PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELA III SEKOLAH PENGGERAK UPTD SPF 137 LALEBENTENG KABUPATEN SOPPENG

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6514

Authors

  • Aspikal Universitas Muhammadiyah Bone
  • Naimah Universitas Muhammadiyah Bone
  • Muh Rifki Agustino Universitas Muhammadiyah Bone

Keywords:

Pemahaman Konsep, Sekolah Penggerak, Bagun Datar

Abstract

Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas III Sekolah Penggerak UPTD SPF 137 Lalebenteng. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Bone. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif dengan  teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa kelas III tentang bangun datar di sekolah penggerak. Subjek penelitian adalah  Siswa Kelas III, Guru Kelas III dan Kepala Sekolah UPTD SPF 137 Lalebenteng..Hasil penelitian ini mengambarkan Kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika materi bangun datar kelas III di UPTD SPF 137 Lalebenteng. bedasarakan data yang telah terkumpul melalui wawancara, observasi dan dokumentasi bahwa kemampuan konsep matematis siswa pada materi bangun datar sudah baik. Siswa mampu menyatakan ulang sebuah konsep, mengklasifikasikan konsep berdasarkan sifat-sifatnya, dan mampu menyajikan konsep dalam bentuk matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N., & Firmansyah, D. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi bangun datar segiempat. Maju, 8(1), 503200.

Aledya, V. (2019). Kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa. May, 0–7.

Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis pemahaman konsep matematika siswa kelas V pada materi bangun ruang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166-4173.

Arikunto,Suharsimi. (2013).Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadjar, I. (1996). Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.

Misliyana, M., Desvita, I., & Saputri, L. (2024). Misliyana misliyana: ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP KELAS XI SMA SWASTA GEBANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR BERBASIS GEOGEBRA. Jurnal Serunai Matematika, 16(1).

Pauweni, K. A., Usman, K., Abdullah, A. W., & Rusydiy, R. (2019). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 7(2), 37-44.

Sugiyono,2012 “ Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D” .Bandung: Alfabet.

Suratih, S., Sudiana, R., & Fakhrudin, F. (2024). Profil kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan teori APOS. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 5(2), 95-106.

Downloads

Published

2025-09-02

How to Cite

Aspikal, Naimah, N., & Agustino, M. R. (2025). PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELA III SEKOLAH PENGGERAK UPTD SPF 137 LALEBENTENG KABUPATEN SOPPENG. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 944–957. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i3.6514