PERSEPSI DOSEN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO TERHADAP PEMBELAJARAN DARING

  • khaerati
  • Eva sohriati
  • Nur muhajirah Yunus
Keywords: Persepsi dosen, Pembelajaran daring

Abstract

Salah satu upaya pencegahan sebaran Covid-19 di lingkungan pendidikan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, merespon dengan kebijakan “belajar dari rumah”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo terhadap pembelajaran daring. Dengan adanya himbauan tersebut, maka proses pembelajaran di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Cokroaminoto Palopo dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan teknologi dan media internet. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survei deskriptif. Sampel pada penelitian ini 27 dosen sebagai responden yang terdiri dari 6 bidang program studi yang ada di FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo. Pengumpulan data persepsi dosen dilakukan melalui pemberian angket (kuesioner), melalui google form kepada dosen yang telah melaksanakan pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang paling banyak digunakan oleh dosen dalam pembelajaran daring yaitu zoom meeting, pelaksanaan perkuliahan daring umumnya dilaksanakan di rumah dengan kondisi signal yang lancar, metode pembelajaran daring yang sering digunakan selama pandemi Covid-19 yaitu forum diskusi melalui aplikasi pembelajaran daring, sebagian dosen memilih kategori (sering dan selalu) dalam memberikan materi dan tugas secara sistematis serta terstruktur (melalui Google Classroom, Edmodo, dll), kendala yang dihadapi pada saat perkuliahan daring yaitu kesulitan dalam menyampaikan materi (komunikasi kurang efektif/terbatas dengan mahasiswa), keluhan mahasiswa dalam pembelajaran daring yaitu terlalu banyak tugas dan tuntutan dari dosen, serta perkuliahan daring dianggap cukup efektif oleh sebagian dosen dalam perkuliahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aderhold J, Davydov V Yu, Fedler F, Klausing H, Mistele D, Rotter T, Semchinova O, Stemmer J and Graul J 2001 J. Cryst. Growth 222 701

Argaheni, Niken B. 2020. Dampak Perkuliahan Daring saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Placentum Volume 8 (2) 2020. https://www.researchgate.net/publication/343984226_Sistematik_Review_Dampak_Perkuliahan_Daring_Saat_Pandemi_COVID19_Terhadap_Mahasiswa_Indonesia
Danin, Aqiilah. 2020. Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/download/6511/3217.
Fajrian, H. 2020. https://katadata.co.id/. Retrieved April 8, 2020, from https://katadata.co.id/berita/2020/03/15/antisipasi-corona-nadiem-makarim-dukung-kebijakanmeliburkan-sekolah
Hendra, Friana. 2020. “WHO Umumkan Corona COVID-19 Sebagai Pandemi, (12 Maret 2020).” https://tirto.id/eEvE.
Kemendikbud. 2020. “Cegah Sebaran Covid-19 Di Satuan Pendidikan, Kemendikbud Gandeng Swasta Siapkan Solusi Belajar Daring (Siaran Pers BKH Kemendikbud Nomor: 054/SIPRES/A6/ III/2020. 15 Maret 2020).
Kučírková, L. 2012. A Comparison of Study Results of Business English Students in elearning and Face-to-face courses. Journal on Efficiency and Responsibility in Education and Science, 5(3), 173–18)
Lashley, Y. G. 2014. Integrating computer technology in the teaching of Biology. International Journal Of Biology Education , 3(2).
Mahesa, E. 2020. “Coronavirus: Covid-19 Has Killed More People than SARS and MERS Combined, despite Lower Case Fatality Rate .” The BMJ 2((1)): 150–59.
Mustaji, Karwanto, Dewi, U., & Khotimah, N. 2014. Pemberdayaan Mahasiswa Untuk Berpikir Kritis, Kreatif, Dan Kolaboratif Melalui Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaborasi. . Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Surabaya .
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. 2011. E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135
Nugroho. 2012. Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Suatu tinjauan aspek persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi berprestasi guru. Varidika , 135-146.
Roberts, T. S., & McInnerney, J. M. (2007). Seven problems of online group learning (and their solutions). Educational Technology and Society. https://doi.org/10.1111/j.2151- 6952.1960.tb01699.
Rosyid, Tohari & Lismanda. 2020. Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meetings Dalam Kuliah Statistik Pendidikan Di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/download/7769/6293.
Sadikin & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Voume 6 (2) 2020. https://online-journal.unja.ac.id/biodik.
Saifuddin, M. F. (2016). E-Learning Dalam Persepsi Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan, 102-110.
Singh, G., ’donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice , 2(1).
Widiyono, Aan. 2020. Efektivitas Perkuliahan Daring (online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Volume 8 (2) 2020. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/download/458/400/.
Published
03-03-2021
How to Cite
khaerati, sohriati, E., & Yunus, N. muhajirah. (2021). PERSEPSI DOSEN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO TERHADAP PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Biogenerasi, 6(1), 37-44. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/513

Most read articles by the same author(s)