Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Penggunaan Media Power Point di Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4700Keywords:
Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Media PowerpointAbstract
Cara penyampaian materi yang dilakukan guru terkadang masih menggunakan metode ceramah, yang menjadikan peserta didik kurang semangat untuk berpartisipasi di kegiatan belajar mengajar. Oleh karenanya, penggunaan media powerpoint juga krusial diterapkan oleh guru karena memiliki potensi bisa mendorong siswa meningkat hasil belajarnya serta keaktifannya di kelas. Penelitian ini bertujuan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media powerpoint di Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde. Adapun yang dijadikan subjeknya ialah siswa kelas IV sebanyak 18 orang dengan 14 di antaranya siswi dan 4 lainnya siswa. Metode penelitiannya mempergunakan penelitian tindakan kelas yang mencakup 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dan tahapan tersebut diulangi dalam 2 siklus. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa di siklus 1 nilai rata-rata peserta didik ialah 72,77 sedangkan di siklus 2 naik hingga mencapai nilai 83,88. Kemudian jumlah ketuntasan peserta didik juga meningkat, yaitu di siklus 1 61,11% sementara di siklus 2 naik mencapai 88,88 %. Oleh karenanya, bisa diambil simpulan melalui diterapkannya media pembelajaran berbasis powerpoint ini bisa mendorong peningkatan hasil belajar siswa untuk mapel Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Adirasa, H. P. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Penerapannya. Jawa Barat : CV Adanu Abimata
Aditya, N., Ramadani, I., Nabillah, W., & Nasution, A. R. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 14-20. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.42
Amsari, D., Umar, F. I. T., Santi, N., & Nasution, P. S. (2022). Pengembangan Media Berbasis PowerPoint dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 5039-5049. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2978
Bay, R. R., Algiranto, A., & Yampap, U. (2021). Penggunaan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 125-133. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5215
Beny, R. P. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di SDN Cimpon Kelas II Tahun 2021/2022. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.1131
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43-48. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939
Insya, M. N. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. JurnalPesona Dasar https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7529
Kamil, P. M. (2018). Perbedaan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia dengan menggunakan media power point dan media torso. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 64-68. https://doi.org/10.34289/277901
Lutfi, A. A. (2023). Penggunaan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Supriyadi Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2052-2061
Metalin, A. M. I. P. A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan media pembelajaran Powerpoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49-54.
Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Nira, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207
Nurmalasari, R. (2022). Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 120-126. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.51
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52
Nursyaida, N., & Hardiyanti, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 128 Turungan Beru Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. JRPD Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 71-76. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3092
Parnabhakti, L. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8-12. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459
Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Sri, A. (2020). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran TIK Kelas VII Di SMP Negeri 1 Gurah. SEEDs
Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118-123. https://doi.org/10.37301/jcp.v0i0.44
Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan media presentasi classpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1-9.
Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Gedongtataan Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 109-113. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2287
Yudi, B. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.