Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi LASERA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Devi Oktavia Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5517

Keywords:

Efektivitas, Model Discovery Learning, Aplikasi LASERA, Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran konvensional menjadikan siswa tidak dapat aktif dalam mengeksplorasi pengetahuan dan pengalaman belajarnya, sehingga menjadikan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 3 Mayonglor pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model discovery learning berbantuan aplikasi LASERA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini berjumlah 27 siswa. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik smapling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawacara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil uji normalitas pretest diperoleh nilai signifikansi 0,164 > 0,05 dan posttest 0,108 > 0,05 maka H0 diterima H1 ditolak yang menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan hasil uji N-Gain diperoleh skor 0,6911 dengan kategori sedang atau 69,11% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan aplikasi LASERA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar; (2) model discovery learning berbantuan aplikasi LASERA cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, F. (2024). Literature Review: Aplikasi Wordwall Berbasis Gamifikasi Sebagai Evaluasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 73–81. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/inventa.8.2.a9595

Amaliyah, F. (2025). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru di SDN 2 Nalumsari. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3270

Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482–5490. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9967

Amaliyah, F., Husna, A. A., & Ningsih, L. R. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif BARUBA Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11387-11392. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5963

Diana, E. R., & Anugraheni, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 612–621. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7095139

Dini, D. A. N. E., & Hasanah, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1262-1270. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10547

Dwijayanti, I. A. W., Nurhasanah, & Handika, I. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 11 Cakranegara Ida. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(2), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v4i2.3110

Ermawati, D., & Amalia, N. (2023). The Effect Of Mat Joyo Application On Students’understanding Of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 9(1), 12-22. https://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v9i1.19523

Ermawati, D., Hilyana, F. S., & Riswari, L. A. (2024). The Development of STEM-Based DIGASS Application to Improve College Student Assessment Skills. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 8(1), 134–144. https://doi.org/10.22437/irje.v8i1.31074

Ermawati, D., Nur Anisa, R., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(2), 82–92. https://doi.org/https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i2.356

Ermawati, D., Zahro, I. P., Anika, R. R., Hindriana, P. T., & Zulfia, S. K. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Kelas IV Sd Gempolsongo. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 228–236. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.228-236

Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318

Hikmah, N., Nuriman, N., & Mahmudi, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis iSpring Suite Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 155–162. https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p155-162

Intani, A. H., Febriyanti, R., & Prafianti, R. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Materi Persamaan Lingkaran. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.47650/elips.v5i2.1185

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69

Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6334-6343. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15351

Kase, E. B. S., Tukan, A. I. N., & Kefi, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Diidk Kelas V SD Katolik Canossa Kupang. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 571–576. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jih.v12i2.3004

Mira, Sabilah, A., Farhan, A., Wahyudi, S., & Lubis, A. (2022). Penerapan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 5(1), 41–44. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6469

Palinussa, A. L., Lakusa, J. S., & Moma, L. (2023). Comparison of Problem-Based Learning and Discovery Learning To Improve Students’ Mathematical Critical Thinking Skills. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 13(1), 109–122. https://doi.org/10.30998/formatif.v13i1.15205

Pratama, A. R., Aprison, W., Wati, S., M, I., & Irsyad, W. (2024). Pengaruh Mind Mapping Terhadap Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 158–170. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14287

Rahmawati, S., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 7(6), 3450–3456. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6332

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925

Saputri, A. N., Roulia, A. R., & Zuliani, R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V SDN Karet 2 Kabupaten Tangerang. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 58–70. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.266

Sayangan, Y. V., Una, L. M. W., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1829

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suryaningrum, G. D., & Mawardi. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 222–230. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i3.p222-230

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066

Wafiqni, N., Huda, A. N., Edwita, E., M S, Z., & Yarmi, G. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar (MI/SD). Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1558–1566. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3054

Published

2025-03-26

How to Cite

Oktavia, D., Ermawati, D., & Amaliyah, F. (2025). Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi LASERA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 287–300. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5517

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.