DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6767

Authors

  • Hardianto UNCP
  • Gusti Ayu Widiantari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Rahmah Dian Safitri Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Pemahaman Konsep; Pemecahan Masalah Matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi pecahan pada siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemahaman konsep matematika, wawancara dan dokumentasi. Dalam menentukan subjek, peneliti memilih 3 siswa berdasarkan hasil tes, yaitu 1 siswa dengan kemampuan tinggi, 1 siswa dengan kemampuan sedang dan 1 siswa dengan kemampuan rendah untuk diwawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, siswa dengan kemampuan tinggi dari kelima indikator, ia mampu menyelesaikannya dengan baik dan tepat, namun ada sedikit kekurangan, yaitu ia belum mampu memberi non contoh pecahan yang senilai dari pecahan . Siswa dengan kemampuan sedang, ia mampu menyelesaikan kelima indikator dengan baik, namun belum maksimal. Dimana ia belum mampu menyatakan keterangan sebagai konsep dari gambar pecahan yang telah dibuat, serta jawabannya belum lengkap dalam mengurutkan pecahan dan memberi contoh dan non contoh pecahan senilai dari pecahan . Siswa dengan kemampuan rendah dari kelima indikator, ia hanya mampu menyelesaikan dua indikator, yaitu ia mampu menyajikan gambar pecahan tetapi belum mampu menyatakan ulang konsep dari gambar pecahan yang dibuat serta dalam mengurutkan pecahan, jawabannya terbalik dimana ia mengurutkan pecahan dari terbesar keterkecil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Bantang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA, 10(1): 121-129.

Damayanti, N. W, dkk (2017). Analisis Kesalahan dalam Konsep Operasi Hitung Pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1): 1-7.

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidkan Nasional.

Dwiyanti. (2022). Deskripsi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Di Kelas IV SDN 65 Bua. Skripsi. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Fajar, A. P, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2): 229-239.

Gaspersz, G, dkk (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Pecahan pada Siswa SMP. Jurnal Riset Mahasiswa, 1(1): 33-43.

Hardianto, H., & Fatimang, U. (2023). Koneksi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah HOTS Berdasarkan Kemampuan Awal. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 297-304.

Hardianto, H., & Indah, I. (2023). Pengembangan media pop-up book untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 356-363.

Indra, Y, dkk. (2019). Pemahaman Konsep Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Kelas V SDN 03 Pontianak Kota. Artikel Penelitian. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.

Kristanto, E & Saputro, D. R. S. (2019). Analysis of Students’ Error in Proving Convergent Sequence using Newman Error Analysis Procedur. In Journal of Physics: Conference Series, 1(1880), 012001.

Oktaviani, V, dkk (2019). Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1): 39-46.

Riady, A., & Hardianto, H. (2017). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Realistik Model Jaring Laba-Laba terhadap Hasil Belajar Geometri Analitik Ruang Mahasiswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Robert, S. G. (2022). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V-B Pada Materi Pecahan Di SDN 035 Tarakan. Skripsi. Tarakan: Universitas Borneo Tarakan.

Safitri, R. D., Zainal, H. Z., Mendila, A., & Hardianto, H. (2023). Pengembangan Aplikasi Etnomatika Berbasis Android Pada Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 358-68.

Sukaesih. E. S, dkk. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Kontekstual ditinjau dari Komunikasi Matematis Siswa. Imajiner: Journal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(4): 310-320.

Suraji, dkk. (2018). Analisi Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1): 9-16.

Winda, W., Sunardin, S., & Hardianto, H. (2023). Strategi pembelajaran guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan matematis siswa. Indonesian Journal of Learning Studies (IJLS), 3(1), 38-48.

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Hardianto, Widiantari, G. A., & Safitri, R. D. (2025). DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 858–872. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6767