PENGEMBANGAN INSTRUMEN THREE TIER PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI KELAS XI SMA NEGERI 9 LUWU UTARA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal three tier yang valid, reliabel, praktis serta efektif pada kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan model Hannafie & Peck yang terdiri atas 3 fase yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan, (3) pengembangan dan implementasi. Hasil penelitian bahwa alat evaluasi berupa soal three tier pada materi sistem reproduksi siswa kelas XI SMA Negeri 9 Luwu Utara telah dinyatakan; (1) valid dengan nilai 87% dari instrumen soal three tier dan 83 % untuk soal three tier, (3) praktis dengan nilai dari respon guru 96% dan 92 % dari respon siswa dan observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai 88% kategori sangat praktis, (4) efektif dengan nilai siswa yang tuntas mencapai 93 % dengan kategori sangat efektif. Kategori ini menjukan bahwa instrumen soal three tier yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Akbar, S. 2013. Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Alfika. 2019. Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Palopo. Skripsi diterbitkan. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. 2009. Manajemen penelitian. Jakarta: Reneka Cipta
Arikunto, S. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reneka Cipta
Asim. 2001. Sistematika penelitian pengembangan. Malang: Lembaga Penelitian UNM.
Astutik, W. 2018. Pengembangan Instrumen Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Sma Materi Gerak Melingkar Beraturan. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Bunawan, Dkk. 2014. Pengembangan Instrumen Tes Diagnosik Pilihan Ganda Tiga Tingkat Unuk Mengakses Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika. Edusains. 6 (2).138-144
Borg, W.R. dan Gall, M.D. 1989. Educational Research. An Introduction, Fifthy Edition. New York : Longman.
Daryanto. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: rineka Cipta
Dindar 2011 development of a Three tier to Asses High School Student Understanding of Acid and Bases. Procedia Social and Behavior Sciences 15: 600-604.
Firman 2000 penilaian Hasil Belajar dalam pengajaran kimia. Jurusan pendidikan kimia FPMIPA UPI. Bandung
Guildford, J.P.1956. fundamental satistic in psychology and education. 3rd Ed new York :McGraw-hill Book Company, Inc.
Hanafi. 2017. Pengembangan Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal kajian islam. Volume 4 No. 2 Juli–Desember 2017: ISSN:2407-053X.
Hannafin, M. J., Peck, K. L., (1988). The Design, Development, And Evaluation Of Instructional Software. New York: Macmilan Publishing Company
Havis. M. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Integratif Pada Biologi Perkembangan Hewan. Disertasi . Program Pascasarjana UNP. Padang.
Kholidah, N. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Critical Thinking Skill Siswa Madrasah Tsanawiyah Pada Mata Pelajaran Matematika. Undergraduate thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Maulini. S, Kurniawan, Muliyani. R. 2016. The Three-Tier Untuk Meningkatkan Kualitas Siswa Yang Miskonsepsi Pada Konsep Gaya Pegas. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika. Volume 1 Nomor 2 September 2016 Halaman 42-44.
Nabilah, L. Y. 2019. Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test Pada Materi Pecahan Kelas Vii Smpn 24 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Nasafi, I. 2018. Pengembangan Instrumen Tes Diagnostic Pilihan Ganda Tiga Tingkat Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hukum Newton. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang:Universitas Negeri Semarang .
Nieveen, N. 1999. Prototype To Reach Product Quality. Dlm. Van den akker, J., branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plom, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher .
Nitko, A J. 1996. Educational Assessment Of Students. Second Edition . Ohio: Merril An Imprint Of Prentice Hall Englewood Cliffs.
Nopitasari. 2019. Pengembangan Instrumen Soal Berfikir Kritis Berbasis Google Form Pada Materi Usaha Dan Energi SMA Kelas X. Skripsi tidak diterbitkan. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nugraeni, D., Jamzuri & Sarwanto. 2013. Penyusunan Tes Diagnostik Fisika Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (2): 12
Pesman. 2005. Development of A Theree tier test to Asses Ninth Grade Student Misconception about simple electric sircuits. Tesis Master, tidak diterbitkan, Middle East Technical University
Purnama, S. 2013. “Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab)”. Jurnal penelitian pendidikan. Volume. IV, No. 1 Juni 2013.
Purwoko. A. 2001. Buku Panduan Pedoman PPL. Semarang: Unnes Press.
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sari, W. N. 2019. Pengembangan Instrumen Asesmen Pengetahuan Three Tier Diagnostic Test Berbasis Higher Order Thinking Skills. Tesis tidak diterbitkan. Lampung: Universitas Lampung Bandar Lampung.
Setyosari, P. 2015. Metode penelitian pendidikan dan pengembangan, Jakarta: kencana
Sudijno, A. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sudijono 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta raja Garfindo Persada
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Suparno. P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: PT Grasindo
Suryabrata, S. 2004. Metodologi penelitian. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Susanti, D., S. Waskito & Surantoro. 2014. Penyusunan Instrumen Tes Diagnostik Miskonsepsi Fisika Sma Kelas XI Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika. 2 (2) :16
Uno, H. 2010. Perencanaan pembelajaran. Jakarta: Bumi aksara.
Wulandari, F. 2013. Pengembangan Instrumen Soal Pilihan Ganda Untuk Mengidentifikasi Kesalahn Konsep Siswa Kelas V Materi Pesawat Sederhana DI MI Perwanida Kota Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Islam Maulana Malik Ibrahin Malang