Dampak Penerapan Metode Pembelajaran E-Learning terhadap Minat Belajar dan Kemampuan Literasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan metode pembelajaran e-learning terhadap minat belajar dan kemampuan literasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain survey dengan menggunakan angket sebagai alat untuk memperoleh data terhadap responden. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dari empat kelas Program Studi Pendidikan Biologi yaitu pada mahasiswa semester 3, 5, dan 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak positif dari penggunaan metode pembelajaran e-learning terhadap minat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai sebesar 20,17 yang lebih besar daripada nilai yaitu 1,98 serta nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Selain itu pada variabel kemampuan literasi juga terdapat dampak yang positif dari penggunaan metode pembelajaran e-learning terhadap kemampuan literasi mahasiswa Program Studi PEndidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai sebesar 5,02 yang lebih besar dari nilai sebesar 1,98 serta nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05.
Downloads
Metrics
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
References
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya Vol. 8 (2). Diakses, 12 September 2021.
Budiyanto, M., E. Sudibyo, dan A. Qosyim. (2018). Pembelajaran Fisika Dasar Menggunakan E-Learning untuk
Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa Vol. 3 No. 2.
Kemdikbud. (2020). Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid 19.
Lindawati, Y. I. dan Rahman, C. A. (2020). Adaptasi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Serang:Universitas Sultang Ageng Tirtayasa.
Sudiksa, I. M., D. G. H. Divayana, dan W. K. Warpala. (2020). Pengaruh E-Learning dan Lingkungan Kampus terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Vol. 10 (2). Diakses, 8 Agustus 2021.
Sundayana, R. (2016). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika untuk Guru, Calon Guru,Orang Tua, dan Para Pecinta Matematika.