Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Penggunaan Media Power Point di Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde

Authors

  • Nurmila Auliya Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4700

Keywords:

Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Media Powerpoint

Abstract

Cara penyampaian materi yang dilakukan guru terkadang masih menggunakan metode ceramah, yang menjadikan peserta didik kurang semangat untuk berpartisipasi di kegiatan belajar mengajar. Oleh karenanya, penggunaan media powerpoint juga krusial diterapkan oleh guru karena memiliki potensi bisa mendorong siswa meningkat hasil belajarnya serta keaktifannya di kelas. Penelitian ini bertujuan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media powerpoint di Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde. Adapun yang dijadikan subjeknya ialah siswa kelas IV sebanyak 18 orang dengan 14 di antaranya siswi dan 4 lainnya siswa. Metode penelitiannya mempergunakan penelitian tindakan kelas yang mencakup 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dan tahapan tersebut diulangi dalam 2 siklus. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa di siklus 1 nilai rata-rata peserta didik ialah 72,77 sedangkan di siklus 2 naik hingga mencapai nilai 83,88. Kemudian jumlah ketuntasan peserta didik juga meningkat, yaitu di siklus 1 61,11% sementara di siklus 2 naik mencapai 88,88 %. Oleh karenanya, bisa diambil simpulan melalui diterapkannya media pembelajaran berbasis powerpoint ini bisa mendorong peningkatan hasil belajar siswa untuk mapel Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adirasa, H. P. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Penerapannya. Jawa Barat : CV Adanu Abimata

Aditya, N., Ramadani, I., Nabillah, W., & Nasution, A. R. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 14-20. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.42

Amsari, D., Umar, F. I. T., Santi, N., & Nasution, P. S. (2022). Pengembangan Media Berbasis PowerPoint dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 5039-5049. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2978

Bay, R. R., Algiranto, A., & Yampap, U. (2021). Penggunaan Media Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 125-133. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.5215

Beny, R. P. (2022). Penggunaan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Di SDN Cimpon Kelas II Tahun 2021/2022. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. https://doi.org/10.37081/jipdas.v2i3.1131

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah?. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43-48. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Insya, M. N. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. JurnalPesona Dasar https://jurnal.usk.ac.id/PEAR/article/view/7529

Kamil, P. M. (2018). Perbedaan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia dengan menggunakan media power point dan media torso. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 3(2), 64-68. https://doi.org/10.34289/277901

Lutfi, A. A. (2023). Penggunaan Media Powerpoint dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Supriyadi Semarang. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2052-2061

Metalin, A. M. I. P. A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan media pembelajaran Powerpoint interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49-54.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Nira, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan https://doi.org/10.21831/tp.v2i1.5207

Nurmalasari, R. (2022). Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019/2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 120-126. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.51

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187. https://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Nursyaida, N., & Hardiyanti, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Ips Kelas V Sd 128 Turungan Beru Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. JRPD Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 71-76. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3092

Parnabhakti, L. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint melalui Google Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 8-12. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.459

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Sri, A. (2020). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dan Power Point Dalam Mata Pelajaran TIK Kelas VII Di SMP Negeri 1 Gurah. SEEDs

Sugiyarto, U. S., Wulandari, Y., & Casworo, A. (2020). Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118-123. https://doi.org/10.37301/jcp.v0i0.44

Sundari, D. H., Iskandar, I., & Muhlis, M. (2021). Penerapan media presentasi classpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 1-9.

Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Gedongtataan Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 3(2), 109-113. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v3i2.2287

Yudi, B. (2023). Penggunaan Media Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1

Published

2024-11-12

How to Cite

Auliya, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia melalui Penggunaan Media Power Point di Kelas IV UPTD SPF SD Negeri 64 Medde. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 430–439. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4700

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.