PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELA III SEKOLAH PENGGERAK UPTD SPF 137 LALEBENTENG KABUPATEN SOPPENG
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6514
Keywords:
Pemahaman Konsep, Sekolah Penggerak, Bagun DatarAbstract
Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas III Sekolah Penggerak UPTD SPF 137 Lalebenteng. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa kelas III tentang bangun datar di sekolah penggerak. Subjek penelitian adalah Siswa Kelas III, Guru Kelas III dan Kepala Sekolah UPTD SPF 137 Lalebenteng..Hasil penelitian ini mengambarkan Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas III di UPTD SPF 137 Lalebenteng. bedasarakan data yang telah terkumpul melalui wawancara, observasi dan dokumentasi bahwa kemampuan konsep matematis siswa pada materi bangun datar sudah baik. Siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan konsep berdasarkan sifat-sifatnya, dan mampu menyajikan konsep dalam bentuk matematika
Downloads
References
Aisyah, N., & Firmansyah, D. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi bangun datar segiempat. Maju, 8(1), 503200.
Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. May, 0–7.
Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas V pada materi bangun ruang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166-4173.
Arikunto,Suharsimi. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hadjar, I. (1996). Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.
Misliyana, M., Desvita, I., & Saputri, L. (2024). Misliyana misliyana: ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP KELAS XI SMA SWASTA GEBANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR BERBASIS GEOGEBRA. Jurnal Serunai Matematika, 16(1).
Pauweni, K. A., Usman, K., Abdullah, A. W., & Rusydiy, R. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 7(2), 37-44.
Sugiyono,2012 “ Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D” .Bandung: Alfabet.
Suratih, S., Sudiana, R., & Fakhrudin, F. (2024). Profil kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 5(2), 95-106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aspikal, Naimah, Muh Rifki Agustino

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.