PENGARUH STRATEGI ASSESSEMENT SEARCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA

  • Royal Muntaha Ganing Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Pengaruh Strategi Assessment, Search, Observasi Siswa, Pemahaman Relasional

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah pemahaman relasional siswa sebelum dan setelah penerapan strategi assesment search siswa kelas IX SMPN 3 Bajo? (2) Apakah peningkatan pemahaman relasional siswa yang diajar dengan strategi assessment search lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi konvensional? (3) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman relasional siswa yang diajar dengan strategi assessment search dengan siswa yang diajar dengan strategi konvensional pada siswa kelas IX SMPN 3 Bajo?. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX. Berdasarkan analisis data secara deskriptif dan inferensial yaitu (1) Hasil pemahaman relasional siswa sebelum dan setelah diterapkan strategi assesmant search  pada siswa kelas IX SMPN 3 Bajo secara berturut-turut berada pada kategori kurang dan baik. (2) Peningkatan pemahaman relasional siswa yang belajar dengan strategi assesmant search lebih baik dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan strategi konvensional pada siswa kelas IX SMPN 3 Bajo. (3) Ada perbedaan kemampuan pemahaman relasional siswa yang diajar dengan strategi assesmant search lebih baik dibandingkan daripada siswa yang diajar strategi konvensional pada siswa kelas IX SMPN 3 Bajo. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa, strategi assessment search dapat meningkatkan pemahaman relasional siswa kelas IX SMPN 3 Bajo.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...
Published
28-02-2020
How to Cite
Ganing, R. M., Ilyas, M., & Basir, F. (2020). PENGARUH STRATEGI ASSESSEMENT SEARCH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 27-36. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/324

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>