Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar Kelas V Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Atika Nur Rohmah Universitas Muria Kudus
  • Eka Zuliana Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6243

Keywords:

Pembelajaran PPKn, Model Pembelajaran, Make a Match, Kartu Bergambar, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi penelitian ini adalah Pemenuhan nilai KKM yang hanya 55% nilai siswa kelas V serta terdapat kejenuhan dan ketidak tertarikan siswa dalam pembelajaran khususnya pada muatan pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan kartu bergambar dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) pada materi gotong royong di kelas V MI An-Nashriyah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis dan mendalam fenomena yang terjadi tanpa menggunakan angka/statistic dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V MI An-Nashriyah berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi pada materi gotong royong, wawancara beberapa siswa kelas V, dan dokumentasi saat penerapan model Make a Match. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match mampu meningkatkan partisipasi aktif siswa, membangun kerja sama, serta memperkuat pemahaman konsep gotong royong. Penggunaan kartu bergambar membantu siswa dalam mengaitkan materi dengan situasi nyata secara visual, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermakna. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa model Make a Match berbantuan kartu bergambar efektif diterapkan dalam pembelajaran PPKn untuk menanamkan nilai-nilai gotong royong pada siswa sekolah dasar. Penggunaan model Make a Match direkomendasikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan di sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriliyani, P. A., Dantes, N., & Jayanta, I. N. L. (2020). pembelajaran IPA dengan model make a match berbasis lingkungan meningkatkan hasil belajar siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 181-191. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.25035

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321-334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Hasanah, A., Indrawadi, J., & Montessori, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Daerah Tertinggal. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 69-77. https://doi.org/10.24036/8851412412020223

Hasni, P., & Amelia, C. (2024). The Effect of Make A Match Cooperative Learning Model on Mathematics Problem Solving Ability in Elementary School. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 1070-1083. https://doi.org/10.51276/edu.v5i2.948

Juliani, A., Mustadi, A., & Lisnawati, I. (2021). “Make A Match Model” for Improving the Understanding of Concepts and Student Learning Results. Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE), 3(1), 48-56. https://doi.org/10.23917/ijolae.v3i1.10269

Harefa, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Pembelajaran Kooperatif Make A Match Pada Aplikasi Jarak Dan Perpindahan. Geography: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 01-18. https://doi.org/10.31764/geography.v8i1.2253

Kusumaningtyas, D. A., & Mirtasari, S. (2024). Enhancing Elementary Students' Learning Interest in Science with the'Make-a-Match'Cooperative Learning Model. International Journal of Learning Reformation in Elementary Education, 3(02), 80-89. https://doi.org/10.56741/ijlree.v3i02.552

Lestari, S. D., & Riswari, L. A. (2023). Penerapan Model Make a Match dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Boloagung 02. As-Sabiqun, 5(2), 592-603. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i2.3125

Gosachi, I. M. A., & Japa, I. G. N. (2020). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 152-163. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25260

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Putri, E. N. D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 449634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.405

Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis minat siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran ipa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13087

Rosidha, A. (2020). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi melalui model pembelajaran make and match berbasis media karu pintar. Jurnal Paedagogy, 7(4), 393-401. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2946

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah: Jurnal kajian ilmu-ilmu keislaman, 3(2), 333-352. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Sutrisno, T. (2024). The Use Of The Cooperative Learning Model Make A Match To Improve Mathematics Learning Outcomes. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 6(1), 116-128. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v6i1.15505

Uki, N. M., & Liunokas, A. B. (2021). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Basicedu, 5(6), 5542-5547. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1363

Asmaroini, A. P. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran PPKn di MTsN 3 Ponorogo. Integralistik, 31(1), 41-50. https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.22067

Ulnatifah, R., Anjarini, T., & Khaq, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Word Wall Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Materi Pancasila Dalam Kehidupanku Kelas V SD Negeri Jono. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2183-2192. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13012

Ni’mah, A. U., Rondli, W. S., & Kironoratri, L. (2025). Efektivitas Media Permainan Engklek Riang Gotong Royong (Eyang Eyong) terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas V SD 3 Menawan. Jurnal Simki Pedagogia, 8(2), 502-512. https://doi.org/10.29407/jsp.v8i2.1167

Lubis, M. A., Dalimunthe, H., & Azizan, N. (2022). Model-Model Pembelajaran PPKn di SD/MI Teori dan Implementasinya untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila. Samudra Biru.

Rachmawati, A. D. A., Setiawan, D., & Kuryanto, M. S. (2025). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i3.13186

Published

2025-06-30

How to Cite

Rohmah, A. N., & Zuliana, E. (2025). Pembelajaran PPKn Materi Gotong Royong dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar Kelas V Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 790–800. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6243

Similar Articles

<< < 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.