EFEKTIVITAS MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN MEDIA JENDELA GESER DAN TERINTEGRASI NILAI KARAKTER ISLAMI TERHADAP HASIL BELAJAR
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7177
Keywords:
Efektivitas, media web, Direct InstructionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Direct Instruction dengan media pembelajaran Jendela Geser berbasis web dan terintegrasi nilai karakter islami dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 13 Surabaya. Rendahnya hasil belajar siswa karena kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan selama proses belajar mengajar menjadi latar belakang dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Terdapat empat kriteria efektivitas yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan model Direct Instruction mencapai kriteria minimal baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai kriteria minimal aktif, respon siswa dalam pembelajaran menunjukan respon minimal positif, dan terdapat peningkatan pretest terhadap posttest siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran terlaksana sesuai dengan langkah-langkah yang tersusun berdasarkan model Direct Instruction mencapai kriteria baik; (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran mencapai kriteria aktif; (3) respon siswa dalam pembelajaran menunjukkan respon positif; (4) terdapat peningkatan pretest terhadap posttest siswa. Berdasarkan nilai N-Gain yang diperoleh yaitu 0,7361 yang tergolong kategori tinggi dan bernilai positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Jadi, model pembelajaran Direct Instruction dengan media Jendela Geser berbasis web dan terintegrasi dengan nilai karakter islami berupa istiqomah, efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 13 Surabaya pada materi Fungsi.
Downloads
References
Amirotun Sholikhah, “Statistik Deskriptif dalam Penelitian Kualitatif,” KOMUNIKA 10 (2016).
Dewi, I. A. M. R., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Limit Fungsi melalui Metode Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 350–359.
Dwike Dea Clarissa dan Siti Sri Wulandari, “Efektivitas Penggunaan Edulearning untuk Menunjang Pembelajaran Siswa di SMK Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran,” Journal of Office Administration : Education and Practice 1, no. 1 (2021): 53–65.
Eris Iswara dan Rostina Sundayana, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing dan Direct Instruction dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 2 (2021).
Ervi Novitasari dan Khaidir Rahman, “Analisis Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Media Pembelajaran Simulator Hidroponik Berbasis Mikrokontroller di SMK,” Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian 7, no. 2 (2021): 249.
Ginda Maruli Andi Siregar dkk., “Leveraging Computer Assisted to Enhance the Effectiveness of Direct Instruction in Supporting Students’ Mathematical Reasoning,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 13, no. 1 (2024): 1–16.
Rossa Henny, Harja Santana Purba, dan Asdini Sari, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII”. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 1, 2022, hlm. 67–78.
Irma Sukarelawa dkk., N-Gain vs Stacking (Surya Cahaya, 2024).
Kharis Abdurrohaman Hadi, “Konsep Istiqomah dalam Menuntut Ilmu (Studi terhadap Al-Qur’an Surat Fushshilat Ayat 30)” (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, 2018).
Kusuma Ningtyas Pramita Resya, “Pengaruh Konsistensi Diri Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkah Kabupaten Tegal,” JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 1, no. 2 (2021): 113–23.
Kurniawan, A., & Yuliani, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Teknologi terhadap Motivasi dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2), 110–118.
Ma’rifatul Ula dkk., “Efektivitas Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Komik pada Pembelajaran Garis dan Sudut di SMP Negeri 7 Surabaya,” JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4, no. 1 (2019): 17–28.
Meyta P Pritandhari, “Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa,” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 5, no. 1 (2017).
M. Furqon. Penerapan Model Pembelajaran Konseptual Interaktif dengan Pendekatan Multirepresentasi untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami dan Konsistensi Ilmiah Siswa SMA Pada Materi Hukum Newton. 2019
Morinda Marsilea Sidarta dkk., “Teachers’ Perspectives On Technology-Based Media In Elt: A Case Study In Indonesian Islamic Junior High School,” Journal of English Language Teaching 6, no. 3 (2025).
Muhammad Harfin Zuhdi, “Istiqomah dan Konsep Diri Seorang Muslim,” RELIGIA 14, no. 1 (2017).
Nadia Adiningrat dan Meyniar Albina, Pentingnya Perencanaan Strategi Pembelajaran untuk Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, 1 (2024).
Nur Khasanah dan Ima Rosila, “Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar : Membangun Generasi Cerdas dan Berintegritas,” Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika 3, no. 3 (2025): 66–88.
Nurfajriana, N., Syahrir, & Nurhayati. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Reciprocal Teaching Setting Kooperatif Siswa Kelas VIII SMP. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–9.
Pandu Eka Putra Ariana dan Lukman Hadi, Pengaruh Umpan Balik Positif terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Ksp Kelas XI SMA, n.d.
Rachmawati, Andini Dwi, Baiduri Baiduri, dan Moh. Mahfud Effendi. “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Web dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9, No. 3 (September 29, 2020): 540.
Rahmawati dkk., “Teori Belajar Penemuan Bruner dalam Pembelajaran Matematika,” Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika) 3 (2011).
Saprunisiwi (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Berpikir Berpasangan Berbagi Pada Siswa Kelas VI SDN Arjangka, Paedagoria 8(1), 81.
Serli Tanjung dkk., “Penerapan Strategi Pembelajaran Langsung dalam Membentuk Kompetensi Berpikir Kritis Peserta Didik,” Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika 3, no. 2 (2025): 175–88.
Simeon Adrian Simatupang et al., “Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok terhadap Pemahaman Siswa pada Pembelajaran di SMA Negeri 21 Medan,” Jurnal Nakula : Pusat Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Ilmu Sosial 2, no. 4 (2024): 201–10.
Sudianto, S., Supardi, & Kurniawan, D. (2016). Penggunaan Media Animasi dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Galing. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(7), 1–10.
Sunwinarti dan Djoko Suwito, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Mesin Kelas X Di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo,” JPTM, no. 3 (2016).
Suprihatien et al., “Penggunaan Cerita Bergambar Sebagai Alat Bantu dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indonesia Kelas Rendah Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu 8, no. 6 (2024).
Weni Dwi Susanti and Suripah, “Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring,” EDUMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika 11, no. 1 (2021).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 