PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LERNING PADA BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD berbasis PBL, materi aritmatika tingkat XI. Eksperimen dilakukan pada Kota Tangerang Selatan di SMA Dharma Karya UT. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Dharma Karya UT Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Penelitian di ujikan pada siswa tingkat XI. Metode yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze-Design-Development-Implement-dan evaluate). Instrumen penelitin ini yaitu LKPD berbasis PBL pada barisan aritmatika dan deret aritmatika berupa soal berbasis masalah, lembar observasi, angket respon. Proses penelitian dimulai dengan analisis awal, validasi ahli, revisi, uji praktisi, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar. Hasil pengembangan LKPD menggunakan PBL untuk barisan dan deret aritmatika dengan kualitas valid, validitas seluruh butir soal tes 0,5 atau lebih, reliabilitas 0,85, tingkat kesukaran mudah atau sedang, dan baik untuk daya pembeda. Nilai rata-rata siswa mengerjakan LKPD adalah 95 (sangat baik). Kesimpulan penelitian adalah pengembangan instrument LKPD berbasis PBL pada barisan dan deret aritmatika kelas XI yang valid dan reliabel.udul ‘Abstrak’ ditulis dengan huruf berukuran 10pt, huruf tebal dalam format Title Case. Abstrak harus memuat tujuan penelitian, metode, dan hasil penelitian. Teks abstrak ditulis dengan ukuran huruf 10pt, sepanjang maksimum 150 kata dalam satu paragraf. Teks abstrak terpisah dari tulisan utama. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kata kunci ditulis di bawah teks abstrak dan dipisahkan oleh tanda titik koma. Kata kunci harus mencerminkan konsep yang dikandung artikel untuk memudahkan akses artikel yang bersangkutan dalam mesin pencari. Judul ‘kata kunci’ ditulis dengan format font size: 10pt, huruf tebal, sedangkan kata kuncinya ditulis dengan huruf miring. Isi abstrak tidak memuat equation atau simbol matematika.
Downloads
References
Ayu Puspitasari, I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Universitas Mulawarman, 2, 2022. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm
Council of Teachers of Mathematics, N. (n.d.). Principles Standards and for School Mathematics.
Hanafi, M., & Mutaqin, A. (n.d.). Media Pendidikan Matematika Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP MATARAM Pengembangan Instrumen Soal High Order Thinking Skills Matematika Berdasarkan Brookhart Konteks Motif Batik Pandeglang Pada Siswa MTs. Juni 2022, 10(1). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
Herdiansyah, A., Rahardi, R., & Irawati, S. (2023). Pengembangan LKS Beracuan Problem Based Learning untuk Mendeskripsikan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 29–43. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.1893
Inayah, A. (n.d.). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Resiliensi Matematis: Tinjauan Pustaka Sistematis. Jumlahku.
Lastasa, M., Habaridota, B. B., Kunci, K., Lkpd, :, & Merdeka Belajar, K. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar dan Aplikasi Canva fo Education Kelas SD/MI. JOTE, 4.
Lestari, I., Andinny, Y., & Indraprasta PGRI, U. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Di Tinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 297–304.
M. Yusril Ihza Djakaria. (2022, December 26). Pembelajaran Metode Problem Base Learning (PBL) di Fakultas Kedokteran dalam Menghadapi Era 5.0. Fakultas Kedokteran Universitas Gorontalo.
Masliah, L., Nirmala, S. D., & Sugilar, S. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4106
Miralda, D., & Marhaeni, N. H. (2023). Analisis Respons Peserta Didik terhadap Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Think Pair Share. 6(1).
Rasyada, R. (2023). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Matematika. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(1), 151–162. https://doi.org/10.37680/basica.v3i1.3943
Riswari, L. A., Mukti, L. I., Tamara, L. F., Ayu, M., Hapsari, P., & Cahyaningrum, D. Y. (n.d.). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan Kelas III SDN 2 Karangrejo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 188–194.
Tambunan, L. W., Manalu, P. R., Ramadhani, S., & Pangaribuan, F. (n.d.). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMA Gajah Mada Medan. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2
Wanda. (n.d.). Pengembangan Lebar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Barisan dan Deret.
William Agurto. (2024, May 11). Validitas Matriks Korelasi dan Ukuran Sampel. Statistik Nyata. https://real-statistics.com/multivariate-statistics/factor-analysis/validity-of-correlation-matrix-and-sample-size/
Copyright (c) 2024 Ririn Ristanti, Muhamad Sofian Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.