Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi LASERA terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5517Keywords:
Efektivitas, Model Discovery Learning, Aplikasi LASERA, Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa Sekolah DasarAbstract
Pembelajaran matematika dengan metode pembelajaran konvensional menjadikan siswa tidak dapat aktif dalam mengeksplorasi pengetahuan dan pengalaman belajarnya, sehingga menjadikan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Latar belakang dari penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 3 Mayonglor pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model discovery learning berbantuan aplikasi LASERA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi pada penelitian ini berjumlah 27 siswa. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik smapling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawacara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji paired sample t-test, dan uji N-Gain. Hasil uji normalitas pretest diperoleh nilai signifikansi 0,164 > 0,05 dan posttest 0,108 > 0,05 maka H0 diterima H1 ditolak yang menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan hasil uji N-Gain diperoleh skor 0,6911 dengan kategori sedang atau 69,11% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan aplikasi LASERA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar; (2) model discovery learning berbantuan aplikasi LASERA cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Downloads
References
Amaliyah, F. (2024). Literature Review: Aplikasi Wordwall Berbasis Gamifikasi Sebagai Evaluasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 73–81. https://doi.org/https://doi.org/10.36456/inventa.8.2.a9595
Amaliyah, F. (2025). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru di SDN 2 Nalumsari. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1). https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3270
Amaliyah, F., Hermawan, J. S., & Sari, D. P. (2023). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5482–5490. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9967
Amaliyah, F., Husna, A. A., & Ningsih, L. R. (2024). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif BARUBA Berbasis Aplikasi Android terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(10), 11387-11392. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i10.5963
Diana, E. R., & Anugraheni, I. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 612–621. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7095139
Dini, D. A. N. E., & Hasanah, D. (2023). Penerapan Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Ipa Siswa Kelas V. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1262-1270. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10547
Dwijayanti, I. A. W., Nurhasanah, & Handika, I. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 11 Cakranegara Ida. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 4(2), 49–56. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v4i2.3110
Ermawati, D., & Amalia, N. (2023). The Effect Of Mat Joyo Application On Students’understanding Of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 9(1), 12-22. https://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v9i1.19523
Ermawati, D., Hilyana, F. S., & Riswari, L. A. (2024). The Development of STEM-Based DIGASS Application to Improve College Student Assessment Skills. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 8(1), 134–144. https://doi.org/10.22437/irje.v8i1.31074
Ermawati, D., Nur Anisa, R., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa) : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(2), 82–92. https://doi.org/https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i2.356
Ermawati, D., Zahro, I. P., Anika, R. R., Hindriana, P. T., & Zulfia, S. K. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Kelas IV Sd Gempolsongo. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 228–236. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.2.228-236
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.318
Hikmah, N., Nuriman, N., & Mahmudi, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis iSpring Suite Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 155–162. https://doi.org/10.26740/eds.v7n2.p155-162
Intani, A. H., Febriyanti, R., & Prafianti, R. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Materi Persamaan Lingkaran. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.47650/elips.v5i2.1185
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.69
Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 6334-6343. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15351
Kase, E. B. S., Tukan, A. I. N., & Kefi, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Diidk Kelas V SD Katolik Canossa Kupang. Jurnal Ilmiah Hospitality, 12(2), 571–576. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jih.v12i2.3004
Mira, Sabilah, A., Farhan, A., Wahyudi, S., & Lubis, A. (2022). Penerapan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 5(1), 41–44. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.6469
Palinussa, A. L., Lakusa, J. S., & Moma, L. (2023). Comparison of Problem-Based Learning and Discovery Learning To Improve Students’ Mathematical Critical Thinking Skills. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 13(1), 109–122. https://doi.org/10.30998/formatif.v13i1.15205
Pratama, A. R., Aprison, W., Wati, S., M, I., & Irsyad, W. (2024). Pengaruh Mind Mapping Terhadap Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 10(1), 158–170. https://doi.org/10.31602/jbkr.v10i1.14287
Rahmawati, S., & Airlanda, G. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Basicedu, 7(6), 3450–3456. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6332
Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.925
Saputri, A. N., Roulia, A. R., & Zuliani, R. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas V SDN Karet 2 Kabupaten Tangerang. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 58–70. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.266
Sayangan, Y. V., Una, L. M. W., & Beku, V. Y. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 757–766. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1829
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suryaningrum, G. D., & Mawardi. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(3), 222–230. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i3.p222-230
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Wafiqni, N., Huda, A. N., Edwita, E., M S, Z., & Yarmi, G. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar (MI/SD). Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1558–1566. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3054
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.