EKSPLORASI KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MAHASISWA CALON GURU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN GENDER

  • Try Nur Handayani Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Nurdin Universitas Cokroaminoto Palopo

Abstract

1 subjek laki-laki dan 1 subjek perempuan yang memiliki pemahaman matematika tinggi, sedang dan rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) kemampuan representasi matematika subjek laki-laki berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah bangun datar segitiga cenderung menggunakan representasi visual (2) kemampuan representasi matematika subjek perempuan berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan masalah bangun datar segitiga cenderung menggunakan representasi visual.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmad, A., Tarmizi, R. A., & Nawawi, M. (2010). Visual Representations in Mathematical Word Problem Solving among Form Four Students in Malacca. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 356–361.
Amaliyah, R., & Mahmud, N. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Geometri Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(2), 146–160.
Cahdriyana, R. A., Sujadi, I., & Riyadi. (2014). Representasi Matematis Siswa Kelas VII di SMP N 9 Yogyakarta dalam Membangun Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(6), 632–642.
Faradiba, R., Susiswo, S., & As’ari, A. R. (2019). Representasi Visual Dalam Menyelesaikan Masalah Pecahan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(7), 885-891.
Goldin, G. A. (2002). Representation in mathematical learning and problem solving. Handbook of international research in mathematics education, 197, 218.
Herdiman, I., Jayanti, K., Pertiwi, K. A., & Naila, R. (2018). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Kekongruenan dan Kesebangunan. Jurnal Elemen, 4(2), 216–229.
Ilyas, M., & Basir, F. (2016). Analysis Of Student’s Conceptual Understanding Of Mathematics On Set At Class VII SMP Frater Palopo. Proceedings of ICMSTEA 2016: International Conference on Mathematics, Science, Technology, Education, and Their Applications, Makassar, Indonesia, 3rd-4th October 2016, 1(1), 96–102.
Imamuddin, M. (2018). Kemampuan Spasial Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Humanisma: Journal of Gender Studies, 1(2), 38-47.
Marufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56–67.
Mulyati. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Representasi Matematis Siswa SMA Melalui Strategi Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review. Jurnal Analisa, II(September), 36–55.
Özkan, A., Arikan, E. E., & Özkan, E. M. (2018). A Study on the Visualization Skills of 6th Grade Students. Universal Journal of Educational Research, 6(2), 354–359.
Risnawati. (2012). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif Berbantuan Program Cabri Geometry terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis SPs UPI. Bandung. Tidak Diterbitkan.
Ruswana, A. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 293–299.
Sabirin, M. (2014). No Title. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 01(2), 33–44.
Santrock, J. W. (2004). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana.
Stylianou, D. A. (2011). An Examination of Middle School Students’ Representation Practices in Mathematical Problem Solving Through the Lens of Expert Work: Towards an Organizing Scheme. Educational Studies in Mathematics, 76(3), 265–280.
Suherman, E. (2001). Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI-JICA.
Van Garderen, D., & Montague, M. (2003). Visual-Spatial Representation, Mathematical Problem Solving, and Students of Varying Abilities. Learning Disabilities Research and Practice, 18(4), 246–254.
Utaminingsih, A. (2017). Gender dan Wanita Karir. Malang: UB Press.
Published
28-02-2021
How to Cite
Try Nur Handayani, Ma’rufi, M., & Nurdin, N. (2021). EKSPLORASI KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL MAHASISWA CALON GURU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI BERDASARKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA DAN GENDER. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 56-66. https://doi.org/10.30605/2615-7667.504