Dampak Penerapan Metode Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Literasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo

Main Article Content

Nur Muhajirah Yunus
Fitrah Al Anshori
Dewi Lestari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan metode pembelajaran e-learning terhadap minat belajar dan kemampuan literasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain survey dengan menggunakan angket sebagai alat untuk memperoleh data terhadap responden. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari empat kelas Program Studi Pendidikan Biologi yaitu pada mahasiswa semester 3, 5, dan 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dari penggunaan metode pembelajaran e-learning terhadap minat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai sebesar 20,17 yang lebih besar daripada nilai  yaitu 1,98 serta  nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Selain itu pada variabel kemampuan literasi juga terdapat dampak yang positif dari penggunaan metode pembelajaran e-learning terhadap kemampuan literasi mahasiswa Program Studi PEndidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai  sebesar 5,02 yang lebih besar dari nilai sebesar 1,98 serta nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
Yunus, N. M., Al Anshori, F., & Lestari, D. (2022). Dampak Penerapan Metode Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Literasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 231 - 237. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1673
Section
Articles

References

Anggrasari, L. A. (2020). Penerapan E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital di Era New Normal. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Volume 10 (2) 248 – 256.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya Vol. 8 (2). Diakses, 12 September 2021.
Budiyanto, M., E. Sudibyo, dan A. Qosyim. (2018). Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan E-Learning untuk
Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa Vol. 3 No. 2.
Kemdikbud. (2020). Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid 19.
Lindawati, Y. I. dan Rahman, C. A. (2020). Adaptasi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Serang:Universitas Sultang Ageng Tirtayasa.
Sudiksa, I. M., D. G. H. Divayana, dan W. K. Warpala. (2020). Pengaruh E-Learning dan Lingkungan Kampus terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Vol. 10 (2). Diakses, 8 Agustus 2021.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika untuk Guru, Calon Guru,Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika.