Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Genre
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas dengan dua objek yaitu siswa lakilaki dan siswa perempuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII8 SMP Negeri 8 Palopo. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ui-t. Hasil penilitian ini menemukan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pepecahan masalah matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo setelah diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD), (2) tidak terdapat perbedaan peningkatan minat belajar matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan setelah diajarkan dengan model pembelajaran tipe Student Team Achivment Division (STAD).
Downloads
Metrics
References
Nur dan Palobo. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Masamus. Marauke.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Mulia Mandiri Press. Bandung.
Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI. Bandung.
Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi ke-5. Jakarta: Rajawali .
Sunarti, Y. 2018. Evektifitas Model Cooperatif Tipe Scrip Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Minat Belajar Siswa Kelal VII SMP Kristen Rante Damai. Skripsi tidak diterbitkan. UNCP-Palopo
Triani, S. 2014. Perbandingan Minat Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMP Negeri 9 kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Jambi-Jambi.
Zulkarnain dan Sari. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Lesson Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Matematika – FKIP. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin.
Copyright (c) 2019 Heldita Sumbung, Marufi Marufi, Salwah Salwah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.