 10(2).

Pitriyani, P., Fitrianna, A. Y., Malinda, P., & Hajar, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik Siswa MTs Ditinjau Dari Self Confidence. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 11(1).

Wahyuni, R., Utami, C., & Husna, N. (2016). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas XI SMA Negeri 6 Singkawang. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 81-86.

Wulandari, N. (2013). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Penggunaan Strategi Inkuiri Terbimbing Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN Gupakan II, Tepus, Guniung Kidul. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 3(1).

Astawa, G., Riastini, P. N., & Garminah, N. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Satua Bali Terhadap Sikap Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1).

Nurjannah, N., Thaha, H., & Zainuddin, F. (2019). Pengaruh Role Playing Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Journal of Islamic Education, 2(2), 137-148.

Published
03-03-2020
How to Cite
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97-102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173
Section
Articles