Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP

Authors

  • Bella Prisilia Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nur Fadhilah Rukmana Hasyim Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ummu Khaltsum Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4616

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pembelajaran IPA, PTK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Negeri Kompleks IKIP yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data ada 2 yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Negeri Kompleks IKIP. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada siklus I memperoleh nilai dengan persentase yaitu 48% atau sebanyak 10 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 52% atau 11 siswa, pada akhir siklus II diperoleh nilai dengan persentase 76% sebanyak 16 siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 24% atau sebanyak 5 siswa. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatkan sebesar 24%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisah, S. (2020). Analisis pemahaman guru tentang konsep hakikat IPA dan pengaruhnya terhadap sikap ilmiah siswa. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 3(1), 16-26. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.66

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32. https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32

Astuti, E. D., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning bagi Siswa Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 267-271. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.236

Cahyani, H. D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Peningkatan sikap kedisiplinan dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919-927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 334-341. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.58

Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16-22. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354

Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Husnidar, H., & Hayati, R. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 67-72. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Indriani, L. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 1(1), 15-22. https://doi.org/10.56916/jipi.v1i1.116

Maulani, B. I. G., Hardiana, H., & Jamaluddin, J. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 7 Mataram Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2632-2637. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1728

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335

Muhsam, J., & Muh, A. S. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 11-17. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.713

Noviati, W. (2023). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA di SD. Jurnal Kependidikan, 7(2), 19-27.

Nuarta, I. N. (2020). Meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(2), 283-293. https://doi.org/10.5281/zenodo.4006057

Nurrohma, R. I., & Adistana, G. A. Y. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media E-Learning Melalui Aplikasi Edmodo pada Mekanika Teknik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1199-1209. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.544

Priyanti, N. M. I., & Nurhayati, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 96-101. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2698

Rahmat, E. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 144-159. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12955

SANTOSA, A. W., AMELIA, M. A., & SARWI, M. (2022). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) kelas V SD Negeri Sudimoro 2 tahun ajaran 2021/2022. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 234-239. https://doi.org/10.51878/teaching.v2i2.1345

Sriwati, I. G. A. P. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 302-313. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244635

Surya, Y. F. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.7

Widayanti, R., & Nur'aini, K. D. (2020). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan aktivitas siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12-23. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Published

2024-10-25

How to Cite

Prisilia, B., Hasyim, N. F. R., & Khaltsum, U. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 339–349. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4616

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.