Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Komposisi Fungsi Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar

Authors

  • Fitriani A. Fitri Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.314

Keywords:

Fungsi Komposisi, Kesalahan Konsep, Kesalahan Prosedural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan dalam menyelesaikan soal fungsi komposisi oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan memberikan 2 jenis soal kepada 43 Mahasiswa. Hasil jawaban mahasiswa kemudian dianalisis dan dikelompokkan ke dalam kelasahan konsep dan kelasahan prosedural. Kesalahan konsep seperti penentuan fungsi f (x) dari fungsi komposisi yang f(x) dan f o g (x) sudah diketahui, dan miskonsepsi terhadap fungsi komposisi f o g (x) = g o f (x). Sedangkan kesalahan prosedural seperti kesalahan dalam melakukan perhitungan atau komputasi, dan kesalahan dalam melakukan operasi aljabar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Athoillah, M. W., Dafik, D., & Hobri, H. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Missouri Mathematics Project (MMP) Berbantuan Media Pembelajaran E-Learning Moodle pada Pokok Bahasan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas XI IPS Semester Genap Tahun Ajaran2012/2013. KadikmA, 4(3).

Baharuddin, M. R., Fitriani, A., & Jumarniati, J. (2017). Efektivitas Pendekatan Problem Posing Setting Kooperatif Terhadap Kemampuan Literasi Matematis. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Fitriani A. (2018). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Palopo: UNCP. Pedagogy Jurnal Pendidikan Matematika.

Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series, 1(1), 202-208. https://doi.org/10.30605/iconss.22

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Pemenuhan Hak Belajar Siswa Melalui PKM Lesson Study. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 522-534. https://doi.org/10.31764/jces.v3i3.2445 DOI: https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.413

Hanafi, MA. 2017. Deskripsi Kesulitan Belajar Geometri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP. Palopo: UNCP. Prosiding Seminar Nasional UNCP.

Purwati. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Pecahan Kelas VIII SMP 19 Manokwari. Papua: Universitas Papua. Prosiding Seminar Nasional UNCP.

Tombokan, J. Runtukahu dan S. Kandou. 2014. Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2020-10-27

How to Cite

Fitri, F. A. (2020). Identifikasi Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Komposisi Fungsi Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 87–95. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.314