Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SDN Mangasa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Interaktif Wordwall

Authors

  • St Aisyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syahrani Ratul Ramadhani Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Yokmeam Tiranda Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hadisaputra Hadisaputra Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarifuddin Syarifuddin UPT SPF SDN Mangasa

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4775

Keywords:

Meningkatkan, Keaktifan Belajar, Bahasa Indonesia, Media Interaktif, Wordwall

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini yakni rendahnya keaktifan siswa, terlihat dari minimnya partisipasi dalam bertanya, menjawab soal, dan menyelesaikan tugas, serta kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan pemanfaatan media interaktif. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui media interaktif Wordwall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di UPT SPF SDN Mangasa. Indikator tercapainya keberhasilan dari penelitian ini adalah tercapainya persentase keaktifan belajar siswa minimal sebesar 70%. Metode penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan pada siklus I dengan hasil skor 60,28% sedangkan siklus II dengan hasil skor 76,52%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkan media Wordwall mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

St Aisyah, Universitas Muhammadiyah Makassar

Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahung 2024 program studi PGSD

References

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis penggunaan aplikasi wordwall pada pembelajaran ipa kelas iv di sdn ciracas 05 pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133

Aini, A. N., & Rulviana, V. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1038-1049. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7984

Ardiansyah, Risnita, Jailani M Syahran. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Islam. (1). (2), 2987-1298. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212

Deprizon, D. (2021). Pengembangan Pembelajaran Hifzhil-Qur’an Dengan Penilaian Autentik Sebagai Penggerak Karakteristik Siswa di Lembaga Pendidikan Formal. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(1), 22-35. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v10i1.270

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Harahap, N., Sakban, S., Deprizon, D., Wismanto, W., Fithri, R., & Salman, S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di SDIT Muhammadiyah 01 Kotapinang. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 158-168. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1031

Maghfirah, S., & Sulaiman, S. (2022). Pengaruh Platform Wordwall Berbasis Website dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. AS-SABIQUN, 4(5), 1481-1498. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2281

Misliyanti, W., & Hajar, A. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 449-456. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.822

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Pangastuti, D. R., & Malawi, I. (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 417-427. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.3655

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Pinta, A. R., Karim, H. A., & Trisna, L. (2024). Implementasi Penggunaan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di SMPN 3 Kecamatan Guguak. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 126-134. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.983

Pramesti, A. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 489-499. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.316

Putri, F. D. D. K., & Agustini, F. (2024). Implementasi Wordwall: Inovasi Menyenangkan untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 5238-5250. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10633

Rengganis, M., & Subekti, E. E. (2024). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Peterongan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 274-281. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22448

Salma, A., Pratani, V. P., Syabani, M. A., Ekawati, R., & Mardiana, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Media Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3814-3823. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13988

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Wijaya, H., & Haryanto, E. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Aplikasi Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dikelas 2 di SD Negeri 28/IV Kota Jambi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3801-3815. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13985

Yuliati, N. W., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Surojoyo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2573-2585. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11870

Published

2024-11-26

How to Cite

Aisyah, S., Ramadhani, S. R., Tiranda, Y., Hadisaputra, H., & Syarifuddin, S. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SDN Mangasa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Interaktif Wordwall. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 553–563. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4775

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.