ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ATURAN KOSINUS DITINJAU DARI LANGKAH PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA

Authors

  • Nadya Universitas Negeri Medan
  • Putri Nur Aini Universitas Negeri Medan

Keywords:

analisis kesalahan, aturan kosinus, langkah Polya, pemecahan masalah matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aturan kosinus berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada 30 siswa kelas XI IPA B-3 MAN 1 Medan tahun ajaran 2025/2026. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa terjadi pada hampir setiap tahap Polya, terutama dalam memahami informasi soal, memilih rumus yang tepat, serta memeriksa kembali hasil. Rendahnya kemampuan metakognitif dan pemahaman konsep trigonometri menjadi faktor utama penyebab kesalahan. Guru perlu menekankan penerapan langkah Polya secara eksplisit dan melatih siswa untuk selalu meninjau hasil pekerjaannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Sulistyaningsih, E. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemcahan Masalah Matematika. Prosidin Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 123-130.

Anis Fuadi. Syarifuddin, F. (2024). Analisis Kemampan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. PEDAGOGY: Journal of Multidisiciplinary Education , 48-59.

Ardy Fauzi Rachman, S. (2020). ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS XI PADA MATERI TRIGONOMETRI. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 126-133.

Ega Gradini, B. Y. (2022). Kesalahn Siswa Dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Indikator Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 49-60.

Fariha, R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 43-59.

Felisa Sunliani Lombo, S. M. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Menurut Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian dan Angkasa, 100-114.

Feni Maysaroh Agsya, M. Y. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari motivasi belajar siswa MTS. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Eduation, 31-44.

Fitria Nova, Y. H. (2021). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN TEORI POLYA. JURNAL HORIZON PENDIDIKAN, 324-333.

Natalia Latumeten, C. S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 10 AMBON. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 56-63.

Suci Ariani, Y. H. (2017). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI ABDUKTIF-DEDUKTI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Jurnal Elemen, 25-34.

Timbul Yuwono, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika , 137-144.

Downloads

Published

2025-11-19

How to Cite

Azmi, N. A., & Aini, P. N. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL ATURAN KOSINUS DITINJAU DARI LANGKAH PEMECAHAN MASALAH MENURUT POLYA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1959–1969. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/7285