PENGUKURAN YANG TEPAT DARI UKURAN GEJALA PUSAT: STUDI KASUS PERSEPSI MAHASISWA SARJANA

Authors

  • Alimuddin Tampa Universitas Negeri Makassar
  • Said Fachry Assaaf Universitas Negeri Makassar
  • Nursakilah Hasan Universitas Negeri Makassar
  • Fauziyyah Alimuddin Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ikram Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Ukuran Gejala Pusat; Mahasiswa Sarjana

Abstract

Ukuran pemusatan data digunakan dalam berbagai sektor, seperti politik, kesehatan, pendidikan, bisnis dan lain-lain. Terdapat tiga ukuran pemusatan data yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu mean, median, dan modus. Ketiga ukuran pemusatan data tersebut memiliki kegunaannya masing masing. Namun masih sering ditemui kesalahan dalam menggunakan ukuran pemusatan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman mahasiswa dalam memilih ukuran pemusatan data yang paling sesuai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 100 mahasiswa matematika yang telah mempelajari matakuliah statistika dasar. Analisis data mencakup kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan secara umum mahasiswa telah mengetahui konsep rata-rata, median, dan modus. Namun mahasiswa belum mampu memilih ukuran pemusatan data yang paling sesuai. Salah satu faktor penyebabnya adalah mahasiswa tidak memperhatikan sebaran data dalam menentukan ukuran pemusatan data yang paling sesuai, namun mengacu pada pemahamannya masing-masing. Adapun kelompok mahasiswa yang memilih rata-rata berpandangan rata-rata lebih representatif karena melibatkan semua data dalam operasinya. Kelompok mahasiswa yang memilih median berpandangan median lebih representatif karena median merupakan nilai tengah. Sedangkan kelompok mahasiswa yang memilih modus berpandangan modus lebih representatif karena merupakan nilai yang sering muncul dalam kumpulan data. Sedangkan kelompok lain berpandangan bahwa ukuran pemusatan data yang memiliki nilai yang paling tinggi merupakan nilai yang paling representatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adamson, Katie Anne, and Susan Prion. "Making sense of methods and measurement: measures of central tendency." Clinical Simulation in Nursing 9.12 (2013): e617-e618.
Amiruzzaman, M. (2016). Exploring Preservice Teachers'understanding Of Measures Of Central Tendency (Doctoral dissertation, Kent State University).
Dewi, Dara Kartika, Siti Sarah Khodijah, and Luvy Sylviana Zanthy. "Analisis kesulitan matematik siswa smp pada materi statistika." Jurnal Cendekia 4.1 (2020): 1-7.
David, Wahyudi, and Aurino Djamaris. "Metode statistik untuk ilmu dan teknologi pangan." (2018).
Garfield, J., & Ahlgren, A. (1988). Difficulties in learning basic concepts in probability and statistics: Implications for research. Journal for research in Mathematics Education, 19(1), 44-63.
Groth, R. E. (2009). Characteristics of teachers' conversations about teaching mean, median, and mode. Teaching and Teacher Education, 25(5), 707-716.
Groth, R. E., & Bergner, J. A. (2006). Preservice elementary teachers' conceptual and procedural knowledge of mean, median, and mode. Mathematical Thinking and Learning, 8(1), 37-63.
Ismail, Z., & Chan, S. W. (2015, February). Malaysian students' misconceptions about measures of central tendency: An error analysis. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1643, No. 1, pp. 93-100). American Institute of Physics.
Jacobbe, T., & Carvalho, C. (2011). Teachers’ understanding of averages. Teaching Statistics in School Mathematics-Challenges for Teaching and Teacher Education: A Joint ICMI/IASE Study: The 18th ICMI Study, 199-209.
Leavy, A., & O’Loughlin, N. (2006). Preservice teachers understanding of the mean: Moving beyond the arithmetic average. Journal of mathematics teacher education, 9, 53-90.
Manikandan, M., G. Thiyagarajan, and G. Vijayakumar. "Rainfall Distribution and Frequency of Coimbatore Tamil Nadu." Research Journal of Agricultural Sciences 2.4 (2011): 876-880.
Miles, E., & Crisp, R. J. (2014). A meta-analytic test of the imagined contact hypothesis. Group Processes & Intergroup Relations, 17(1), 3-26.
Mokros, J., & Russell, S.J. (1995). Children’s concept of average and representativeness. Journal for Research in Mathematics Education, 26(1), 20-39.
Pollatsek, A., Lima, S., & Well, A. D. (1981). Concept or computation: Students' understanding of the mean. Educational Studies in Mathematics, 12(2), 191-204.
Zawojewski, J. S., & Shaughnessy, J. M. (2000). Take time for action: Mean and median: Are they really so easy?. Mathematics Teaching in the Middle School, 5(7), 436-440.

Downloads

Published

2025-06-10

How to Cite

Tampa, A., Assaaf, S. F., Hasan, N. ., Alimuddin, F., & Ikram, M. . (2025). PENGUKURAN YANG TEPAT DARI UKURAN GEJALA PUSAT: STUDI KASUS PERSEPSI MAHASISWA SARJANA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 740–757. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/6194