ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MAHASISWA PEREMPUAN CALON GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK

  • Awaluddin Makaraka
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Pedagogical Content Knowledge, Mahasiswa Calon Guru, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa perempuan calon guru Matematika terkait aspek– aspek PCK, baik pengetahuan materi, pengetahuan pedagogi dan pengetahuan tentang siswa pada pembelajaran materi Trigonometri di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian melibatkan dua orang mahasiswa perempuan calon guru Matematika yang melaksanakan kegiatan magang tiga di SMA Negeri 1 Palopo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi proses pembelajaran di kelas dengan perekaman video menggunakan handycam. Data dianalisis dengan langkah-langkah yaitu: reduksi data, kategorisasi data, kesimpulan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa calon guru dapat menjelaskan fakta, konsep dan aspek prosedural pada materi trigonometri begitupun  ada aspek pengorganisaian dan penerapan startegi pembelajaran dengan tingkatan yang berbeda antara kedua subjek. Temuan selanjutnya mahasiswa perempuan calon guru mengalami kesulitan mengidentifikasi sumber kesulitan pemahaman konsep siswa sekaligus tak mampu menemukan cara yang efektif mengatasi kesalahpahaman siswa. Hal ini menyebabkan kesulitan calon guru untuk mengatasi miskonsepsi siswa yang sering terjadi dengan prosedur dan aturan matematis yang tepat dan lebih fokus pada keterampilan menyelesaikan contoh soal daripada memperbaiki kesulitan pemahaman konsep dan mengatasi miskonsepsi yang sering muncul.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Fitria, A. 2014. Miskonsepsi mahasiswa dalam menentukan grup pada struktur aljabar menggunakan certainty of response index (CRI) di jurusan pendidikan matematika IAIN antasari (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Antasari).
Haryani, S., Prasetya, A. T., & Rusmawati, D. I. 2016. Pedagogical Content Knowledge (PCK) Calon Guru Dan Guru Kimia Pada Materi Buffer. Unnes Science Education Journal, 5(3).
Hutagaol, K. 2013. Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Infinity Journal, 2(1), 85-99.
Ilyas., Marufi, 2017. Tinjauan Teoritis Tentang Pengembangan Pedagogical Content Knowledge Guru Melalui Lesson Study. Journal of Mathematics Education, 2(1),
Kılıç, H. 2011. Preservice secondary mathematics teachers’ knowledge of students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 2(2), 17-35.
Krismanto, A. 2003. Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Loughran, J., Amanda,B. & Pamela, M. 2012. Understanding and Developing ScienceTeachers’ Pedagogical Content Knowledge. Rotterdam: Sense Publisher.
Ma’rufi, Budayasa, I. K., & Juniati, D. (2018, January). Pedagogical Content Knowledge: Teacher’s Knowledge of Students in Learning Mathematics on Limit of Function Subject. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 954, No. 1, p. 012002). IOP Publishing.
Ma’rufi & Ilyas, M. 2017. Tinjauan Teoritis Tentang Pengembangan Pedagogical Content Knowledge Guru Melalui Lesson Study. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Ma’rufi & Ilyas, M. 2018. Mentoring Guru dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pedagogical Content Knowledge. Prosiding, 3(1).
Pasandaran, R. F., Kartika, D. M. R., & Masni, E. D. 2018. PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) PADA PEMBUKTIAN DALIL-DALIL SEGITIGA. Prosiding, 3(1).
Shulman, L.S. 1986. Those Who Understand: Knowledge growth in teaching. Educational Research, Vol. 15(2), 1986.
Turnuklu, E. B., & Yesildere, S. 2007. Content Knowledge. IUMPST: The
Journal, 1, 1-13.
Published
08-08-2021
How to Cite
Makaraka, A., Ilyas, M., & Ma’rufi, M. (2021). ANALISIS PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) MAHASISWA PEREMPUAN CALON GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PERBEDAAN PRESTASI AKADEMIK. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 56-63. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1336

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>