Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SDN Mangasa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Interaktif Wordwall
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4775Keywords:
Meningkatkan, Keaktifan Belajar, Bahasa Indonesia, Media Interaktif, WordwallAbstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini yakni rendahnya keaktifan siswa, terlihat dari minimnya partisipasi dalam bertanya, menjawab soal, dan menyelesaikan tugas, serta kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan pemanfaatan media interaktif. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui media interaktif Wordwall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di UPT SPF SDN Mangasa. Indikator tercapainya keberhasilan dari penelitian ini adalah tercapainya persentase keaktifan belajar siswa minimal sebesar 70%. Metode penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan pada siklus I dengan hasil skor 60,28% sedangkan siklus II dengan hasil skor 76,52%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkan media Wordwall mengalami peningkatan.
Downloads
References
Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis penggunaan aplikasi wordwall pada pembelajaran ipa kelas iv di sdn ciracas 05 pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v11i2.14133
Aini, A. N., & Rulviana, V. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep IPS Siswa Melalui Media Game Interaktif Wordwall. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1038-1049. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7984
Ardiansyah, Risnita, Jailani M Syahran. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Islam. (1). (2), 2987-1298. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 1-16. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v1i1.24212
Deprizon, D. (2021). Pengembangan Pembelajaran Hifzhil-Qur’an Dengan Penilaian Autentik Sebagai Penggerak Karakteristik Siswa di Lembaga Pendidikan Formal. Kreatifitas Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 10(1), 22-35. https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v10i1.270
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh aplikasi wordwall terhadap Motivasi belajar IPA siswa di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689-3696. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079
Harahap, N., Sakban, S., Deprizon, D., Wismanto, W., Fithri, R., & Salman, S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di SDIT Muhammadiyah 01 Kotapinang. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 158-168. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1031
Maghfirah, S., & Sulaiman, S. (2022). Pengaruh Platform Wordwall Berbasis Website dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. AS-SABIQUN, 4(5), 1481-1498. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2281
Misliyanti, W., & Hajar, A. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Media Pembelajaran Wordwall Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 449-456. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v5i3.822
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880
Pangastuti, D. R., & Malawi, I. (2024). Peningkatan Keaktifan Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Wordwall Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 417-427. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.3655
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap motivasi belajar IPS kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831-7839. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Pinta, A. R., Karim, H. A., & Trisna, L. (2024). Implementasi Penggunaan Media Wordwall Pada Mata Pelajaran Pai Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa di SMPN 3 Kecamatan Guguak. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(1), 126-134. https://doi.org/10.59059/tarim.v5i1.983
Pramesti, A. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 489-499. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.316
Putri, F. D. D. K., & Agustini, F. (2024). Implementasi Wordwall: Inovasi Menyenangkan untuk Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 5238-5250. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.10633
Rengganis, M., & Subekti, E. E. (2024). Peningkatan keaktifan belajar peserta didik melalui media pembelajaran wordwall pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Peterongan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(2), 274-281. https://doi.org/10.22460/collase.v7i2.22448
Salma, A., Pratani, V. P., Syabani, M. A., Ekawati, R., & Mardiana, A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Media Interaktif Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3814-3823. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13988
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112
Wijaya, H., & Haryanto, E. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Aplikasi Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dikelas 2 di SD Negeri 28/IV Kota Jambi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3801-3815. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13985
Yuliati, N. W., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Surojoyo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2573-2585. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11870
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.