PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TEINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DIAGRAM PENCAR

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7346

Authors

  • Sefrina Zakiyatu Zulfia Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Usaman Yudi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Aning Wida Yanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Pembelajaran Ekspositori, Integrasi Keislaman, Motivasi Belajar, Diagram Pencar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran ekspositori melalui metode ceramah dan tanya jawab yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran matematika pada materi Diagram Pencar, serta menganalisis kontribusinya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus yang dilaksanakan di SMA Al-Falah Ketintang Surabaya pada siswa kelas XI A1 sebanyak 18 orang. Data diperoleh melalui angket motivasi belajar dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran ekspositori terintegrasi nilai keislaman dilakukan melalui kegiatan doa bersama, pemberian motivasi dengan ayat Al-Qur’an, serta latihan soal kontekstual berbasis nilai spiritual. Hasil angket menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dari 22,2% kategori tinggi sebelum pembelajaran menjadi 55,6% setelah pembelajaran, serta penurunan kategori rendah dari 22,2% menjadi 5,5%. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekspositori yang diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman dapat meningkatkan motivasi belajar matematika karena menumbuhkan kesadaran bahwa belajar merupakan bagian dari ibadah dan pengamalan nilai spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching (9th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Maslow, A. H. (1987). Motivation and personality (3rd ed.). New York, NY: Harper & Row.

McClelland, D. C. (1985). Human motivation. Glenview, IL: Scott, Foresman and Company.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Nuraini. (2021). Penerapan strategi ekspositori berbasis religius untuk meningkatkan minat dan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 123–132.

Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta, Indonesia: Rajawali Pers.

Sari, N., & Hidayat, M. (2020). Integrasi nilai-nilai Islam dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 45–56.

Slavin, R. E. (2011). Educational psychology: Theory and practice (10th ed.). Boston, MA: Pearson Education.

Al-Qur’an. (n.d.). Kementerian Agama Republik Indonesia.

Hadis Riwayat Ibnu Majah. (n.d.). Kitab Sunan Ibnu Majah.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Zulfia, S. Z., Yudi, U., & Yanti, A. W. (2025). PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TEINTEGRASI KEISLAMAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI DIAGRAM PENCAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2094–2105. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7346