ANALISIS STRATEGI GURU MATEMATIKA DALAM MENGINTEGRASIKAN KURIKULUM NASIONAL DAN PEARSON EDEXCEL PADA SEKOLAH BERBASIS DUAL-CURRICULUM

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7668

Authors

  • Nuzul Putri Rahmawati Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Stevanus Budi Waluya Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Dual-kurikulum, Pearson Edexcel, Pembelajaran Matematika, Strategi Guru

Abstract

Penerapan dual-curriculum yang mengintegrasikan Kurikulum Nasional Indonesia dan Pearson Edexcel semakin berkembang di sekolah-sekolah berbasis internasional di Indonesia, namun praktik pelaksanaannya menghadirkan tantangan pedagogis dan manajerial bagi guru, terutama dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru matematika dalam menavigasi dan mengintegrasikan kedua kurikulum tersebut melalui perencanaan, desain pembelajaran, dan asesmen. Metode yang digunakan adalah mixed-methods dengan desain sequential explanatory, di mana data kuantitatif mengenai capaian belajar siswa dikumpulkan terlebih dahulu, kemudian diperkuat dengan data kualitatif melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan analisis dokumen. Subjek penelitian adalah tiga sekolah berbasis dual-curriculum yang telah menerapkan Kurikulum Nasional dan Pearson Edexcel minimal dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengintegrasikan kurikulum melalui curriculum mapping, diferensiasi tugas, dan penggunaan model spiral untuk penguatan konsep, serta menerapkan strategi asesmen ganda untuk menilai procedural fluency dan mathematical reasoning. Data capaian belajar memperlihatkan bahwa 72% siswa mencapai kategori tinggi pada asesmen nasional, sementara pada format Edexcel hanya 53% mencapai kategori tinggi, namun peningkatan signifikan terjadi pada siswa yang mengikuti program pengayaan rutin. Temuan ini menunjukkan bahwa dual-curriculum dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, tetapi keberhasilan sangat dipengaruhi oleh kesiapan guru, dukungan sumber daya, dan pengelolaan waktu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi kurikulum nasional dan internasional memerlukan strategi sistematis dan dukungan kelembagaan agar pembelajaran matematika berjalan efektif, relevan, dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, E., Imran, M. E., Mahtari, S., Mahmud, M. R., Prawiyogy, A. G., Supriatna, I., & Ikhsan, M. H. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Education, 1(1), 39–57.

Anggraini, S., Marno, & Efiyanti, A. Y. (2025). Integration Management of the National Curriculum and Cambridge Curriculum in Improving the Quality of Education. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 05(02), 295–307. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24967/esp.v5i02.4488

Büscher, C., & Prediger, S. (2024). Teachers’ Practices of Integrating Challenging Demands of Inclusive Mathematics Education in a Professional Development Program. Journal of Mathematics Teacher Education, 27(2), 209–233. https://doi.org/10.1007/s10857-022-09560-5

Edexcel, P. (2025). International GCSE. In Pearson Education Limited (Issue 2).

Every, E., Ball, L., & Driel, J. Van. (2025). Mathematics teachers ’ perceptions of teaching strategies when adopting a STEM approach. In Mathematics Education Research Journal. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s13394-025-00520-9

Fauziah, N., Mirizon, S., & Silvhiany, S. (2020). Bilingual Education Program : Teachers ’ and Students ’. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(1), 117–132. https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i1.202014

Kim, K., & Kwon, K. (2025). From Co‑design to Co‑teaching : a Comprehensive aApproach to an Integrated AI Curriculum in Middle School STEM Education. Smart Learning Environments, 1(12), 1–24.

Kohanová, I., Slavíčková, M., & Rosa, S. (2025). Exploring Teachers ’ Resource Utilization Practices and Beliefs in Mathematics Education : A Cross ‑ National Study on Reasoning and Proving. International Journal of Science and Mathematics Education. https://doi.org/10.1007/s10763-025-10577-4

Mordhorst, L., & Jenert, T. (2023). Curricular integration of academic and vocational education : a theory ‑ based empirical typology of dual study programmes in Germany. Higher Education, 85(6), 1257–1279. https://doi.org/10.1007/s10734-022-00889-7

Müller, D., & Chiodo, M. (2025). Ethical and sustainable mathematics is localised : why global paradigms fail and culturally-situated practices are essential. History and Overview. https://doi.org/https://doi.org/10.48550/arXiv.2510.05892

Niemelä, M. (2022). Subject Matter Specific Curriculum Integration : a Quantitative Study of Finnish Student Teachers ’ Integrative Content Knowledge. Journal of Education for Teaching: International Research and Pedagogy, 48(2), 228–240. https://doi.org/10.1080/02607476.2021.1989288

Noer, S. T., Laila, F., Mufarokah, A., Anwar, H. S., & Mudhofar, A. (2025). Curriculum Changes in Indonesia : Implementation and its Challenges in Religious Institutions. Journal of Education Research and Practice (JERP), 3(1), 16–31. https://doi.org/10.70376/jerp.v3i1.266

Pattinaya, F. F., & Nurdiyanti. (2024). Pendampingan Pembelajaran Dua Kurikulum yang Berbeda dalam 1 Sekolah. Simas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 29–38.

Priskila, K., & Khotimah, K. (2025). Implementasi Integrasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum Pearson Edexcel di Sekolah Dasar Swasta Kota Samarinda. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 5(11), 5. https://doi.org/10.17977/um065.v5.i11.2025.5

Pujiani, T., Sukmawati, I. D., & Adzkiyah, M. (2023). The Influence of English as Medium of Instruction (EMI) on the First and Second Language Acquisition of Bilingual School Students : A Case Study. Education and Human Development Journal, 8(November), 64–75. doi.org/10.33086/ehdj.v8i3

Stevenson, E., Driel, J. Van, & Millar, V. (2024). How to Support Teacher Learning of Integrated STEM Curriculum Design. Journal for STEM Education Research, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s41979-024-00133-0

Downloads

Published

2025-12-16

How to Cite

Rahmawati, N. P., Mulyono, M., & Waluya, S. B. (2025). ANALISIS STRATEGI GURU MATEMATIKA DALAM MENGINTEGRASIKAN KURIKULUM NASIONAL DAN PEARSON EDEXCEL PADA SEKOLAH BERBASIS DUAL-CURRICULUM. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2577–2588. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7668