Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dan Habbits of Mind (Striving for Accuracy) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Islahuddin Islahuddin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fahrul Basir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sitti Fawziah Amini Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Habits of Mind (Striving for Accuracy), Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis dan habits of mind (striving for accuracy) sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas VIII MTs Negeri kota Palopo, (2) kemampuan berpikir kritis dan habits of mind (striving for accuracy) sebelum dan setelah penerapan model konvesional pada siswa kelas VIII MTs Negeri kota Palopo, (3) perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTs Negeri kota Palopo. desain penelitian yang digunakan untuk keperluan penelitian yaitu Two Group Pretest-Posttest Design. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang ada pada MTs Negeri Kota Palopo tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari sembilan kelas. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Kelas VIIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil angket habits of mind (striving for accuracy) pada kelas eksperimen setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori pelajar, begitu pula (2) hasil angket habits of mind (striving for accuracy) pada kelas kontrol setelah diterapkan model pembelajaran konvensional berada pada kategori pelajar, (3) terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIIIE yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan siswa kelas VIIID yang diajar dengan Pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Apriyanti, H. (2014). Implementasi pendekatan pembelajaran saintifik untuk meningkatkan haasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ashari, N. W., & Salwah, S. (2017). Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kecakapan Pembuktian Matematis Mahasiswa Calon Guru. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 100-109.

Costa, A. L., & Kallick, B. (2009). Habits of Mind : Across the Curriculum Practical and Creative Strategies for teacher. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).

Herman, T. (2007). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika SMP. Educationist, 1(1), 48.

Husnidar, Ikhsan, M., & Rizal, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. 1(1), 72.

Miliyawaty, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits Of Mind Matematis. Infinity, 3(2), 174.

Rusman, T. W. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Melibatkan Scafolding Untuk Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Walenrang. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Salwah. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Habits of Striving for Accuracy and Precision (HSAP) melalui Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) Berbasis Gaya Kognitif Siswa Kelas VII. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Salwah. (2018). Habit Of Striving For Accuracy And Precision (Hsap) Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Gaya Kognitif. Journal of Mathematics Education, 3(1).

Sangkiri, Y. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Walenrang. Palopo: Univrsitas Cokroaminoto Palopo.

Published
12-08-2018
How to Cite
Islahuddin, I., Ilyas, M., Basir, F., & Amini, S. F. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa dan Habbits of Mind (Striving for Accuracy) Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 107-116. https://doi.org/10.30605/2615-7667.202
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>