Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Statistika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

  • Nisrina Azzahra
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Venni Herli Sundi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sugiyanti Sugiyanti SMP Labschool FIP UMJ
Keywords: Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Kooperatif, Statistika

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi statistika kelas VII SMP Labschool FIP UMJ, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif. Pada hasil obeservasi yang dilakukan di kelas VII SMP Labschool FIP UMJ, guru cenderung menyampaikan materi dengan menggunakan power point pada saat proses pembelajaran. Mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton, tidak adanya timbal balik antara guru dan peserta didik. Dalam rangka meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik diperlukan bantuan media pembelajaran atau alat peraga yang menarik. Dengan latar belakang tersebut penulis mengembangkan alat peraga berupa PASTA (Papan Statistika). Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep materi statistika pada peserta didik kelas 7.1 SMP Labschool FIP UMJ. Sehingga peserta didik dapat memahami konsep dan prinsip matematika secara visual dan konkret (dapat disentuh) pada materi statistika.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas:(PTK). Deepublish.
Eko, S. P. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Eureka Media Aksara
Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman konsep matematika siswa SMP melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe memeriksa berpasangan (Pair Checks). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1-13.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan alat peraga matematika untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Sarwahita, 11(1), 38-43.
Sari, A. P., Jamaludin, J., & Hakim, A. R. (2021). Pengembangan alat peraga" BACALA"(Bangun Datar, Pecahan, Labirin) untuk pembelajaran Matematika tingkat Sekolah Dasar. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 1-10.
Sidi, R. R., & Yunianta, T. N. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).
Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis Pada Siswa?. Journal of Instructional Mathematics, 2(1), 21-35.
Published
08-06-2024
How to Cite
Nisrina, Hadi, M. S., Sundi, V. H., & Sugiyanti, S. (2024). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Statistika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 672-679. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3734

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>