Pengaruh Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Mengajar Guru di Madrasah Aliyah Negeri
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dengan analisis regresi linier sederhana. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 21.0. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perilaku kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Luwu memiliki indeks rata-rata 31,40 dengan standar deviasi 5,315 dengan interpretasi sedang. Variabel kinerja guru memiliki indeks rata-rata 31,85 dengan standar deviasi 5,122 dengan interpretasi sedang. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang dihitung adalah 0,042 < dari probabilitas yang telah ditentukan sebesar 0,05 sehingga Ho (tidak ada pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kinerja guru) ditolak yang berarti Ha (ada pengaruh perilaku kepemimpinan terhadap kinerja guru) diterima. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,210. Artinya, 0,210 kontribusi variabel kepemimpinan mempengaruhi variabel kinerja mengajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi model dalam penelitian ini.
Downloads
References
Airlangga, S. P. (2019). Hakikat Penguasa dalam Negara Hukum Demokratis. Cepalo, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.25041/cepalo.v3no1.1783 DOI: https://doi.org/10.25041/cepalo.v3no1.1783
Bao, B. B. B. (2013). KUATNYA KEKUASAAN ONDOAFI DI TENGAH MASYARAKAT URBAN (Studi Tentang Kekuasaan Ondoafi di Kota Jayapura Papua). Politika: Jurnal Ilmu Politik, 1(2), 46–58. https://doi.org/10.14710/politika.1.2.2010.46-58
Ismanti, K. (2017). Pengaruh Faktor Pendidikan, Konsumsi Protein, Konsumsi Kalori, dan Upah terhadap Indeks Pembangunan Manusia Bangsa Indonesia. Sosio e-Kons, 9(1), 25–35. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i1.1685 DOI: https://doi.org/10.30998/sosioekons.v9i1.1685
Manik, R. (2019). Implementasi Pemberian Reward dan Punishment Untuk Meningkatkan Etos Kerja Guru. Jurnal Masalah Pastoral, 7(XX), 16–16.
Mirza, D. S. (2012). PENGARUH KEMISKINAN, PERTUMBUHAN EKONOMI, DAN BELANJA MODAL TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI JAWA TENGAH TAHUN 2006-2009. Economics Development Analysis Journal, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/edaj.v1i2.474
Novita, A. (2019). PERAN BUDAYA SEKOLAH ALAM BANYU BELIK DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL KOLOKIUM 2019. http://digital.library.ump.ac.id/795/
Ratnasari, G. T., Wibisono, S., & Hanim, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Wilayah Eks Karesidenan Besuki. Jurnal Ekuilibrium, 3(2), 1–14.
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 257–273. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77 DOI: https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.77
Suradisastra, K. (2016). Strategi Pemberdayaan Kelembagaan Petani. 2580-2674. https://doi.org/10.21082/fae.v26n2.2008.82-91 DOI: https://doi.org/10.21082/fae.v26n2.2008.82-91
Utami, F. P. (2020). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Kemiskinan, Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Aceh. Jurnal Samudra Ekonomika, 4(2), 101–113. https://doi.org/10.33059/jse.v4i2.2303 DOI: https://doi.org/10.20527/jiep.v4i2.4387
Zakiah, Z., Saleh, A., & Matindas, K. (2017). Gaya Kepemimpinan dan Perilaku Komunikasi GPPT dengan Kapasitas Kelembagaan Sekolah Peternakan Rakyat di Kabupaten Muara Enim. Jurnal Penyuluhan, 13(2), 133–142. https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v13i2.14977 DOI: https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v13i2.14977
Copyright (c) 2021 Nurdin Kaso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.