Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Negeri

  • Nurdin Kaso Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Sudirman Sudirman Institut Agama Islam Negeri Palopo
Keywords: kepemimpinan, madrasah aliyah, kinerja guru

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dengan analisis regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21.0. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perilaku kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Luwu memiliki indeks rata-rata 31,40 dengan standar deviasi 5,315 dengan interpretasi sedang. Variabel kinerja guru memiliki indeks rata-rata 31,85 dengan standar deviasi 5,122 dengan interpretasi sedang. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihitung adalah 0,042 < dari probabilitas yang telah ditentukan sebesar 0,05 sehingga Ho (tidak ada pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kinerja guru) ditolak yang berarti Ha (ada pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kinerja guru) diterima. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,210. Artinya, 0,210 kontribusi variabel kepemimpinan mempengaruhi variabel kinerja mengajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi model dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Airlangga, S. P. (2019). Hakikat Penguasa dalam Negara Hukum Demokratis. Cepalo, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.25041/cepalo.v3no1.1783 DOI: https://doi.org/10.25041/cepalo.v3no1.1783

Bao, B. B. B. (2013). KUATNYA KEKUASAAN ONDOAFI DI TENGAH MASYARAKAT URBAN (Studi Tentang Kekuasaan Ondoafi di Kota Jayapura Papua). Politika: Jurnal Ilmu Politik, 1(2), 46–58. https://doi.org/10.14710/politika.1.2.2010.46-58

Ismanti, K. (2017). Pengaruh Faktor Pendidikan, Konsumsi Protein, Konsumsi Kalori, dan Upah terhadap Indeks Pembangunan Manusia Bangsa Indonesia. Sosio e-Kons, 9(1), 25–35. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i1.1685 DOI: https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i1.1685

Manik, R. (2019). Implementasi Pemberian Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Etos Kerja Guru. Jurnal Masalah Pastoral, 7(XX), 16–16.

Mirza, D. S. (2012). PENGARUH KEMISKINAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN BELANJA MODAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2009. Economics Development Analysis Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/edaj.v1i2.474

Novita, A. (2019). PERAN BUDAYA SEKOLAH ALAM BANYU BELIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL KOLOKIUM 2019. http://digital.library.ump.ac.id/795/

Ratnasari, G. T., Wibisono, S., & Hanim, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Wilayah Eks Karesidenan Besuki. Jurnal Ekuilibrium, 3(2), 1–14.

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 257–273. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77 DOI: https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77

Suradisastra, K. (2016). Strategi Pemberdayaan Kelembagaan Petani. 2580-2674. https://doi.org/10.21082/fae.v26n2.2008.82-91 DOI: https://doi.org/10.21082/fae.v26n2.2008.82-91

Utami, F. P. (2020). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kemiskinan, Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh. Jurnal Samudra Ekonomika, 4(2), 101–113. https://doi.org/10.33059/jse.v4i2.2303 DOI: https://doi.org/10.20527/jiep.v4i2.4387

Zakiah, Z., Saleh, A., & Matindas, K. (2017). Gaya Kepemimpinan dan Perilaku Komunikasi GPPT dengan Kapasitas Kelembagaan Sekolah Peternakan Rakyat di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Penyuluhan, 13(2), 133–142. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v13i2.14977 DOI: https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v13i2.14977

Published
15-12-2021
How to Cite
Kaso, N., & Sudirman, S. (2021). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 749-766. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1517
Section
Regular Articles